Mas Qo'qo' Tersenyumlah ketika direndahkan.

Pengertian Mikroprosesor

5 min read

pengertian mikroprosesor

Halo temen-teman, kali ini masqoqo.con ingin membahas tentang Pengertian Mikroprosesor. Mikroprosesor lebih dikenal dengan sebutan CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah rangkain (IC) sebagai unit mesin pengolah yang berkerja melakukan fungsi pokok komputasi aritmetika dan logika.

Sebelum saya mulai membahas, tolong disimak artikel ini tentang pengertian mikroproser dengan baik-baik ya teman-teman, supaya Anda bisa memahami pengertian mikroprosesor yang saya bahas.

Pengertian Mikroprosesor

Pengertian Mikroprosesor

 

 

Pengertian Mikroprosesor yaitu rangkaian unit mesin pengolah yang mempunyai perkerjaan pokok untuk melakukan logika dan aritmatika. Karena hal itulah, biasanya mikroprosesor ini ditemukan pada komputer, laptop dan lain-lain.

Biasanya juga mikroprosesor ini diproduksi pada satu chip tunggal yang sangat canggih, dalam kehidupan sehari-hari pun, pasti kita akan menggunakan barang teknologi yang sudah dikaruniai mikro prosesor. Contohnya, PDA (personal digital assistance) atau komputer telapak tangan, telepon genggam dan kalkulator.

Nah, salah satu contoh penggunaan mikroprosesor bisa Anda lihat pada perangkat komputer. Pada perangkat komputer yang bisa dinamakan juga mikroprosesor adalah CPU, karena didalam CPU terdapat chip processor dan beberapa komponen mikroprosessor lainnya.

Sejarah Singkat Mikroprosesor

Sejarah Mikroprosesor

Mikroprosesor yang pertama kali diciptakan yaitu Intel 4004 yang diperkenalkan pada tahun 1971. Prosesor ini juga sangat sederhana, hanya bisa mengerjakan operasi sebesar 4 bit perwaktu. Aplikasi prosesor ini buat menyusun kalkulator elektronik portable. Mikroprosesor yang pertama kali dipakai buat komputer rumah yaitu Intel 8080 yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1974.

Nah, prosessor ini berukuran 8 bit, dipakai pertama kali pada Kit Altair. Kit buatan MITS yang diperkenalkan pada tahun 1975 ini yang dianggap sebagai cikal bakal komputer personal yang pertama. Namun yang dinamakan PC seperti yang sekarang diperkenalkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1982, dinamakan IBM PC.

Nah, komputer ini juga memakai prosesor Intel 8088 yang sebenarnya telah diperkenalkan pada tahun 1979. Mikroprosesor yang dipakai pada PC dari waktu ke waktu juga berubah. Secara kronologis, prosesor-prosesor yang dipakai sampai pada akhir tahun 2002 adalah 8088, 80286, 80386, 80486, Pentium, Pentium II, Pentium III dan pentium IV. Sebagai bahan pertimbangan, prosesor Pentium 4 mempunyai kecepatan 5000 kali lebih cepat daripada prosesor 8088.

Cara Kerja Mikroprosesor

Cara Kerja Mikroprosesor

Pada sistem mikroprosesor prinsip kerjanya yaitu mengolah suatu data masukan yang kemudian hasil olahan tersebut akan menghasilkan keluaran yang dikehendaki. Proses pengolahan datanya dapat difungsikan sesuai dengan instruksi yang diprogramkan. Masing-masing mikroprosesor juga mempunyai bahasa pemrograman yang berbeda-beda, namun secara prinsip dasar tiap dari mikroprosesor adalah sama.

Tiap mikroprosesor ini mempunyai satu bus data, satu bus alamat dan satu bus kendali. Dalam mikroprosesor terdapat suatu unit untuk mengerjakan fungsi-fungsi logika dan aritmetika, register-register buat menyimpan data sementara dan unit pengendalian.

Diagram Blok Mikroprosesor pada Komputer

Diagram Blok Mikroprosesor

Pada dasarnya sebuah perangkat mikroprosesor terdiri dari tiga bagian utama yakni Unit Aritmatika dan Logika atau ALU (Aritmetic Logical Unit), Unit Register Array dan Unit Kontroler atau Pengendali.

Macam-Macam Mikroprosesor

Macam-Macam Mikroprosesor

Ada 5 jenis mikroprosesor yang pernah dibuat sejak awalnya kemunculannya. Jenis mikroporosesor ini dikelompakkan berdasarkan jumlah bitnya, contohnya dibawah ini.

  • Mikroprosesor 64 bit

Intel meluncurkan prosesor ini pada tahun 1993, namun memutuskan tidak menggunakan lagi nama numerik. Hal ini juga disebabkan oleh sulitnya mengucapkan dan mengingat nama-nama numerik yang sudah ada.

