Mas Qo'qo' Tersenyumlah Ketika Anda Direndahkan

Puisi Tentang Lingkungan

6 min read

Puisi Tentang Lingkungan

Halo teman-teman semua, kali ini masqoqo.com akan membahas tentang puisi tentang lingkungan. Puisi yaitu sebuah karya sastra yang tertulis dimana isi dari puisi tersebut ialah sebuah tuangan dari perasaan penyair.

Nah, Kemudian juga menggunakan bahasa yang bermakna semantis dan juga mengandung irima, ritma dan rima dalan rangkaian lirik dan baitnya. Langsung saja mari kita simak puisi tentang lingkungan, baca sampai akhir ya teman-teman. puisi tenatang lingkungan

Apa Itu Puisi?

Puisi adalah bentuk karya sastra yang terikat oleh irama, rima dan penyusun bait dan baris yang bahasanya terlihat indah dan penuh makna. Puisi juga terbagi menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi baru.

Nah, puisi lama masih terikat dengan jumlah baris, bait, ataupun rima ( sajak ), puisi lama adalah pantun dan syair. Puisi baru tidak terikat pada bait, jumlah baris, atau sajak dalam penulisannya sehingga puisi baru disebut puisi bebas. puisi tentang lingkungan

Definisi Puisi Menurut Para Ahli

Di dalam sejarah puisi, telah ditemukan beberapa pakar yang benar-benar memahami arti dan makna sebenarnya dari sebuah puisi, berikut penjelasan dari mereka.

1. Theodore Watts – Dunton

Theodore berkata : Puisi adalah suatu ekspresi yang konkrit dan memiliki sifat aristik yang berasal dari pemikiran manusia menggunakan bahasa emosionalnya yang berirama.

2. Sumardi

Sumardi berkata : Puisi adalah sebuh karya sastra yang ditulis dengan bahasa yang dipersingkat, dipadatkan dan diberi irama serta menggunakan kata-kata kiasan atau imajinatif.

3. Usman Awang

Usman Awang berkata : Puisi bukanlah suatu nyanyian orang putus asa yang mencari ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya.

4. James Reevas

James berkata : Puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya tarik.

Umberto berkata : Puisi bukanlah masalah perasaan, melainkan masalah bahasa. Ini adalah bahasa yang menciptakan perasaan.

Sejarah Puisi

Puisi adalah salah satu karya sastra tertua dalam sejarah manusia, puisi yang tertua yaitu Epos Gilgames, dari milenium ke-3 SM di Sumeria (di Mesopotamia, sekarang Irak), yang ditulis dalam naskah tulisan kuno berbentuk baji pada tablet tanah liat dan, kemudian, papirus.

Puisi dan syair-syair mitologi lainnya seperti  epos Iliad dan Odyssey karya HomerusOld Iran buku-buku yang Gathic dan Yasna Avesta, epik nasional Romawi, Virgil Aeneid, dan India epos Ramayana dan Mahabharata, juga kitab-kitab kebijaksanaan Tao dan Konfusius, atau tradisi sastra lokal seperti pantun, gurindam, seloka, dan lain sebaginya.

Beberapa masyarakat kuno, seperti Shi Jing dari Cina, salah satu dari Lima Klasik Konfusianisme, puisi dikembangkan dari karya-karya puitis yang ritual serta pentingnya estetika. Baru-baru ini, para pemikir telah berjuang untuk menemukan definisi yang bisa mencakup perbedaan formal sama besarnya antara Chaucer Canterbury Tales dan Matsuo Oku Bashō itu tidak Hosomichi, serta perbedaan dalam konteks agama Tanakh mencakup puisi, puisi cinta, dan rap.

Puisi sebagai bentuk seni. Banyak karya kuno dari Veda India (1700 – 1200 SM) dan Zoroaster’s Gathas (1200 – 900 SM) ke Odyssey (800 – 675 SM), telah disusun dalam bentuk puisi untuk membantu menghafal lisan dalam prasejarah dan masyarakat kuno.

Puisi muncul di antara catatan-catatan paling awal kebudayaan, dengan puitis fragmen-fragmen yang ditemukan pada awal monolit, runestones, dan stelae.

