Mas Qo'qo' Tersenyumlah ketika direndahkan.

Pengertian Fuse

3 min read

pengertian fuse

Hii teman-teman kali ini masqoqo.com akan membahas tentang pengertian fuse (sekering). Fuse adalah komponen listrik untuk mengamankan sebuah rangkaian listrik atau perangkat listrik.

Sebelum memulai pembahasannya, tolong disimak dengan baik ya teman-teman supaya Anda bisa memahami apa yang saya bahas.

Pengertian Fuse (Sekering)

pengertian fuse

Fuse dalam bahasa Indonesia disebut dengan Sekering yaitu komponen yang berfungsi untuk pengamanan dalam Rangkaian Elektronika maupun perangkat listrik. Fuse (Sekering) pada dasarnya juga terdiri dari dari sebuah kawat halus pendek yang akan meleleh dan terputus jika dialiri oleh Arus Listrik yang berlebihan.

Nah, dengan putusnya fuse (Sekering) Arus listrik yang berlebihan tersebut tidak bisa masuk ke dalam Rangkaian Elektronika sehingga tidak merusak komponen-komponen yang terdapat Rangkaian Elektronika yang bersangkutan.

Karena fungsi Fuse (Sekering) ini yang dapat melindungi peralatan listrik dan peralatan Elektronika dari kerusakan akibat arus listrik yang berlebihan, fuse juga sering dinamakan sebagai Pengamanan Listrik.

Simbol Fuse (Sekering)

Simbol Fuse
chippiko.com

Gambar di atas, dijelaskan bahwa simbol Fuse (Sekering) sendiri berbentuk seperti kawat tipis yang bergelombang. Buat pelambangan dari komponen itu sendiri dinamakan dengan huruf “F” yang berarti dinamakan Fuse atau Sekering.

Nah, untuk cara pemasangan fuse kita juga dapat melihat pada gambar di atas. Dimana Sekering atau Fuse ini disisipkan pada sebuah elektronika. Karena Sekering atau Fuse ini memiliki berbagai macam bentuk, jadi cara menyisipkannya dan kegunaanya berbeda-beda.

Contohnya seperti Fuse Tabung yang dipakai sebagai komponen disetiap peralatan listrik rumah tangga, selain itu juga ada Fuse Blaade dan kotak yang biasanya dipakai untuk kendaraan bermotor dan mobil.

Cara Mengukur Fuse (Sekering) dengan Multimeter Digital

Cara Mengukur Fuse (Sekering) dengan Multimeter Digital
https://i.ytimg.com/

Pada dasarnya Fuse juga mempunyai bungkusan transparan yang terbuat dari kaca atau plastik sehingga kita dapat melihat langsung apakah kawat halus Fuse itu dalam putus atau tidak.

Namun juga ada jenis Fuse yang bungkusannya itu menutupi kawat halus yang berada di dalamnya sehingga akan membuat sulit untuk dapat melihat isi daripada Fuse tersebut.

Karena sebab itu, kita juga perlu mengukur Fuse dengan Multimeter untuk dapat mengetahui apakah Fuse tersebut masih dalam keadaan baik atau sudah terputus.

Contoh dibawah ini adalah cara untuk dapat mengukur Fuse dengan menggunakan Multimeter Digital:

  • Atur posisi pada saklar multimeter ke posisi Ohm.
  • Setelah itu hubungkan probe multimeter pada tiap-tiap terminal fuse.
  • Fuse tersebut tidak mempunyai polaritas, jadi posisi probe merah serta probe hitam tidak akan dipermasahkan. Pastikan juga nilai yang ditunjukkan pada display multimeter yaitu “0” Ohm, konsisi itu juga menandakan Fuse terbut dalam kondisi baik (Short).
  • Apabila Display multimeter ini menunjukkan “Tak Terhingga”, maka Fuse dinyatakan sudah rusak.
Baca Juga: Pengertian TRIAC

Jenis-Jenis Fuse

Saat ini terdapat 4 jenis Fuse yang tersedia berdasarkan standar Society of Automotive Engineers (SAE International). Seperti contoh dibawah ini ada ragam jenis Fuse yang harus Anda ketahui:

  • Fuse Blade

Fuse Blade mempunyai bentuk kontak dan terbuat dari bahan plastik transparan dengan sifat konduktif serta tidak akan dengan mudah terbakar.

Ada 6 jenis tipe Fuse Blade, yaitu Micro2, Micro 3, Low Profile Mini Fuse (LP Mini), Mini, Regular dan Maxi. Sama seperti Sekering Tabung kaca, di bagian atas terdapat angka sebgai penunjuk batas maksimal arus listrik.

  • Fuse Tabung Kaca

Sekering ini memiliki bentuk seperti tabung kaca berwarna bening serta transparan. Termasuk juga sebagai fuse tipe cartridge, terdapat penutup dikedua ujung tabung yang terbuat dari kuningan atau tembaga serta berlapis chrome nikel.

Jenis Fuse ini juga memiliki ragam ukuran, tapi untuk diameternya hanya ada 1/4 incch atau sekitar 6,35 mm. Buat kapasitas maksimal arus listrik dari Fuse Tabung Kaca yang kita miliki bisa dicek dibagian penutupnya.

  • Fuse Yazaki

Sekering ini memiliki sebutan lengkap dengan Yazaki Battery Fuse Terminal (BFT). Fuse Yazaki ini juga disebut sebagai versi pengembangan, Fuse fusible link dengan desain lebih kompleks agar bisa melindungi wiring kabel aki sehingga lebih baik dari sisi pengamanan.

  • Fuse Fusible Link

Sekering Fusible Link yaitu fuse dengan bentuk yang terdiri dari dua strip logam serta disolder bersamaan. Titik solderan 2 strip tersebut memang sengaja dirancang agar bisa meleleh pada suhu tertentu, jadi pada kemudian hari keduanya bisa terputus.

Prinsip Kerja Fuse

Fuse adalah alat perlindungan yang paling umum, fuse tersebut juga dipasang dalam rangkaian listrik pada sat aliran arus melebihi beban maksimumnya maka si fuse akan putus.

Elemen di dalam fuse juga mencair, membuka rangkaian serta juga mencegah komponen lain rusak oleh karena arus yang berlebih.

Ukuran elemen metal fuse tersebut juga membedakan nilainya, yang perlu di ingat kelebihan arus tersebut menyebabkan kelebihan panas serta panasnya itu yang menyebabkan rangkaian putus bukan karena arusnya.

Faktor Penyebab Fuse Rusak

Seperti contoh dibawah ini adalah faktor penyebab fuse menjadi rusak, sebagaimana berikut ini:

  • Short Circuit

Short Circuit yakni adanya hubung singkat di dalam sirkuit di mana arus yang mengalir ke sekering melebihi kapasitas sekering.

  • Overload

Overload yakni arus yang mengalir dalam suatu rangkaian lebih besar dari kapasitas sekering maksimun.

  • Korsleting Kabel

Korsleting kabel yakni merupakan penyebab yang sering terjadi pada kendaraan. Jika kabel pada kendaraan mengalami korslet, maka aliran listrik ini yang ada di dalamnya tidak akan stabil.

Penutupan

Semoga artikel saya ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sudah membaca hingga akhir pembahasan ini, sekian dan terimakasih. Jangan lupa juga di share ke teman-teman anda ya hehe, mampir terus di website masqoqo.com.

Mas Qo'qo' Tersenyumlah ketika direndahkan.

Pengertian Op-Amp

Mas Qo'qo'
1 min read

Pengertian Sensor Sentuh

Mas Qo'qo'
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.