1
284

Macam-Macam Warna Hijau

Halo teman-teman kali ini masqoqo.com akan membahas artikel tentang macam-macam warna hijau lengkap beserta nama dan contoh gambarnya.  Warna hijau juga dipadu padankan dengan warna lain akan menghasilkan lebih banyak banyak lagi contoh warna hijau yang indah.

Warna hijau ini termasuk kedalam warna sekunder. Karena warna hijau ini tercipta dari percampuran antara warna biru dan kuning.

Ett, tapi kalian tau nggak sih, kalau ternyata warna hijau ini banyak sekali jenis atau variasinya. Jika di kombinasi atau dicampur dengan warna netral, maka warna hijau ini bisa berubah menjadi warna yang baru.

Filosofi Warna Hijau

Warna Hijau ini merupakan warna alam. Hijau ini menjadi simbol dari harmoni, serta kesuburan. Warna hijau ini dalam segi psikologi juga di gambarkan sebagai keinginan yang kuat, ketabahan dalam menjalani ujian, kepribadian yang keras serta lambang kekuasaan.

Warna hijau ini adalah warna kehidupan, pembaruan, alam dan energi, dikaitkan dengan makna keharmonisan, kesegaran, pertumbuhan, keamanan, lingkungan dan kesuburan.

Warna hijau ini secara tradisiomal dikaitkan dengan uang, perbankan, ambisi, keuangan, kecemburuan dan keserakahan.

Nah, banyak juga dari pakar psikologi yang mengatakan jiwa warna hijau yaitu warna yang bisa membangkitkan kegembiraan, semangat dan juga gairah dalam kehidupan.

Selain itu juga warna hijau memberikan kesan yang menyegarkan, memberi ketenangan, serta bisa meredam stres pada seseorang.

Pengertian Warna Hijau

macam macam warna hijau

https://gopensil.com/

Warna hijau ini adalah salah satu warna sekunder yang dapat dihasilkan dari penggabungan antara warna kuning dengan warna biru. Selain itu juga warna hijau termasuk komplemen dari magenta.

Nah, warna hijau yaitu warna yang menyejukkan, warna ini selain banyak kita jumpai pada dedaunan, hijau ini juga memiliki manfaat yakni untuk mengurangi rasa stress. Nah, hijau ini sendiri dalam banyak bahasa daerah juga biasa disebut dengan warna “ijo”.

 Arti Dalam Psikologi Warna Hijau

Warna hijau ini adalah warna yang sering sekali dikaitkan dengan alam. Di dalam dunia psikologi warna hijau ini adalah warna yang sering sekali digunakan untuk membantu seseorang yang sedang dalam situasi tertekan, supaya juga mampu menyeimbangkan dan juga menenagnkan emosinya.

Nah, meskipun juga bisa sebagai penenang jiwa, warna hijau ini juga memiliki sifat negatif. Adapun juga sifat negatif dan positif yang dimiliki oleh warna hijau sebagaimana berikut contoh dibawah ini:

 Sifat Negatif yang Dimiliki Warna Hijau

Warna hijau juga ternyata memiliki sifat negatif, berikut yaitu ada beberapa sifat negatif:

  • Keserakahan
  • Ambisi
  • Superior
  • Stagnasi
  • Rasa Bosan, dan
  • Tersesat.

Sifat Positif yang Dimiliki Warna Hijau

Warna hijau juga mempunyai sifat positif, berikut yaitu ada beberapa sifat negatif:

  • Kekerasan Hati
  • Ketabahan
  • Keinginan
  • Kedamaian
  • Keamanan
  • Kesadaran
  • Jaminan
  • Pemulihan
  • Istirahat
  • Cinta Universal
  • Harmoni
  • Keuangan
  • Keberuntungan
  • Kesejukan
  • Kesegaran
  • Empati
  • Penyembuhan
  • Menurunkan Strees
  • Penyeimbang Emosi
  • Kemudahan
  • Rileksasi
  • Ketenangan, dan
  • Kehidupan.

Arti Warna Hijau Dalam Konsep Islam

Warna hijau ini banyak sekali yang memiliki keistimewaan dalam dunia Islam ini. Karena ke istimewaan warna hijau ini tercantum dalam Al-Qur’an yang menyebutkan bahwasanya kenikmatan, ketenangan jiwa dan kesenangan. Berikut ini juga ada beberapa ayat Al-Qur’an yang menyebutkan bahwa warna hijau ini diletakkan pada suatu tempat yang mulia dan dipandang indah oleh Allah.

Penduduk surga itu (bersenang-senang) di dalamnya dengan) berbaring di atas (bantal-bantal) dan cadar-cadar yang Hijau warnanya serta permaidani-permaidani yang sangat indah. (Surah Ar-Rahman: Ayat ke 76)
Mereka itu disediakan baginya surga yang kekal, yang mengalir di bawahnya beberapa sungai, mereka dihiaskan di dalamnya dengan gelang-gelang tangan emas dan memakai pakaian Hijau dari sutera yang tipis. Dan sutera yang yang tebal bersulam, mereka berehat di dalamnya dengan berbaring di atas pelaminan-pelaminan (yang berhias). Demikian juga itu balasan yang sangat baik dan demikian itulah surga tempat berehat yang sebaik-baiknya.
Mereka yang ahli surga mengenakan pakaian sutra halus yang Hijau dan sutra tebal. (Surah Al-Kahfi: Ayat 31)
Mereka di dalam Surga memakai pakaian Hijau yang diperbuat dari sutra halus dan sutra tebal (yang bertekat), serta mereka dihiasi dengan gelang-gelang yangn dari perak dan mereka diberi minum oleh Allah mereka dengan sejenis minuman (yang lain) yang bersih suci. (Surah Al-Insan: Ayat 21)

Warna hijau ini adalah warna yang sangat disukai oleh Rasullullah SAW juga. Selain itu juga, warna hijau ini menjadi warna identitas sebuah kubah masjid di Madinah yaitu Masjid Nabawi. Tidak hanya itu warna hijau juga menjadi sebuah simbol ke islaman di seluruh dunia ini.

Macam-Macam Warna Hijau

macam macam warna hijau

https://www.daftarinformasi.com/

Kombinasi warna hijau, sebagaimana contoh di atas ini ada 25+ contoh warna hijau dan namanya ditampilkan secara lengkap.

  1. Green Yellow 
  2. Chartreuse
  3. Lawn Green
  4. Lime
  5. Lime Green 
  6. Pale Green 
  7. Light Green 
  8. Medium Spring Green
  9. Spring Green
  10. Medium Sea Green 
  11. Sea Green 
  12. Forest Green 
  13. Green 
  14. Dark Green 
  15. Yellow Green 
  16. Olive Drab
  17. Olive
  18. Dark Olive Green
  19. Medium Aquamarine 
  20. Dark Sea Green 
  21. Light Sea Green 
  22. Dark Cyan
  23. Teal

Tea Green

Tea Green yaitu warna yang terinspirasi dari warna pada teh hijau yang sedang diseduh didalam air hangat. Warna tea green juga memiki kode warna yaitu #d0f0c0

Pine Green

Pine green adalah suatu jenis warna hijau yang dari inspirasi warna pohon pinus yang menggambarkan musim semi. Warna ini juga memiliki kode warna HTML yaitu #01796f.

Most Green

Most Green adalah jenis warna hijau yang didapatkan dari inspirasi warna yang ada pada warna hijau pada tumbuhan lumut itu. Warna hijau ini juga memiliki kode warna HTML yaitu #8a9a5b.

Mint Green

Warna Mint Green adalah jenis warna hijau yang sangat dikenal oleh kalangan masyarakat, warna ini juga identik dengan warna hijau pucatnya. Warna mint green juga memiliki kode warna HTML yaitu #98FB98.

Mantis

Warna hijau mantis ini adalah warna hijau yang inspirasi oleh hewan belalang doang, belalang jenis ini juga dikenal dengan sebutan cancorang oleh orang-orang Sulawesi. Warna hijau mantis ini memiliki kode warna HTML yaitu #74c365.

Forest Green

Warna hijau satu ini adalah jenis warna yang mencerminkan warna pada hutan yang didalamnya terdapat aneka pepohonan dan tanam-tanaman. Warna hijau Forest Green ini juga memiliki kode warna HTML yaitu #22B22.

Fern Green

Fern Green yaitu warna hijau yang terinspirasi dari tumbuhan pakis. Warna Fern Green ini juga memiliki kode warna html #568203.

Avocado

Warna avocado yaitu warna hijau yang dapat kita ketahui dari namanya bahwasanya penamaan warna ini yaitu berasal dari warna kulit buah alpukat, warna avocado sendiri juga memiliki kode warna #568203.

Asparagus

Warna asparagus merupakan warna hijau dengan kode warna yakni #87a96b. Warna ini juga asal-usulnya didapatkan dari tanaman rumput asparagus yang juga dikenal dengan sebutan sayuran musim semi.

Artchicoke

Warna artchicoke yaitu warna hijau yang memiliki kode warna yakni #8f9779, warna hijau artchicoke ini yaitu warna yang terispirasi dari bunga sayuran artchicoke.

Penutupan

Demikian semoga artikel saya tentang macam-macam warna hijau ini bermanfaat bagi anda semua. Yang telah
membaca artikel masqoqo.com, apabila ada kesalahan kata-kata tolong di maafkan.
Jangan lupa di share ke teman-teman. Supaya bertambah wawasannya dan jangan lupa juga di coment agar saya bisa intro peksi diri.
Cukup sekian dan Terima kasih telah berkunjung di web masqoqo.com jangan lupa suport ya agar terus maju berkembang.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply