Mas Qo'qo' Tersenyumlah ketika direndahkan.

Pengertian Sensor Sentuh

3 min read

pengertian Sensor Sentuh

Hai teman-teman semua, kali ini masqoqo.com ingin mengulas ilmu tentang pengertian sensor sentuh. Sensor sentuh merupakan sebuah saklar yang cara penggunaanya dengan cara disentuh menggunakan jari.

Sebelum saya memulai pembahasan ini, tolong disimak artikel saya tentang pengertian sensor sentuh dengan baik-baik ya teman-teman supaya, Anda bisa memahaminya.

Pengertian Sensor Sentuh

Pengertian Sensor Sentuh

Touch Sensor (Sensor Sentuh) TTP223B adalah sebuah modul sensor sentuh kapasitif, modul ini juga menggunakan IC TTP223B. Sensor perdeteksi sentuhan ini dirancang untuk menggantikan tombol-tombol tradisional.

Ketika kita menyentuh pad dari modul, maka kapasintasi dari sirkuit akan berubah dan terdeteksi, perubahan kapasintasi menghasilkan perubahan ouput. Tegangan operasi modul ini adalah 2V hingga 5V. Berikut ini yakni bentuk fisik dari sensoh sentuh (touch sensor) TTP223B sepereti contoh gambar di atas.

Jenis-Jenis Sensor Sentuh

Sensor sentuh ini fungsinya dapat dibedakan menjadi empat macam, yakni sensor resitif, sensor kapasitif, surface acoustic wave dan multi touch.

Mari kita simak mengenai penjelasan dari ke empat jenis touch sensor tersebut dibawah ini :

  • Sensor Resitif

Berbeda dengan sensor kapasitif, sensor resitif ini tidak tergantung pada sifat listrik yang terjadi pada konduktivitas pelat logam. Sensor ini bekerja dengan mengukur tekanan yang diberikan pada permukaannya.

Anda tidak perlu mengukur perbedaan kapasintasi, karena sensor sentuh resitif ini dapat beroperasi pada bahan non-konduktif, contohnya seperti pena atau jari di dalam sarung tangan.

Sensor sentuh resitif ini terdiri dari dua lapisan konduktif yang dipisahkan oleh jarak atau celah yang sangat kecil. 2 lapisan konduktif (lapisan atas dan lapisan bawah) ini pada dasarnya terbuat dari sebuah film.

Film-film ini juga di umumnya dilapisi oleh Indium Tin Oxide yang merupakan konduktor listrik yang baik dan juga transparan (bening).

Nah, cara kerjanya hampir sama dengan sebuah sakelar, pada saat film lapisan atas mendapatkan tekanan tertentu baik dengan jari maupun stylus, maka film lapisan atas akan bersentuhan dengan film lapisan bawah sehingga dapat menimbulkan aliran listrik pada titik koordinat tertentu layar tersebut dan juga padat memberikan signal ke prosesor untuk melakukan proses selanjutnya.

  • Sensor Kapasitif

Sensor sentuh kapasitif merupakan salah satu jenis sensor sentuh yang sangat populer di jaman sekarang ini. Hal ini karena sensor kapasitif mempunyai banyak sekali keunggulan.

Ada beberapa keunggulan yang dimiki sensor kapasitif yaitu memiliki ketahanan lebih kuat, mampu tahan lama, mudah untuk digunakan dan harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sensor resitif.

Nah, bahkan ponsel-ponsel pintar atau smartphone sekarang ini sudah banyak yang menggunakan teknologi satu ini karena mampu menghasilkan respon lebih cepat dan akurat.

Berbeda halnya dengan sensor resitif yang biasa memakai tekanan tertentu untuk dapat merasakan perubahan pada bagian layar, sensor kapasitif ini umumnya juga memanfaatkan sifat konduktif alami yang ada di dalam tubuh manusia sebagai pendeteksi perubahan layar sentuhanya.

Nah, buat layar sentuh pada sensor ini dibikin dari berbagai bahan konduktif seperti misalnya Indium Tin Oxide atau yang biasanya disingkat dengan ITO.

Bahan ini dilapisi dengan menggunakan kaca dan biasanya hanya bisa disentuh langsung oleh jari manusia atau stylus khusus ataupun saruh khusus yang pastinya memiliki sifat konduktif.

Ketika jari ini sedang menyentuh bagian layar, maka medan litrik pada layar sentuh tersebut akan mengalami perubahan. Kemudian, setelah itu akan di respon secara langsung oleh processor untuk dapat membaca pergerakan jari tangan tersebut.

Jadi di dalam hal ini harus benar-benar diperhatikan bahwa sentuhan kita tidak akan pernah bisa di respon oleh layar sensor kapasitif ini.

Jika Anda menggunakan berbagai bahan non-konduktif untuk dijadikan sebagai perantara jari tangan dan layar sentuh tersebut.

  • Surface Acoustic Wave

Untuk dapat mendeteksi kejadian di permukaan layarnya, sistem teknologi ini biasanya menggunakan gelombang ultrasonik.

Didalam monitornya juga terdapat dua tranduser, yaitu pengirim dan penerima sinyal ultrasonik. Bahkan ini juga dilengkapi dengan sebuah reflekor yang mempunyai fungsi buat mencegah gelombang ultrasonic supaya tetap berada pada area layar monitor.

Ke 2 tranduser tersebut juga dipasang pada empat sisi, dua vertikal dan horizontal. Jika panel touchnya tersentuh langsung, maka bagian dari gelombang tersebut nantinya ada yang diserap oleh sentuhan tersebut, contohnya seperti terhalang oleh tangan, tuts, stylus dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Sentuhan ini juga membuat adanya perubahan berupa gelombang dipancarkan. Perubahan gelombang ultrasonik yang sudah terjadi selanjutnya akan diterima oleh receiver serta diterjemahkan langsung dalam bentuk pulsa-pulsa listrik.

Setelah itu informasi sentuhan ini akan mengalami perubahan menjadi suatu data yang akan di teruskan ke controller buat diproses secara lebih lanjut.

Nah, data yang dihasilkan oleh sentuhan tersebut yaitu data mengenai posisi tangan yang menyentuh sinyal ultrasonik secara langsung.

Apabila hal ini digunakan secara kontinyu maka akan ada banyak sensor gelombang ultrasonic pada media yang telah disentuhnya.

  • Multi Touch

Multi touch layar sentuh ini merupakan teknologi layar sentuh yang sudah mengalami perkembangan.

Kelebihan yang dimiliki multi touch ini yaitu bisa disentuh oleh lebih dari satu jari. Karena layar multi sentuh dapat disentuh hingga puluhan jari dari beberapa orang berbeda sekaligus secara bersamaan.

Layar sentuh multi touch ini bisa digunakan untuk mengecilkan, membesarkan, mengubah posisi dan bahkan memindahkan posisi suatu objek pada layar monitor seperti foto atau games.

Pada umumnya juga muti touch ini banyak sekali digunakan pada handphone, komputer, MP3 player dan lain sebagainya.

Cara Kerja dan Komponen Layar Sentuh

Cara Kerja dan Komponen Layar Sentuh

Sensor sentuh (touch sensor) mempunyai tiga komponen utama di dalam kegunaannya yaitu controller, driver perangkat lunak, sensor sentuh. Berikut contoh dibawah ini teknologi dari touchscreen.

  • Pengendali (Controller)

Contoroller merupakan sebuah perangkat yang memproses dan mengubah voltase sinyal yang di terima dari komponen touch sensor yang berupa arus listrik dan di hubungkan ke prosessor atau perangkat yang lain.

  • Driver Perangkat Lunak

Nah, sebagai alat penerjemah data dari proses diatas tadi yang memungkinkan proses di atas sudah bekerja dengan baik dan di tampilkannya ke antar muka system operasi.

  • Sensor Sentuh

Sensor sentuh merupakan komponen yang terletak di bagian luar tampilan sebagai lapisan penerima inputan dari user atau sentuhan. Bagian sentuh akan menimbulkan aliran listrik.

Penutupan

Demikian pembahasan kali ini, semoga artikel saya ini bisa bermanfaat untuk Anda yang telah membaca hingga akhir. Sekian dan Terimakasih, jangan lupa di share ke teman-teman Anda, terus mampir di website masqoqo.com.

Mas Qo'qo' Tersenyumlah ketika direndahkan.

Pengertian Op-Amp

Mas Qo'qo'
1 min read

Cara Mengukur SCR

Mas Qo'qo'
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.