Nah, mikroprosesor 64 bit yang pertama kali diluncurkan oleh Intel diberi nama Pentium. Prosesor ini menggunakan teknologi superscalar. Artinya, terdapat dua mikroprosesor yang digabung sehingga mampu menjalankan dua perintah sekaligus.

  • Mikroprosesor 32 bit

Aplikasi ini terus mengalami perkembangan dan menuntut perusahaan mikroprosesor mengembangkan produk yang lebih baru. Akhirnya Intel ini berhasil meluncurkan mikroprosesor pada 1086, prosesor ini juga dilengkapi dengan alamat memori 32 bit dan data bus 32 bit.

3 tahun berselang, Intel kembali meluncurkan mikroprosesor 32 bit, kali ini diberi nama Intel 80486. Mikroprosesor ini juga dikembangkan dari Intel 80386 yang ditambah dengan 80387 numerik processor, intel 80486 ini juga dilengkapi dengan 8 KB cache memory system.

  • M 16 bit

Mikroprosesor 8 bit ini yang laku keras di pasaran membuat Intel kembali mengembangkan produk baru. Kali ini juga pihaknya membuat mikroprosesor 16 bit, penambahan jumlah bit ini dilakukan karena kebutuhan memori juga semakin besar. Ada beberapa mikroprosesor 16 yaitu Intel 8086, Intel 8088 dan Intel 80286.

  • M 8 bit

Mikroprosesor 8 bit ini dikembangkan Intel karena menyadari bahwa pangsa pasaran untuk mikroprosesor 4 bit sangat besar. Ada beberapa contoh mikroprosesor 8 bit yaitu Intel 8008, Intel 8080 dan Intel 8085.

  • Mikroprosesor 4 bit

Mikroprosesor 4 bit ini merupakan yang pertama kali dikeluarkan oleh Intel, lebih tepatnya Intel 4004, Sesuai dengan namanya, mikroprosesor satu ini hanya mempunyai memori 4 bit yang di alamatkan pada 4096 lokasi.

Nah, prosesor 4 bit ini juga dibuat menggunakan teknologi P-channel MOSFET. Aplikasi mikroprosesor pertama ini juga tidak pada komputer, melainkan kalkulator dan video games.

Kelebihan Mikroprosesor

Ada 8 kelebihan dari Mikroprosesor serta penjelasannya:

  • Biaya Rendah

Mikroprosesor juga tersedia dengan biaya rendah karena teknologi sirkuit terintegrasi, yang akan mengurangi biaya sistem komputer.

  • Kecepatan Tinggi

Chip mikroprosesor ini dapat bekerja dengan kecepatan yang sangat tinggi karena teknologi yang terlibat di dalamnya, ia mampu mengeksekusi jutaan instruksi per detik.

  • Ukuran Kecil

Karena teknologi integrasi skala sangat besar dan skala sangat besar, mikroprosesor dibuat dengan footprint yang sangat kecil, ini akan mengurangi ukuran seluruh sistem komputer.

  • Serbaguna

Mikroprosesor sangat serbaguna, chip ini juga bisa dipakai buat sejumlah aplikasi hanya dengan mengubah program (instruksi disimpan dalam memori).

  • Konsumsi Daya Rendah

Mikroprosesor biasanya juga diproduksi menggunakan semikonduktor oksida logas, di mana MOSFET (Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistors) bekerja dalam mode saturasi dan cut off. Jadi konsumsi dayanya sangat rendah dibandingkan dengan yang lain.

  • Lebih Sedikit Panas

Dibandingkan dengan perangkat tabung vakum, perangkat semikonduktor juga tidak akan mengeluarkan panas sebanyak itu.

  • Andal¬†

Mikroprosesor sangat andal, tingkat kegagalan ini sangat kecil karena teknologi semikondutor digunakan.

  • Portabel

Perangkat atau sistem komputer ini yang dibuat dengan mikroprosesor dapat diubah portabel, karena ukurannya yang kecil dan konsumsi daya yang rendah.

Fungsi Mikroprosesor

Fungsi Mikroprosesor

Fungsi utama Mikroprosesor yaitu sebagai unit yang mengendalikan seluruh kerja sistem mikroprosesor. Ada 5 fungsi lain dari mikroprosesor seperti contoh dibawah ini:

  1. Mengambil instruksi dan data dari memori.
  2. Memindah data dari ke memori.
  3. Mengirim sinyal kendali dan melayani sinyal interupsi.
  4. Menyediakan pewaktuan buat siklus kerja sistem mikroprosesor.
  5. Mengerjakan fungsi-fungsi operasi logika dan aritmetika.

Karakteristik Mikroprosesor

Karakteristik Mikroprosesor

Karakteristik penting dari mikroprosesor, seperti contoh dibawah ini:

  1. Internal Data Bus Size (ukuran bus data internal): Jumlah saluran yang terdapat dalam mikroprosesor yang menyatakan jumlah bit dapat ditransfer antar komponen di dalam mikroprosesor.
  2. External Data Bus Size (ukuran bus data eksternal): Jumlah saluran yang dipakai untuk transfer data antar komponen antara mikroprosesor dan komponen-komponen di luar mikroprosesor.
  3. Memory Addres Size (ukuran alamat memori): Jumlah alamat memori menuntun kerja mikroprosesor.
  4. Clock Speed (kecepatan clock): Rate atau kecepatan clock untuk menuntun kerja mikroprosesor.
  5. Special Features (fitur-fitur spesial): Fitur khusus untuk mendukung aplikasi tertentu seperti fasilitas pemrosesan floating point, multimedia dll.

Komponen Mikroprosesor

Komponen Mikroprosesor

Mikroproses terdiri dari 3 bagian :

  • Register, berfungsi buat tempat penyimpanan sementara data, alamat, kode instruksi dan bit status berbagai operasi mikroprosesor.
  • Algorithm and Logic Unit (ALU), berfungsi buat mengerjakan perintah-perintah logika dan operasi aritmetika.
  • Timing and Control Unit, berfungsi buat mengambil dan mendekodekan instruksi dari memori program dan membangkitkan sinyal kendali yang diperlukan oleh bagian lain dari mikroprosesor untuk melaksanakan instruksi tersebut.

Istilah Umum yang Digunakan Dalam Mikroprosesor

Istilah Umum yang Digunakan Dalam Mikroprosesor

Berikut ini ada beberapa istilah umum yang digunakan dalam Mikroprosesor (Mikroprocessor).

  • Intruction Set (Kelompok Instruksi)

Instruction Set atau Kelompok Instruksi Set merupakan kelompok perintah yang dapat dipahami oleh mikroprosesor. Jadi Kelompok instruksi adalah antarmuka antara perangkat keras dan perangkat lunak (program).

Misalnya, Instruksi memerintahkan prosesor untuk mengganti transistor yang relevan untuk melakukan pemprosesan data. Contohnya, tambahkan A,B dipakai buat menambah dua angka yang tersimpan dalam register A dan B.

  • Clock Speed (Kecepatan Clock)

Mikroprosesor memakai sinyal Clock buat mengontrol laju instruksi yang dijalankan, menyingkronkan komponen internal lainnya dan untuk mengendalikan transfer data di antara mereka. Jadi clock speed ini mengacu pada kecepatan di mana mikroprosesor menjalankan instruksi, biasanya juga diukur dalam Hertz dan dinyatanyakan dalam megahertz (MHz), gigahertz (GHZ) dan masih banyak yang lainnya.

  • Word Lenght (Panjang Kata)

Panjang kata atau Word Lenght adalah jumlah bit dalam Bus data internal suatu prosesor atau jumlah bit yang dapat diproses oleh suatu prosesor pada suatu waktu. Contohnya, Prosesor 8 bit akan mempunyai bus data 8 bit, register 8 bit dan akan mengerjakan pemprosesan 8 bit pada satu waktu. Buat mengerjakan operasi bit yang tinggi (32 bit atau 16 bit), Mikroprosesor akan memecahkannya menjadi serangkaian operasi 8 bit.

  • Cache Memory

Cache memori adalah memori akses acak yang terintegrasi ke dalam prosesor, jadi prosesor ini dapat mengakses data dalam memori cache lebih cepat daripada dari RAM biasa. Hal ini juga dikenal sebagai memori CPU, memori cache ini juga dipakai buat menyimpan data atau instruksi yang sering dirujuk oleh perangkat lunak atau program selama operasi. Sehingga akan meningkatkan speed (kecepetan) operasi secara keseluruhan.

  • Bus

BUS merupakan seperangkat konduktor yang dimaksudkan untuk mengirimkan data, alamat atau mengontrol informasi ke berbagai elemen dalam mikroprosesor. Biasanya mikroprosesor akan mempunyai 3 jenis Bus yaitu Bus Alamat, Bus Data dan Bus Kontrol, prosesor 8 bit ini akan menggunakan bus lebar 8 bit.

Penutupan

Demikian pembahasan kali ini, semoga artikel saya tentang pengertian mikroprosesor bisa bermanfaat untuk Anda yang sudah membacanya hingga akhir. Sekian dan terimakasih, jangan lupa di share artikel saya tentang pengertian mikroprosesor ke teman-teman Anda hihi terus, mampir di website masqoqo.com

Mas Qo'qo' Tersenyumlah ketika direndahkan.

Pengertian Op-Amp

Mas Qo'qo'
1 min read

Pengertian Sensor Sentuh

Mas Qo'qo'
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.