Dalam kata-kata puisi terekam peristiwa2 yang mengilhami penyairnya sehingga kita dapat ikut melihat isi pikiran penyair dan merasakan apa yang ia alami sehingga dapat melacak sejarah hidup seorang penyair bahkan sejarah suatu bangsa. puisi tentang lingkungan

Jenis-Jenis Puisi

Ada 2 jenis puisi, mari simak teman-teman :

Jenis Puisi Lama

Puisi lama adalah salah satu jenis karya satra puisi yang masih ada di dalam aturan-aturan seprti rima, jumlah baris, sajak dan lain sebagainya. Berikut macam-macam jenis puisi lama.

1. Pantun

Walaupun pantun merupakan salah datu dari jenis puisi lama, namun ke populerannya masih terjaga sampai saat ini.

Pantun adalah jenis puisi lama yang masih populer sampai saat ini. Ciri-cir pantun adalah bersajak a-b-a-b dan terdiri dari 4 baris. 2 awal adalah sampiran dan dua baris akhir adalah isi pantun.

2. Karmina

Karmina ialah jenis puisi lama yang hampir sama seperti pantun, hanya saja karmina lebih pendek. Karmina terdiri dari 2 baris saja, baris pertama adalah sampiran, lalu baris kedua adalah isi pantun.

3. Mantra

Nah, Mantra merupakan salah satu jenis puisi lama dimana ciri khasnya terdiri dari ucapan-ucapan yang dianggap memiliki kekuatan gaib. dapat dipercaya memiliki kekuatan magis untuk keprluan ritual atau pengobatan.

4. Gurindam

Gurindam merupakan puisi lama dimana setiap baitnya terdiri dari 2 baris dengan sajak a-a-a-a yang sama. Umumnya isi pada gurindam ini adalah sebuah cerita.

5. Syair

Sampai saat ini syair masih banyak dikenal oleh masyarakat-masyarakat pada umumnya. Walaupun syair ini merupakan puisi lama, namun hingga saat ni tidak sedikit diberbagai tempat mengadakan lomba syair terbaik.

Syair adalah salah satu dari jenis-jenis puisi lama yang terdiri dari 4 baris disertai sajak a-a-a-a. Syair termasuk kategori puisi bebas yang masih sering ditulis sampai saat ini, sebagai wujud ekspresi sang penyair.

6. Talibun

Talibun merupakan janis pantun genap yang umumnya  terdiri dari 6 baris, 8 baris atau bahkan 10 baris sekalipun. Asalkan jumlah pada barisnya lebih dari 4 baris seperti pantun pada umumnya.

7. Seloka

Seloka merupakan jenis puisi lama menyerupai pantun yang saling berkaitan. Karya sastra ini berasal dari Melayu. Umumnya ditulis sebanyak 2 baris 4 baris bahkan sampai 6 baris.

Jenis Puisi Baru

Puisi modern adalah jenis karya sastra yang lebih bebas dibandingkan puisi lama. Karena puisi modern tidak terikat pada aturan-aturan seperti sajak, rima, bait, dan sebagainya. Berikut dibawah ini macam-macam jenis puisi baru.

1. Kuatren

Kuatren merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 4 baris atau disebut juga dengan istilah puisi empat seuntai.

2. Dystonia

Atau distikon meripakan salahsatu jenis puisi baru yang memuat sajak dari dua baris kalimat dimana tiap baitnya beritma a-a.

3. Stanza/Oktaf

Oktaf atau stanza merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 8 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi delapan seuntai.

4. Sekstet

Sekstet merupakan janis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 6 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi enam seuntai.

5. Septima

Septima merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 7 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi tujuh seuntai.

6. Kuint

Merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 5 baris atau disebut juga dengan istilah puisi lima seuntai.

7. Soneta

Soneta merupakan jenis puisi baru yang terdiri dari 14 baris yang dibagi menjadi 2, diamna 2 bait pertama masing-masing 4 baris dan 2 bait masing-masing 3 baris.

8. Terzina

Terzina merupakan jenis puisi baru yang pada masing-masing baitnya terdiri dari 3 baris atau disebut juga dengan istilah puisi tiga seuntai.

9. Romansa

Romansa adalah jenis puisi modern yang bercerita tentang isi dan luapan perasaan cinta kasih seseorang. Pada intinya, puisi romansa atau romance berisi tentang cerita cinta dan romantisme.

10. Elegi

Hampir sama seperti bernyanyi rohani, Elegi merupakan jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

11. Balada

Balada adalah jenis puisi modern yang mengisahkan sebuah cerita atau riwayat tertentu yang sedih dan mengharukan. Terkadang balada dinyanyikan atau ditampilkan dalam bentuk dialog.

12. Epigram

Epigram adalah jenis puisi modern yang isinya bercerita tentang tuntunan atau ajaran hidup. Banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari isi kandungan epigram ini.

13. Ode

Ode adalah salah satu dari sekian ban ODeyak puisi modern dimana liriknya berisikan tentang sanjungan terhadap orang yang berjasa dengan nada-nada yang agung dan tema yang formal

14. Satire

Satire adalah jenis puisi baru yang berisi sindiran atau keritik pada kelompok atau seseorang. Satire biasanya menggunakan aya bahasa dalam bentu ironi, sarkasme, atau parodi.

15. Bernyanyi Rohani

Bernyanyi Rohani adalah jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

Contoh Puisi Tentang Lingkungan

Mari simak contoh puisi tentang lingkungan dibawah ini :

Puisi 1

Di hari minggu yang lalu
Aku turut membantu
Orang-orang bergotong royong
Membersihkan gorong-gorong.

Aku dan kawan-kawan
Ikut bersihkan semua selokan
Supaya air mengalir lancar
Jangan sampai rumah kebanjiran.

Puisi 2

Bunga yang telah ditanam
Jangan lupa untuk disiram
Supaya indah dipandang
cantik cantik tidak kepalang.

Mari sirami di pagi hari
Sebelum datang cahaya mentari
Taman terlihat amat asri
Lingkungan menjadi bersih.

Puisi 3

Oh kelasku
Sungguh aku bangga
Ruangan selalu bersih
Semuanya tampak rapi.

Semua teman memelihara
Kebersihan dan keindahan
Belajar jadi menyenangkan
Kalau kelas bersih, terasa nyaman.

Puisi 4

Jangan buang sampah di kelas
Kelas kami selalu bersih
Jangan bunga sampah di kelas
Nanti kotor dan menjijikan.

Kelas ini harus dijaga
Tetap bersih dari sampah
Supaya ibu guru suka
Mengajar kami ilmu berguna.

Puisi 5

Inilah sekolah kita
Banyak tanaman yang menghijau
Taman-taman tampak lapang
Membuat mata ingin memandang.

Tamanku hijau banyak tanaman
Udara sejuk bersemilir
Pemandangan indah membentang
Sekolahku, moga kau selalu hijau.

Puisi 6

Yang kuingat dari sekolahku
Adalah kelasnya yang selalu bersih
Anak-anaknya yang berbaju rapi
Dan tamannya yang selalu hijau.

Sekolahku memang juara
Segalanya tampak indah
Anak-anak sehat semua
Karena bersih hijau tertata.

Aku betah belajar di sini
Udaranya sejuk enak dibadan
Karena kami memelihara tanaman
Sebagai penghijau tanah yang gersang.

Puisi 7

Sekolahku tempat belajar
Di sana pula berjumpa kawan
Bermain bersama-sama
Di bawah pohon yang sangat rindang.

Pohon ini telah tumbuh
Jauh sebelum aku datang.
Telah tumbuh dari dahulu
Dan masih terus berkembang.

Kami cinta pohon itu
Karena membuat rindang sekolah
Kami jaga kami pelihara
Jangan sampai kering dan layu.

Puisi 8

Oh Indonesiaku
Tampak hijau wajahmu
Hutan rimba membentang luas
Memberikan kesejukan pada dunia.

Pohon-pohon yang tua
Tetap berdiri di hutan sana
Memberikan oksigen di udara
Hingga kita bernafas dengannya.

Hutanmu adalah anugerah
Dari Tuhan Yang Maha Esa
Semuanya harus kita jaga
Lestarikan kehadirannya.

Puisi 9

Betapa luas terbentang
Hutanku begitu hijau
Tempat flora dan fauna
Hidup tumbuh berbahagia.

Tapi kita hutanku kurang
Bahkan ada yang sudah hilang
Pohon-pohon banyak ditebang
Oleh orang yang tak sayang.

Kalau hutan telah gundul
Bencana alam akan muncul
Air susah di saat kemarau
Bila hujan banjir datang.

Mari jaga hutan kita
Agar jauh dari bencana
Kalau hutan lestari
Tentu bumi akan asri.

Puisi 10

Berjuta-juta hektar
Hutan Indonesia tumbuh subur
Tempat elang turun menyambang
Tempat rusa bermain riang.

Hutanku hutan lestari
Kekayaan bangsa dan negeri
Jangan sampai diambil lagi
Oleh orang tak tahu diri.

Kalau hutan habis dibabat
Bencana datang secepat kilat
Tuhan berikan kita bencana
Supaya kita kembali pada-Nya.

Puisi 11

Tuhan telah memberikan
Negeri ini alam yang hijau
Indah berseri laksana permata.

Gunung tinggi amat menjulang
Bagai menyentuh awan gemawan

Berdiri gagah di tengah pemandangan.

Sungai mengalir berliuk-liuk
Membawa air menuju muara
Mengairi pula sawah-sawah.

Pantai membentang amat indah
Dengan deburan ombaknya
Insan memandang penuh pesona.

Sawah-sawah menghijau
Tumbuh padi para petani
Saat panen kan berubah keemasan.

Negeriku negeri yang indah
Negeri cantik penuh anugerah
Mari kita bersyukur
Kepada Allah Sang Pencipta.

Puisi 12

Desaku amat asri

Banyak pohon di kanan kiri
Hijau sudahlah tentu
Sejuk udara terasa selalu.

Jalannya kecil berkelak-kelok
Menuju sawah yang sangat permai
Para petani menanam padi
Sebentar lagi kan dituai.

Puisi 13

Lihatlah alam desaku
Semuanya tampak permai
Dari sawah dan ladangnya
Dari pohon hingga kebunnya.

Bila kulepas pandanganku
Semuanya begitu indah
Semua ini adalah anugerah
Dari Tuhan Sang Pencipta.

Terimakasih oh Tuhanku
Atas semua pemberianMu
Moga kami bisa bersyukur

Hidup sejahtera makin makmur.

Puisi 14

Lihatlah sampah penuhi jalan,
Lihatlah sampah penuhi sungai,
Udara busuk mengambang
Tiada sedap aroam tercium.

Bila hujan telah tiba
Sampah kemana-mana
Lingkungan menjadi kotor
Mengundang penyakit dan bencana.

Bila sampah penuhi sungai
Banjir datang saat hujan

Rumah kita terendam
Barang-barang rusak semua.

Puisi 15

Bukankah jika sampah berserakan
Akan rusak keindahan
Tidak sehat lingkungan
Tak elok untuk dipandang.

Bukankah jika sampah berserakan
Banyak penyakit yang akan datang
Hidup susah harus berobat
Itulah akibat dari hidup tak sehat.

Bukankah lingkungan yang bersih
Akan memberi kesan rapi
lingkungan jadi sehat
tubuh sehat bertambah kuat.

Penutup

Demikian semoga artikel saya ini contoh puisi tentang lingkungan bermanfaat bagi anda semua yang telah membaca artikel masqoqo.com, apabila ada kesalahan kata-kata tolong di maafkan.
Jangan lupa di share ke teman-teman, supaya bertambah wawasannya dan jangan lupa juga di coment agar saya bisa intro peksi diri.
Cukup sekian dan Terima kasih telah berkunjung di web masqoqo.com jangan lupa suport ya agar terus maju berkembang.
Mas Qo'qo' Tersenyumlah Ketika Anda Direndahkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!