Mas Qo'qo' Tersenyumlah ketika direndahkan.

Pengertian TRIAC

2 min read

cara mengukur triac

Hai teman-teman kali ini kami masqoqo.com akan membahas tentang pengertian TRIAC (Triode for Alternating Current). TRIAC adalah sebuah komponen elektronik yang kira-kira ekivalen dengan dua SCR yang disambungkan dan kaki gerbangnya disambungkan bersama.

Oke teman-teman semua, sebelum saya melanjutkan pembahasan ini tolong disimak baik-baik supaya Anda bisa memaminya.

Pengertian TRIAC

pengertian triac
https://res.cloudinary.com/

TRIAC adalah komponen elektronika yang mempunyai struktur mirip transistor, komponen ini seringkali disebut sebagai Thyristor yang dari perkataan Yunani bermakna “Pintu”. Hal ini juga bisa saja disebabkan karena fungsi TRIAC yaitu sebagai switch atau pintu dalam rangkaian yang nantinya akan diperlukan buat keperluan lebih kompeks.

Karena inilah yang mendasari pengertian TRIAC pada umummnya, sehingga nantinya akan diperoleh pembahasan lebih menarik sesudah Anda memahami cara kerja TRIAC beserta simbol komponen ketika diterapkan.

TRIAC juga berfungsi sebagai saklar otomatis dalam sebuah rangkaian, berbeda dengan transistor yang banyak diperlukan sebagai penguat. Karena hal ini TRIAC mempunyai sistem yang lebih kompleks, sehingga memerlukan aplikasi yang tepat supaya bisa bekerja optimal dalam rangkaian sesuai peruntukannya.

Simbol dan Bentuk TRIAC

simbol dan bentuk triac
https://teknikelektronika.com/

Gambar di atas ini menunjukkan bentuk TRIAC dan simbolnya.

Rangkaian Switching TRIAC

rangkaian switching triac
https://2.bp.blogspot.com/

Saat SW1 dihubungkan atau tertutup, terminal Gate pada TRIAC ini akan dialiri oleh arus listrik melalui Resistor (R) dari sumber daya baterai atau DC. Karena hal ini akan menggerakkan TRIAC menjadi konduktor yang menghubungkan lampu dengan sumber arus listrik AC.

Cara Kerja TRIAC

TRIAC bertindak seperti switch sirkuit terbuka ketika perangkat tiga terminal yang ada pada TRIAC memblokir atau memblokade arus dalam keadaan mati (OFF). Walaupun TRIAC ini bisa memblokir arus, namun ia berbeda dengan Thyristor konvesional, ketika dipicu oleh TRIAC bisa melawan arus 2 arah.

Cara Mengukur TRIAC

Buat mengetahui apakah TRIAC dapat berfungsi dengan baik, Anda dapat menggunakan Multimeter untuk mengujinya. Berikut contoh dibawah ini adalah langkah-langkah untuk mengukur sebuah TRIAC, apakah dapat berfungsi dengan baik jika menggunakan Multimeter.

cara mengukur triac
https://ekbisa.blogspot.com/

Langkah Pertama yaitu :

  • Atur posisi sakelar Multimeter Digital ke pengukuran dioda.
  • Sambungkan probe merah (+) Multimeter ke terminal MT1 TRIAC.
  • Sambungkan probe hitam (-) Multimer ke MT2 TRIAC.
  • Lalu, layar Multimeter akan menunjukkan tanda “OL” atau “over load” kondisi ini menandakan TRIAC dalam keadaan baik.

Langkah Kedua yaitu :

  • Posisi sakelar Multimeter Digital masih pada pengukuran Dioda.
  • Sambungkan probe hitam (-) multimeter ke terminal MT1 TRIAC.
  • Sambungkan probe merah (+) mutimeter ke MT2 TRIAC.
  • Layar multimeter akan menunjukkan tanda “OL” atau “over load” kondisi ini juga menandakan TRIAC dalam keadaan baik.
  • Pindahkan prober merah (+) multimeter ke terminal gate.
  • Laya multimeter akan menunjukkan nilai sekitar 0.127V kondisi ini juga menandakkan TRIAC dalam keadaan baik.
Baca Juga: Pengertian DIAC

Aplikasi TRIAC

TRIAC adalah komponen yang sangat sesuai buat digunakan sebagai AC Switching (saklar AC) sebab bisa mengendalikan aliran arus listrik pada dua arah siklus gelombang bolak-balik AC.

Nah, kemampuan inilah yang jadi kelebuhan dari TRIAC bila dibanding dengan SCR. Tapi TRIAC pada biasanya juga tidak digunakan pada rangkaian switching yang mengaitkan energi sangat besar. Salah satu sebabnya karena ciri Switching TRIAC yang non simetris dan juga hambatan elektromagnetik yang diciptakan oleh listrik berdaya besar itu sendiri.

Ada beberapa aplikasi TRIAC pada peralatan-peralatan Elektronika maupun listrik seperti contoh dibawah ini:

  • Pengatur pada lampu dimmer.
  • Pengatur kecepatan pada kipas.
  • ———- motor kecil.
  • ———- pada peralatan rumah tangga yang berarus listrik AC.

Perbedaan Triac dan Thyristor

TRIAC kepanjangan dari Triode Alternating Current, TRIAC bisa digambarkan seperti SCR yang disusun bolak-balik. TRIAC juga bisa melewatkan arus bolak-balik, dalam pemakainnya TRIAC digunakan sebagai saklar AC tegangan tinggi (diatas 100 Vlot).

Nah, TRIAC bisa juga disebut SCR biderectional, buat memberi trigger pada TRIAC dibutuhkan DIAC sebagai pengatur level tegangan yang masuk.

Thyristor termasuk jenis semikonduktor, kata Thyristor di ambil dari bahasa Yunani yang berarti pintu. Fungsi utama dari Thyristor yaitu sebagai saklar, Thyristor yang sering dipakai ada 3 jenis SCR, DIAC dan TRIAC.

Penutupan

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang telah membacanya hingga akhir pembahasan ini, sekian dan terimakasih. Jangan lupa di share ke teman-teman Anda ya hihi, mampir terus di website masqoqo.com.

Mas Qo'qo' Tersenyumlah ketika direndahkan.

Pengertian Op-Amp

Mas Qo'qo'
1 min read

Pengertian Sensor Sentuh

Mas Qo'qo'
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.