Mas Qo'qo' Tersenyumlah ketika direndahkan.

Pengertian Op-Amp

1 min read

Pengertian Op-Amp

Halo teman-teman semua, kali ini kami ingin mengulas sedikit ilmu pengetahuan tentang pengertian Op-Amp. Operational Amplifier atau lebih dikenal dengan istilah sebuah Op-Amp terdiri dari beberapa Transistor, Dioda, Resistor dan Kapasitor yang terinterkoneksi dan terintegrasi sehingga memungkinkannya untuk menghasilkan Gain yang tinggi pada tentang frekuensi yang luas.

Pengertian Op-Amp

Pengertian Op-Amp

Op amp merupakan salah satu IC linear yang berguna untuk memperkuat sinyal listrik. Komponen elektronika yang satu ini juga tersusun atas kapasitor, dioda, resistor dan transistor yang paling berhubungan dan terintegrasi. Op-Amp ini juga dikenal sebagai penguat operasional.

Karene terdiri dari beberapa komponen sekaligus, Op-Amp ini kemudian bisa menciptakan penguatan atau gain yang tinggi pada jangkauan frekuensi yang luas.

Nah, Op-Amp sendiri pada umumnya juga diproduksi dalam bentuk integrated circuit (IC). Dalam sebuah IC ini juga bisa terdapat satu atau lebih rangkaian Op Amp.

Berdasarkan jumlah rangkaian yang bisa terdapat di dalam IC, Op-Amp setelah itu dibagi menjadi 3 jenis. Jenis-jenis op amp tersebut antara lain single Op-Amp (1 rangkaian dalam 1 lC), dual Op-Amp (2 rangkaian dalam 1 lC), dan quad Op-Amp (4 rangkaian dalam 1 lC).

Sesuatu rangkaian dasar Op-Amp ini juga memiliki tersusun atas 2 input dan 1 output. Kedua input ini masing-masing merupakan input inverting dan non inverting. Supaya bisa berkeja, Op-Amp ini juga memiliki satu daya positif dan negatif.

Bentuk dan Simbol IC Op-Amp

Bentuk dan Simbol IC Op-Amp

Bentuk dari simbol merupakan segitiga yang mempunyai banyak garis input, sedangkan output dan satu yang bisa dilihat pada gambar di atas. Salah satu tipe IC Op-Amp yang populer dan banyak digunakan yaitu IC741.

Terminal yang ada pada simbol operational amplifier atau Op-Amp (penguat operasional) yaitu sebagai berikut contoh dibawah ini:

  1. Catu daya negatif -V
  2. Catu daya posistif +V
  3. Keluaran Vout
  4. Masukkan pembalik (Inverting) –
  5. Masukan non-pembalik (Non-Inverting) +

Fungsi Op-Amp

Fungsi Op-Amp

 

 

Fungsi dari Op-Amp ini yaitu sebagai pengindra dan penguat sinyal masukan, baik DC ataupun AC juga sebagai penguat. Diferensiasi Impendansi masukkan tinggi, penguat keluaran impedansi rendah.

Op-Amp ini juga banyak dimanfaatkan dalam peralatan-peralatan elektronik sebagai penguat, mengeraskan suara, sensor, buffer sinyal, menguatkan sinyal, mengitegrasikan sinyal.

Selain itu juga digunakan untuk peraturan tegangan, instrumentasi, filter aktif, pengubah analog ke digital dan sebaliknya.

Karakteristik Op-Amp

Karakteristik Op-Amp

 

Karakteristik Faktor Penguat atau Gain pada Op-Amp ini umumnya ditentukan oleh Resistor Eksternal yang terhubung diantara Output dan Input pembalik (Inverting Input).

Konfigurasi dengan umpan balik negatif (Negative Feedback) ini biasanya juga disebut dengan ClosedLoop Configuration atau konfigurasi lingkar tertutup.

Umpan balik negatif ini akan menyebabkan penguatan atau gaim menjadi berkurang serta menghasilkan penguatan yang bisa diukur dan bisa dikendalikan.

Tujuan pengurangan Gain dari Op-Amp ini yakni buat menghindari terjadinya Noise yang berlebihan dan juga buat menghindari yang tidak diinginkan.

Sedang pada konfigurasi lingkar terbuka ini atau OpenLoop Configuration, besar penguatnya merupakan tak terhingga (∞) sehingga besarnya ouput hampir atau mendekati tegangan Vcc.

Secara umumnya juga, Op-Amp atau Operational Amplifier yang ideal memiliki karakteristik sebagai  berikut contoh dibawah ini:

  1. Karakteristik tidak berubah dengan suhu
  2. BW = ∞, Lebar pita tak terhingga (Bandwidth)
  3. Zout = 0. Impedansi Output yaitu nol (Output Impedance)
  4. Zin = ∞, Impendansi masukan tak terhingga (Input Impedance)
  5. Voo = 0. Tegangan Offset keluaran yaitu nol (Output Offset Voltage)
  6. Av = ∞, Penguatan Tegangan Open-Loop atau tak terhingga

Penutupan

Demikian pembahasan kali ini, semoga artikel saya ini tentang pengertian Op-Amp bisa menambah wawasan teman-teman semua. Jangan lupa share dan support website ini supaya lebih berkembang.

Mas Qo'qo' Tersenyumlah ketika direndahkan.

Pengertian Sensor Sentuh

Mas Qo'qo'
3 min read

Cara Mengukur SCR

Mas Qo'qo'
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.