1
3795

Sejarah Permainan Bola Kasti Singkat dan Lengkap yang Anda Harus Ketahui

Halo Geng, pada kesempatan kali ini kami dari masqoqo.com akan berbagi ilmu artikel tentang sejarah bola kasti.

Pasti dari kalian ada yang belum tahu, Apasih bola kasti itu? Bola kasti ini salah satu jenis permainan yang menggunakan bola kecil dan beregu dalam memainkannya.

Nah, biasanya permainan bola kasti ini dilakukan dilapangan terbuka dan dimainkan pada anak-anak sekolah dasar guna. Untuk melatih kedisiplinan diri serta memupuk rasa kebersamaan dan juga solidaritas antara teman.

Permainan kasti ini memang mirip dengan permainan baseball dan softball tapi teknik dan cara bermainnya sangat berbeda, untuk lebih jelasnya mengenai permainan kasti mari baca artikel ini sampai selesai.

Pengertian Permainan Bola Kasti

Permainan kasti ini merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang paling popular di Indonesia. Karena ada beberapa acara nasional ini pernah dipertandingkan.

Nah, kasti juga merupakan salah satu jenis permainan bola kecil beregu. Karena kasti merupakan bentuk permainan tradisional yang mengutamakan beberapa unsur yaitu ketangkasan, kekompakan,dan kegembiraan.

Permainan ini juga biasa dilakukan dilapanghan terbuka, pada anak-anak usia yang masih sekolah dasar, maka permainan ini bisa melatih kedisplinan diri serta menumpuk rasa kebersamaan dan solidaritas antar teman.

Supaya nanti bermainan kasti dengan baik kita dituntun memiliki beberapa keterampilan yaitu melempar, memukul, dan menangkap bola serta kemampuan berlari.

Karena kasti ini dimainkan dua regu yaitu regu penjaga dan pemukul. Permainan bola kasti sangat mengandalkan kerja sama dalam satu tim.

  • 5 Posisi Pemain Dalam Permainan Bola Kasti :

A. Pemukul

Setiap pemain wajib memukul satu kali kecuali pemain terakhir berhak memukul tiga kali. Sesudah memukul, alat pemukul harus diletakkan didalam ruang pemukul.

Apabila setelah alat pemukul diletakkan diluar, maka permain tersebut tidak mendapatkan nilai, kecuali jika dia segera meletakkanya di dalam ruang pemukul

Pukulan dinyatakan benar apabila bola yang dipukul melampaui garis pukul, tidak mengenai tangan pemukul, dan tidak jatuh di ruang bebas.

Nah, setiap pemukul bola mempunyai kesempatan tiga kali strike empat kali ball dan tiga kali strike. Karena tiga kali strike akan membuat pemukul bola mati “Strike Out“.

Dan apabila empat kali ball maka dari itu pemukul bola diperbolehkan jalan bebas enalty marka satu (free walk). Ada beberapa jenis pukulan-pukulan yaitu: steal, hit, run, bunt dan lain sebaginya. Karena itu tergantung situasi yang akan terjadi saat nanti itu.

 B. Penjaga

Penjaga bertugas mematikan lawan dengan cara melemparkan bola ke pemukul atau bisa juga menangkap langsung bola yang dipukul melambung oleh regu pemukul. Membakar ruang bebas dengan cara menempati ruang bebas jika itu kosong.

C. Pelambung

Pelambung bertugas melambungkan bola sesuai dengan permintaan pemukul, jika bola yang dilambungkan oleh pelambung tidak sesuai permintaan pemukul . Maka nanti pemukul boleh untuk tidak memukulnya jika ini terjadi tiga kali berturut-turut makan pemukul tersebut dapat berlari bebas ke tiang perhentian pertama.

D. Penangkap Bola (Catcher)

Posisi penangkap bola tersebut harus jongkok di belakang pemukul bola. Jika seorang pelempar bola dan penangkap bola diharuskan memiliki komunikasi yang baik dengan isyarat untuk bekerja sama mematikan seorang pemukul bola.

Nah, seorang penangkap bola itu pengatur strategi yang sangat baik. Karena di dalam pertandingan penangkap bola dapat melihat seluruh situasi yang terjadi di depannya.

E. Penjaga

Tim bertahan memiliki tujuh orang penjaga (fielder) yang terbagi menjadi empat penjaga daerah dalam (infielder) dan tiga orang penjaga daerah luar (outfielder).

Bagian di dalam yaitu penjaga markas satu (pertama), penjaga markas dua (kedua), Penjaga di antara markas dua dan tiga (shortstop), dan penjaga markas tiga (ketiga).

Nah, sedangkan penjaga luar terdapat di sebelah kiri (penjaga kiri), di tengah (penjaga tengah), dan kanan (penjaga kanan). Semua penjaga tersebut (termasuk pelempar bola dan penangkap bola).

Sejarah Singkat Permainan Bola Kasti di Dunia

Sejarah bola kasti singkat. Kasti ini berasal dari Belanda, termasuk dalam jenis olahraga permainan dengan bola kecil atau permainan bola kecil.

Sejarah permainan bola kasti ini dimainkan sejak zaman Tudor pada tahun 1744 di Pretty little Pocket-Book di mana disebut “dasar-bola” oleh John Newbery.

Dinasti Tudor adalah dinasti ratu dan raja di negara Inggris. Maka garis penguasa ini dimulai pada tahun 1485, ketika Henry Vll mengalahkan Richard lll waktu Pertempuran Bosworth. Henry ini diterima sebagai raja sesungguhnya.

Waktu di tahun 1828, Willian Clarke di London menerbitkan edisi kedua buku The Boy, yang peraturan bola kasti yang dicetak pertama di Inggris

Nah, pada tahun berikutnya. Buku ini diterbitkan lagi oleh Massachusetts yang pertama kali membuat aturan nasional di Boston. Terus kemudian diformalkan disusun oleh Gaelic Athletic Association (GGA) di Irlandia pada tahun 1884.

Permainan kasti ini masih diatur oleh GGA di negara Irlandia. Sedangkan di negara Inggris diatu oleh Rounders yang dibentuk pada tahun 1943.

Sementara ini dua asosiasi berbeda-beda, berbagi elemen permainan dan budaya yang sama. Kompetisi itu diselenggarakan antara tim dari kedua tradisi, dengan permainan yang dilakukan secara bergantian antara kode dan satu server ini yang dimainkan di pagi hari dan satu lagi pada waktu di sore hari.

Setelah aturan formal bola kasti di negara Irlandia, Asosiasi didirikan di Skotlandia dan Liverpool di pertandingan pada tahun 1889. Kasti ini tidak berhubungan dengan Inggris Raya, yang masih bermain di Newport, Cardif dan Liverpool.

Meskipun juga, kasti diasumsikan lebih tua dari permainan bisbol. karena referensi sastra untuk membentuk awal utama ‘bola’ di pra-Inggris Rata. Maka permainan ini sekarang dimainkan hingga tingkat internasional.

Sejarah Singkat Permainan Bola Kasti di Indonesia

Permainan kasti ini sudah sangat dikenal sejak zaman dahulu. Bahkan juga, sejak zaman penjajahan Belanda dan juga Jepang, permainan kasti ini sudah ada. Karena permainan ini sering dimainkan di sekolah-sekolah, bahkan juga sering dimainkan oleh masyrakat.

Tapi, akhir-akhir ini permainan bola kasti sudah jarang sekali ditermukan apalagi dimainkan dalam pertandingan dan bisa juga kompetisi resmi.

Cara Bermain Bola Kasti

Di dalam permainan bola kasti ini, kita akan membutuhkan solid atau kerjasama dalam setiap tim serta mengemban rasa tanggung jawab antara individu.

Dan yang tak kalah penting di dalam pertandingan sepanjang kasti ini, kita juga harus menjunjung tinggi sportifitas.

Nah, sebelum melakukan permainan kasti tentukan terlebih dahulu dua regu yang akan bertanding dengan jumlah setiap regunya masing-masing berjumlah 12 orang.

Pergantian Tempat

Pergantian tempat antara tim pemukul dan juga tim penjaga terjadi apabila :

  • Salah satu seorang pemain dalam tim pemukul terkena lemparan bola.
  • Bola tersebut pukulan dari tim pemukul ditangkap langsung oleh tim lawan sebanyak tiga kali secara berturut-turut.
  • Alat pemukul lepas ketika usai melakukan pukulan.

Cara Mendapatkan Nilai

penilaian permainan bola kasti

yuksinau.id

  • Pemain yang sudah berhasil memukul bola, kemudian berlari ke pemberhentian l, ll, lll, dan juga ruang bebas secara bertahap, maka dari itu akan mendapat nilai satu .
  • Pemain yang sudah berhasil berlari melewati tiang-tiang pemberhentian serta kembali lagi ke ruang bebas atas pukulan yang dapat dilakukan dengan sendiri, maka dari itu akan mendapat nilai dua.
  • Tim penjaga yang berhasil mendapatkan langsung bola lambung yang sudah dipukul oleh regu pemukul, maka akan mendapat nilai satu.
  • Tim yang berhasil mendapatkan nilai paling banyak dinyatakan sebagai pemenangnya.

Peraturan Permainan Bola Kasti

peraturan permainan bola kasti

berolahraga.net

  • Lapangan permainan bola kasti ini harus berbentuk panjang dengan ukuran :
  • Panjang sekitar 60 sampai 70 meter
  • Dengan lebar 30 meteran
  • Dan ruang hingga ada 3
  • Sedangkan ruang bebas cuman ada 1
  • Jumlah orang pada permainan kasti ini di dalam tiap tim terdiri dari 12 orang, salah satunya juga dari pemain ada yang bertindak sebagai seorang kapten. Setiap pemain diwajibkan mengenakan nomor dada dari satu sampai dua.
  • Waktu permainan
  • Waktu permainan bola kasti dibagi menjadi dua babak. Setiap babak diberikan waktu 20-30 menitan. Diantara babak diberikan istirahat selama 15 menitan
  • Wasit. Pertandingan bola kasti dipipimpin oleh seseorang wasit yang dibantu dengan tiga orang penjaga garis dan juga satu orang pencatat waktu

Baca Juga : Cara bermain bola voli

Ukuran Bola Kasti

ukuran bola kasti

percepat.com

Setelah kita sudah tahu tentang sejarahnya, teknik dasar dan peraturan permainan kasti sangat penting juga kita membahas ukuran bola kasti beserta gambarnya. Bola kasti ini terbuat dari bahan karet yang berbentuk bulat dan pada bagian sisi luarnya di lapisi dengan kain berwarna hijau.

Adapun juga ukuran bola kasti yang memiliki lingkaran sekitar 28-30,5 cm dan memiliki permukaan yang halus, sehingga bola dapat menggelinding dengan sangat mudah.

Perlengkapan Bola Kasti

alat untuk main bola kasti

yuksinau.id

Perlengkapan yang harus digunakan buat permainan bola kasti hampir mirip dengan permainan softball pada waktu digunakan dalam pertandingan.

Sebagaimana beberapa berikut perlengkapan kasti yang biasa dipakai dan harus ada di dalam permainan kasti tersebut :

  • Bola tenis atau bola kasti. Bola harus yang ukurannya kecil dengan warna hijau ataupun kuning.
  • Tongkat buat memukul bola. Nah, pada umunya tongkat ini terbuat dari kayu dan memiliki ukuran panjang antara 50-60 cm.
  • Bendera keset atau kecil. Jika memakai bendera, maka persiapannya ialah ada pada setiap sudut lapangan dengan peletakan tanda di tengah lapangan tersebut.
  • Di tiang hinggap. Tiang hinggap sendiri ini juga perlu terdiri dari tiang yang sudah dipasang dengan bendera kemudian menanamkannya di atas tanah (sudut) agar supaya nanti waktu permainan berlangsung tidak akan mudah tergeser maupun tercabut, khususnya pada waktu pelari memegangnya.
Semoga artikel saya ini bermanfaat bagi anda semua yang telah membaca artikel masqoqo.com, apabila ada kesalahan kata-kata tolong di maafkan. Jangan lupa di share ke teman-teman supaya bertambah wawasannya dan jangan lupa juga di coment agar saya bisa intro peksi diri.

Cukup sekian dan Terima kasih telah berkunjung di web masqoqo.com jangan lupa suport ya agar terus maju berkembang.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply