1
42

Pengertian Bola Voli Serta Teknik Permainnya

Hai teman-teman semua yang sedang mencari ilmu. Kali ini kami dari masqoqo.com akan berbagi sedikit ilmu tentang pengertian bola voli serta teknik permainannya.

Pada jenis umumnya permainan bola voli ini diperankan oleh anggota yang jumlahnya hanya 12 orang yang terbagi menjadi 2 regu.

Jadi setiap masing-masing regu ada 6 orang, sementara juga permain bola voli pantai jumlah anggota cuman 4 orang saja dan setiap regu terdiri dari 2 orang.

Oke teman-teman semua yang sedang mencari ilmu, Sebelum saya mulai menulis artikel pengertian bola voli. Diperhatikan baik-baik agar anda semua yang membaca biar paham.

Pengertian Bola Voli

Bola voli ini merupakan salah satu cabang permainan olahraga dari bola yang cara bermainnya dengan dapat menjatuhkan bola ke arah dalam sebuah petak lapangan lawan dan buat mencari kemenengan waktu bermain. sWaktu menjatuhkan bola tersebut net ialah sebagai penghalang antar masing-masing tim.

Permainan bola voli ini merupakan salah satu olahraga permainan yang dimainkan oleh dua tim, setiap masing-masing tim terdiri atas 6 pemain bola voli sehingga apabila dijumlah maka seluruh dari pemain bola voli adalah 12 orang.

Permainan bola voli adalah salah satu olahraga dunia yang sangat diminati oleh banyak orang. Karena sementara di negara Indonesia sendiri, penggemar bola voli mulai banyak yang bermunculan.

Nah, hal ini juga ditandai dari banyaknya berbagai pertandingan resmi bola voli yang di adakan, dan munculnya komunitas-komunitas penggemar bola voli di tanah air. Karena salah satu dari pertandingan resmi yang ada di Indonesia adalah proliga.

Olahraga voli ini pada tingkat dunia dinaungi oleh Federation Internationale de Volleyball (FIVB), sedangkan di negara Indonesia dinaungi oleh suatu organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

Pengertian Bola Voli Menurut Para Ahli

Menurut pandangan para ahli berbeda-beda mengenai pengertian bola voli. Sebagaimana berikut contoh dibawah ini. Tentang pengertian bola voli menurut parah ahli :

1. Aip Syaifudin dan Muhadi

Menurut Muhadi dan Aip Syaifudin. Pengertian bola voli ini adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim, dimana setiap tim terdiri dari 6 orang pemain.

Karena masing-masing tim berusaha untuk memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan melewati bagian atas net serta mencegah tim lawan menjatuhkan bola ke dalam lapangan.

2. Mahfud Irsyada

Menurut Mahfud Irsyada. Bahwa pemainan bola voli ini merupakan permainan beregu dengan melibatkan beberapa orang pemain dalam rangka mencetak poin dengan cara melewatkan net. Serta menjatuhkannya di daerah pertahanan tim lawan sehingga bisa meraih kemenangan.

3. Suharno

Permainan bola voli adalah suatu olahraga beregu yang dimainkan dengan sebuah ketentuan tiap regu berjumlah 6 orang, bermain dilapangan yang berukuran 18×9 meter. Dan dilaksanakan dengan cara memantulkan bola secara bergantian dan setiap pemain akan berusaha menjatuhkan bola di area lawan.

4. Wikipedia

Permainan bola voli ini adalah salah satu permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang berlawanan.

5. PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia)

Permainan bola voli ini menurut PBVSI permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim atau regu di lapangan dengan net sebagai pemisahnya.

Sejarah Permainan Bola Voli

sejarah bola voli

learnsejarah.com

Pada saat awal, penemuan olahraga bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini saat pertama kali ditemukan oleh seorang instruktur pendidik jasmani (Director of Phsycal Education) yang namanya William G. Morgan di YMCA pada saat tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachuestts (Amerika Serikat).

YMCA (Young Men’s Christian Association) merupakan sesuatu organisasi yang disediakan buat mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang sudah di ajarkan oleh Yesus. Karena organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William.

Sesudah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada saat tanggal 6 november 1939), Morgan menciptakan sesuatu olahraga baru yang namanya Mintonette. Sama juga halnya dengan James Naismith, William G Morgan mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani.

Nah, William G. Morgan ini juga merupakan lulusan dari Springfield College of YMCA, yang menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun sesudah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith.

Karena olahraga permainan Mintonette ini sebenarnya merupakan sesuatu permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permain.

Paling tepat itu, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan bisa menjadi satu, yaitu baseball, bola basket, tenis, dan yang paling terakhir itu bola tangan (handball).

Karena pada awalnya juga, permainan ini diciptakan khusus bagi para anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.

Nah, perubahan nama Mintonette ini menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada tahun 1896, saat demonstrasi pertandingan pertaman di International YMCA Training School.

Waktu awal tahun 1896 tersebut, Dr. Luther Halsey Gulick. (Director of the professional Education Training School sekaligus sebagai. Executive Director of Department of Physical Education of the International Committe of YMCA).

Lanjutan Artikel

Mengundang dan meminta Morgan buat mendemonstrasikan permainan baru yang sudah ciptakan di stadion kampus yang baru.

Pada sesuatu konferensi yang bertempat di kampus YMCA, karena springfield tersebut juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani.

Nah, dalam kesempatan itu Morgan membawa dua regu yang pada masing-masing regu beranggotakan lima orang. Maka dalam itu.

Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut yaitu permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa.

Dan menurut penjelasannya pada waktu itu, permainan ini bisa juga dimainkan oleh banyak orang, karena tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan tersebut.

Sedangkan sasaran yang dari permainan ini yaitu mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lain (wilayah lawan atau musuh).

Baca Juga : Sejarah Permainan Bola Kasti

Demikian semoga artikel saya ini bermanfaat bagi anda semua yang telah membaca artikel masqoqo.com, apabila ada kesalahan kata-kata tolong di maafkan. Jangan lupa di share ke teman-teman supaya bertambah wawasannya dan jangan lupa juga di coment agar saya bisa intro peksi diri.

Cukup sekian dan Terima kasih telah berkunjung di web masqoqo.com jangan lupa suport ya agar terus maju berkembang.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply