1
1207

Macam-Macam Warna Pink

Hai Gaes, kali ini kami dari masqoqo.com akan membahas sedikit artikel tentang macam-macam warna pink beserta arti dan maknanya. Pink {Merah jambu/merah muda} adalah corak warna sekunder yang merupakan perpaduan antara warna merah dan putih. Pink di identikan dengan romantisme dan hal-hal yang bersifat feminim.

Nah, pink juga termasuk warna dengan banyak kombinasi, mulai dari dusty, magenta dan masih banyak lagi. Karena masing-masing memiliki gradasi dan kecerahan warna yang berbeda-beda.

Jadi sekarang yang saya akan share dibawah ini yaitu jenis warna pink yang sesuai dengan standar internasional. Sehingga masing-masing varian memiliki nama resmi beserta kode RGB, baik hex maupun desimal.

Sejarah Warna Pink Identik dengan Wanita

macam-macam warna pink

Selama ini yang melekat dipikiran kita yaitu jenis warna biru identik dengan laki-laki sementara jenis warna pink identik dengan perempuan. Nah, padahal kita belum tentu tahu alasan dibalik berlakunya tradisi tersebut. Betuk nggak sih Sobatku?

Waktu dahulu warna pink lebih sering digunakan laki-laki, sedangkan perempuan sering menggunakan warna biru.

Dikutip dari situs Jezebel.com waktu tggl 14 Juli 2016, bahwasanya pergeseran makna warna pink dan biru terjadi begitu saja dan secara bertahap. Nah, di tahun 1800-an selama berabad-abad tampak foto bayi laki-laki maupun bayi perempuan menggunakan gaun putih praktis.

Lalu di pertengahan abad ke-19 warna pastel mulai diperkenalkan kepada anak-anak, namun pada waktu itu warna pastel masih belum diidentikkan dengan jenis kelamin anak tertentu.

Nah, pada tahun 1927, berdasarkan informasi dari majalah Time yang menunjukkan data berupa grafik penggunaan warna yang sesuai dengan untuk anak perempuan dan anak laki-laki.

Karena data-data tersebut hasil survei beberapa toko pakaian anak terbesar di Amerika. Nah, toko-toko tersebut menyarankan warna pink buat anak laki-laki, sementara juga warna biru untuk anak perempuan.

Nah, alasan lainnya yaitu karena waktu awal abd ke-19 ada tiga warna yang mewakili kasta sosial. Terdiri dari warna emas mewakili kasta bangsawan, merah buat orang yang bebeas, sedangkan warna biru ini mewakili kasta budak. Karena kebanyakan budak yaitu wanita, maka jenis warna biru ini mewakili warna yang feminim.

Arti Warna Pink

macam macam warna pink

pexels.com

Warna pink ini atau yang sering disebut sebagai warna merah muda, memiliki arti sebagai warna yang dapat menunjukkan citra romantis, rasa perhatian, penuh kasih, dan memiliki rasa peduli yang sangat tinggi.

Nah, karena warna merah muda ini memiliki wawasan yang sangat luas dan intuitif serta dapat menunjukkan kelembutan dan kebaikan yang muncul dari sifat empatik dan sensitif yang waran pink punya.

Arti Warna Pink dalam Ilmu Psikologi

macam-macam warna pink daalam ilmu psikologi

pexels.com

Dalam kawasan ilmu psikologi warna merah muda (Pink) ini, dapat di artikan sebagai simbol harapan. Nah, yang mana warna pink ini menjadi warna positif yang dapat menginspirasi perasaan menjadi hangat dan nyaman. Warna pink ini juga bisa memberikan perasaan bahwa semua yang terjadi akan baik-baik saja.

Mengenal Warna Pink Serta Sifatnya

macam macam warna pink

popbela.com

Merah muda atau saat ini banyak yang menyebutkan warna pink yaitu warna yang dihasilkan dari pencampuran warna merah dengan warna putih.

Nah, dalam CMYK warna merah muda atau warna pink ini adalah warna yang diperoleh dari pigmen warna magenta yang dicampur dengan berbagai komposisi warna tertentu sehingga menghasilkan warna yang di inginkan, sehingga warna pink ini bukan termasuk dalam kategoti warna primer.

Warna pink ini banyak dikenal sebagai salah satu warna yang banyak disukai oleh kalangan wanita, sehingga membuat warna pink sebagai salah satu warna yang merepresentasikan prinsip feminim. Auranya yamg sangat kuat membuat warna ini mampu memberikan sebuah nuansa kelemah-lembutan dan romantisme.

Warna pink sebagai warna yang identik dengan wanita sebenarnya memang sudah sejak dulu menjadi suatu tradisi yang berlangsung hingga waktu ini. Karena hal tersebut diawali dengan munculnya sebuah gerakan pembebasan perempuan waktu pertengahan tahun 1960an.

Sifat Warna Pink

macam-macam warna pink

Nah, seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi, warna pink merupakan warna yang mengandung arti feminisme, penuh dengan kasih sayang, kelemah lembutan, keromantisan dan jatuh cinta.

Macam-Macam Warna

Ada beberapa macam-macam warna yang umum, baik warna sekunder, warna netral seperti hitam atau putih maupun warna primer.

  • Warna Sekunder adalah warna kedua hasil campuran dua warna primer, Misal warna sekunder yaitu ungu (campuran merah dan biru), oranye (campuran merah dan kuning) serta hijau (campuran biru dan kuning).
  • Warna Netral yaitu terdiri dari warna hitam dan putih.
  • Warna Primer adalah warna pokok yang harus dicampur dengan unsur warna lain. Misal warna primer yaitu merah, kuning dan biru.
  • Warna Tersier adalah campuran warna primer dengan salah satu warna sekunder. Misal warna tersier yaitu cokelat, pink dan lain-lain.

Macam-Macam Warna Pink

macam-macam variasi warna pink

vazame.com

Disini ada beberapa jenis warna pink yang sangat beragam, ada sekitar 24 macam warna pink diantaranya :

  1. Pink
  2. Pink Muda
  3. Pink Tua
  4. Pink Fuchisia
  5. Pink Rubi
  6. Pink Salem
  7. Pink Watermelom
  8. Pink Fandango
  9. Baby Pink
  10. Pink Bubble Gum
  11. Pink Creamy
  12. Pink French Rose
  13. Pink Punch
  14. Pink Ultra
  15. Pink Cerise
  16. Pink Lemonade
  17. Pink Taffy
  18. Pink Lavender
  19. Pink Amaranth
  20. Rose Pink
  21. Pink Thulian
  22. Pink Carnation
  23. Pink Flamingo
  24. Pink Magenta
  25. Pink Brick
Baca juga : Jenis-Jenis Warna

Trend Warna Pink Jaman Sekarang

pict by google

pict by google

Didalam dunia fashion, terdapat juga sebuah trend warna pink baru yang dikenal dengan warna pink millenial.  Warna pink trend ini yaitu kombinasi antara warna peach muda, salmon, dusty rise dan apricot.

Nah, saking populernya warna ini bahkan tidak hanya dapat kita temukan pada busana, namun juga dapat dita temukan pada peralatan rumah tangga dan aneka furnitur lainnya.

Penjelasan Warna Pink menurut Ilmu Fengshui

macam macam warna pink

pexels.com

Dalam ilmu fengshui warna pink merupakan getaran yang mengalir dan dapat menciptakan perasaan atau dampak psikologis kepada individu maupun yang berada di sekitarnya.

Nah, getaran yang dimaksudkan dalam ilmu fengshui ini yaitu getaran yang dapat menciptakan suatu perasaan atau mood kepada sang pecinta warna pink. Karena warna pink ini merupakan kombinasi dari warna merah yang berarti elemen api, dan putih yang berarti elemen air.

Yang mana warna merah itu selalu di identikan dengan warna yang penuh cinta, semangat, dan cinta. Nah, sementara warna putih sendiri melambangkan sebuah kemurnian, keterbukaan, dan kepolosan.

Sejak akhir abad ke-19 warna pink ini sudah dimaknai sebagai warna yang feminim menurut temuan sosiologi dari Italia.

Nah, energi feminim ini yang diciptakan oleh warna pink dipercaya dapat memberikan rasa relexs atau menenangkan, merendam amarah, macam-macam warna pink juga dapat meningkatkan rasa belas kasih dan kelembutan.

Anda juga dapat merasakan efek dari energi feminim tersebut dengan cara melihat warna pink, memakai pakaian pink, hingga menggunakan warna pink sebagai dekorasi tempat tidur.

Memiliki banyak ke unggulan, penggunaan warna pink secara berlebihan tidak dianjurkan. Karena secara psikologis menggunakan warna pink secara berlebihan akan menimbulkan rasa males, ketergantungan, juga rasa kurang mandiri.

Penutupan

Demikian semoga artikel saya ini bermanfaat bagi anda semua. Yang telah membaca artikel masqoqo.com, apabila ada kesalahan kata-kata tolong di maafkan.
Jangan lupa di share ke teman-teman. Supaya bertambah wawasannya dan jangan lupa juga di coment agar saya bisa intro peksi diri.
Cukup sekian dan Terima kasih telah berkunjung di web masqoqo.com jangan lupa suport ya agar terus maju berkembang.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply