Mas Qo'qo' Tersenyumlah Ketika Anda Direndahkan

Macam-Macam Tanaman Obat

4 min read

Macam-Macam Tanaman Obat

Halo sahabat masqoqo.com, kali ini saya akan sedikit mengulas ilmu tentang macam-macam tanaman obat. Simak sampai akhir ya guys artikel saya tentang macam-macam tanaman obat, biar anda menambah wawasan juga hehe. macam macam tanaman obat macam macam tanaman obat

Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah akrab dengan aneka tanaman yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit. Sampai saat ini juga tidak sedikit orang yang lebih suka mengonsumsi tanaman obat tersebut dibandingkan dengan obat modern.

Nah, hal ini juga dikarenakan obat modern juga mengandung bahan kimia yang lama-kelamaan bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh kita.

Macam-Macam Tanaman Obat dan Manfaatnya

Mari kita simak 15 macam-macam tanaman obat dan manfaatnya, segaimana berikut contoh dibawah ini :

1. Lidah Buaya

lidah buaya

Tanaman lidah buaya ini yaitu salah satu tanaman obat yang populer dan disukai oleh banyak orang, terutama oleh para kaum hawa. Lidah buaya juga terkenal bermanfaat untuk kecantikan wajah, rambut, dan kulit, seperti melembapkan kulit, menghilangkan jerawat dan bekasnya, menutrisi dan menghitamkan rambut, hingga mengurangi bekas luka bakar.

Daging tanaman obat lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti meredakan batuk, menurunkan kadar gula darah, mengatasi masalah pencernaan, mengobati radang tenggorokan, sembelit, dan diabetes. Pada saat cuaca panas terik, daging tanaman ini pun bisa dimasak menggunakan air gula, lalu tambahkan es batu sebagai

2. Temu Mangga

Temu Mangga

Rempah-rempah yang satu ini merupakan rempah asli Indonesia ya sayangnya kurang dikenal banyak orang. Taoui manfaatnya juga tidak kalah dari rempah lainnya, temu mangga mengandung antiseptik alami, bersifat laksatif yaitu kandungan yang sering ditemukan pada obat pencahar. Rempah ini juga bermafaat buat meningkatkan daya tahan tubuh, antioksidan tinggi, mengandung kandungan anti kanker, mengandung antiinflamasi, dan juga meremajakan kulit.

3. Sambiloto

sambiloto

Tanaman ini banyak ditemui di Indonesia rasanya pahit, namun manfaatnya juga tidak kalah banyak. Nah,manfaat tanaman obat yang sering dijuluki “King of Bitter” ini yaitu buat menurunkan demam, anti-parasit dan bakteri, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, mencegah diabetes, mengatasi flu, meningkatkan fungsi hati, mencegah penyakit jantung, membantu menyembuhkan infeksi sinusitis, baik untuk pencernaan, serta mengatasi anemia.

4. Daun Saga

Daun Saga

Daun saga mengandung Protein, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B6, Vitamin C, Saponin, Flavonoid, Tannin, Alkaloid, Kalsium oksalat, Glisirizin, Flisirizinat, Polygalacturomic acid, dan Pentosan.

Nah, tanaman ini dapat bermanfaat untuk berbagai penyakit seperti membantu mengatasi demam, batuk, sakit tenggorokan, sakit perut, flu, asma, sakit mata, malaria, gigitan serangga dan ular, hingga membantu merawat rambut.

5. Kumis Kucing

Kumis Kucing

Tanaman herbal yang ini sangat dikenal memiliki zat anti radang ini memiliki banyak khasiat sehingga banyak digunakan untuk menyembuhkan dan meredakan berbagai penyakit. Contohnya yaitu melancarkan saluran kemih, mengobati rematik, asam urat, batuk, diabetes, hipertensi, gusi bengkak, serta meringankan luka di kulit.

Nah, bagian yang dimanfaatkan dari kumis kucing untuk menyembuhkan masuk angin dan sakit pinggang adalah daunnya. Cara mengolah daun kumis kucing ini cukup mudah, kamu tinggal merebus beberapa helai daun pada air secukupnya, lalu diminum. Selain itu juga bermanfaat, bunganya yang cantik juga cocok untuk ditanam di pekarangan rumah.

6. Kunyit

Kunyit

Kunyit umum dimanfaatkan sebagai penyedap makanan, jamu, serta ramuan untuk kecantikan. Rahasia khasiat kunyit banyak dicari oleh orang adalah zat kurkumin yang banyak terkandung di dalamnya. Zat kurkumin sendiri dapat memberikan beragam manfaat hebat untuk tubuh.

Dengan mengonsumsi kunyit, tubuh akan mendapatkan asupan antioksidan dan antiradang. Selain itu, kunyit juga dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat, mengatur kadar kolesterol dan gula darah, menekan risiko terserang penyakit jantung, dan juga mengurangi risiko munculnya sel kanker.

Namun, sama halnya dengan jahe, kunyit yang dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Efek samping kunyit meliputi meningkatkan asam dan menimbulkan masalah pendarahan. Oleh karena itu, tetap atur jumlah kunyit yang dikonsumsi setiap harinya agar tidak menyebabkan masalah kesehatan tersebut.

7. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga dikenal akan sifat anti radang dan disinfektan, dengan mengonsumsi air jeruk nipis rutin bisa mengurangi dan menghilangkan batuk yang disebabkan oleh virus maupun polusi.

Selain itu, terdapat kandungan vitamin C yang bisa memperkuat daya tahan tubuh sehingga bisa mencegah berbagai penyakit, seperti radang tenggorokan, flu, serta pilek.

8. Daun Tempuyung

Tanaman yang sering ditemui di sekitar kita ini ternyata memiliki banyak manfaat, daun tempuyung mengandung banyak sumber alami yang baik.

Nah, untuk tubuh seperti asam amino, polifenol, protein, alfa dan beta-amyrin, lipid, hidrokarbon polimer, lupeol, pseudotaraxasterol, dan taraxasterol. Tanaman herbal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar asam urat, mengatasi batu ginjal, mencegah hipertensi, menyembuhkan peradangan, dan mengobati luka bakar.

Baca Juga :

Cara Menanam Cabe

Cara Menanam Timun

9. Lengkuas

Lengkuas

Lengkuas dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia, karena tanaman ini utamanya digunakan sebagai bumbu dapur sebagai tambahan rasa pada masakan berjenis daging.

Menggunakan lengkuas buat kesehatan bisa mengobati gangguan pencernaan, mual, sakit perut, hingga kolik. Bahkan juga bila dikonsumsi secara teratur lengkuas bisa menjadi perangsang nafsu makan.

10. Keji Beling

Keji Beling

Daun ini merupakan tanaman obat yang bisa tumbuh di negara tropis seperti Indonesia. Tanaman ini memiliki permukaan halus dan sedikit berbulu ini terkenal mampu membantu mengobati berbagai penyakit. Contohnya seperti penyakit diabetes, kanker, tumor, batu ginjal, wasir, ambeien, menangkal radikal bebas, dan juga bisa meringankan depresi.

11. Daun Encok

Daun Encok

Tanaman ini digunakan untuk mengobati penyakit rematik, nyeri sendi, nyeri pinggang, dan juga beberapa penyakit lainnya seperti sakit kepala, penyakit kulit, pelancar buang air kecil, sampai kanker darah.

Nah, hal ini juga dikarenakan di dalamnya terdapat kandungan kimia yang baik untuk tubuh. Tetapi, kamu harus tetap berhati-hati ketika menggunakannya karena daun ini bersifat beracun kamu jangan menempelkan daun encok terlalu lama agar kulit tidak melepuh.

12. Daun Sage

Daun Sage

Daun sage ini ternyata biasa digunakan sebagai bumbu dan rempah bahkan banyak digunakan sebagai salah satu komponen pengharum pada sabun dan kosmetik, daun ini juga mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh.

Manfaatnya juga dapat menurunkan gula darah dan kolesterol, pengobatan alzheimer, mengendalikan peradangan, mengurangi gejala manapouse, menyehatkan mulut, mencegah diare, menyehatkan tulang, dan menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

13. Pasak Bumi

Pasak Bumi

Tanaman obat yang satu ini sudah lama dipercaya bermanfaat bagi vitalitas pria. Tapi ternyata manfaat pasak bumi lebih dari itu, karena tanaman ini juga dapat membantu mengatasi penyakit lainnya. Mulai dari mengatasi masalah kesuburan, menurunkan stress, membantu membentuk dan membesarkan otot, meningkatkan testosteron, hingga meningkatkan energi.

14. Temulawak

Temulawak

Selaras dengan kencur, temulawak merupakan tanaman herbal yang dijadikan jamu memiliki rasa enak. Waktu mengonsumsi temulawak, manfaat kesehatan yang bisa didapatkan oleh tubuh adalah mengatasi masalah pencernaan, seperti perut kembung, irritable bowel syndrome (IBS), serta penyakit lambung. Temulawak juga bisa dijadikan sebagai asupan untuk meningkatkan nafsu makan.

Nah, temulawak tidak boleh dikonsumsi dengan jumlah terlalu banyak karena dapat menyebabkan efek samping. Efek samping yang disebabkan karena mengonsumsi temulawak secara berlebihan meliputi lambung teriritasi dan muntah.

15. Pegagan

Pegagan

Mungkin banyak kaum hawa yang sudah tidak asing dengan nama latinnya yaitu Centella asiatica yang biasa digunakan dalam kandungan skincare. Manfaat daun pegagan buat wajah itu untuk mengatasi jerawat dan penuaan dini.

Selain itu ternyata daun ini memiliki segudang manfaat lainnya, seperti meningkatkan fungsi otak dan daya ingat, mengatasi depresi, memperbaiki sirkulasi darah, menyamarkan stretchmark, menyembuhkan luka, sampai mengobati penyakit alzheimer.

Penutupan

Semoga artikel saya tentang macam-macam tanaman obat ini bermanfaat bagi anda semua yang telah membaca artikel masqoqo.com, apabila ada kesalahan kata-kata tolong di maafkan.
Jangan lupa di share ke teman-teman. Supaya bertambah wawasannya dan jangan lupa juga di coment agar saya bisa intro peksi diri.
Cukup sekian dan Terima kasih telah berkunjung di web masqoqo.com jangan lupa support ya agar terus maju berkembang
Mas Qo'qo' Tersenyumlah Ketika Anda Direndahkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!