Mas Qo'qo' Tersenyumlah Ketika Anda Direndahkan

Macam Daun Obat Herbal

6 min read

https://masqoqo.com/macam-macam-daun-obat-herbal/%20%E2%80%8E

Macam Daun Obat Herbal- Halo sahabat masqoqo.com, disini kami akan berbagi ilmu tentang macam daun obat herbal lho. Bersyukurlah karena kita terlahir di Indonesia yang merupakan negara dengan iklim tropis yang memiliki beragam tumbuhan.

Termasuk juga tanaman rempah-rempah yang menjadi ciri khas negara agraris ini, Indonesia juga ditumbuhi dengan berbagai jenis tumbuhan obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Nah, tumbuhan yang sebenarnya sangat bermanfaat untuk manusia baik dari sisi kesehatan maupun sisi yang lain-lainnya. Namun terkadang kita sering tidak menyadari bahwa bagian-bagian tumbuhan tersebut sangat bermanfaat.

Bagian dari tumbuhan obat kebanyakan paling bermanfaat adalah bagian daunnya, sebut saja seperti daun sirih yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Selain daun sirih ada banyak lagi daun-daun yang sangat berkhasiat dan bermanfaat bagi manusia, kira-kira daun apa sajaya? Untuk itu berikut berbagai macam daun obat herbal yang sangat berkhasiat bagi manusia.

Macam Daun Obat Herbal

Simak dibawah ini ya guys, agar Anda mengetahui macam daun obat herbal yang sangat bermanfaat bagi kita, ada beberapa macam daun obat herbal. Check it Out!

Daun Landep

Macam Daun Obat Herbal Daun Landep
merdeka.com

Tanaman landep (Barleria prionitis), mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia, tanaman ini berasal dari Afrika Selatan dan Asia tropik.

Tanaman ini juga mempunyai banyak khasiat sebagai tumbuhan obat keluarga karena menyimpan ragam kandungan seperti saponin, garam kalium, flavonoid, tanin, dan silikat. Bagian akarnya juga mengandung flavonoid, saponin, dan polifenol.

Nah, daun landep mampu mengatasi rasa sakit ketika kencing atau sebagai peluruh kencing karena mempunyai sifat diuretik dari kandungan-kandungan kimiawi yang secara alami berada di dalamnya.

Selain itu juga daun landep juga berkhasiat untuk menurunkan demam, mengobati rematik, sakit perut, cacingan, perut busung, kurap, encok, dan mencegah gigi rusak.

Daun Saga Rambat

Saga rambat atau dikenal pula dengan nama saga manis (Abrus precatorius) dijadikan tanaman obat karena kaya akan manfaat, daunnya berbentuk bulat mirip daun kelor dan memiliki rasa manis.

Nah, bagian biji daun saga merupakan bagian yang benar-benar tidak boleh dikonsumsi karena mengandung zat beracun yang apabila tertelan sangat berisiko terhadap kematian.

Daun saga juga banyak tumbuh liar di hutan, pertumbuhannya optimal pada daerah dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter dari permukaan laut.

Daun Sirih

Siapa sih yang nggak tahu daun sirih? Semua orang pasti mengenalnya, daun sirih merupakan daun tunggal berbentuk jantung, ujung daun runcing tumbuh berseling pada batang, daun memiliki tangkai dan mengeluarkan aroma khas jika daun diremas.

Orang-orang yang tinggal di pelosok desa, sebut saja suku Bayan yang ada di daerah Nusa Tenggara Barat, mempunyai kebiasaan mengunyah daun sirih bersama kapur dan pinang.

Nah, kegiatan tersebut ternyata bukan sebatas tradisi atau budaya, tetapi berdasarkan penelitian ternyata mengunyah sirih ada hubungannya dengan penyakit kanker mulut serta pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat maliginan.

Daun Adas

Selain dijadikan sebagai rempah-rempah, daun adas ini digunakan sebagai tanaman obat. Daun adas mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh diantaranya Vitamin C, Vitamin B6, Vitamin E, Anisaldehida dan masih banyak lagi yang lainnya.

Daun Jambu Bij

Manfaat daun jambu biji bagi kesehatan ini sangat melimpah karena pada daun jambu biji terdapat kandungan yang bisa menyembuhkan penyakit layaknya anti bakteri, anti oksidan, hingga anti peradangan.

Nah, daun jambu biji terkenal mampu mengatasi diare, mencegah diabetes, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Daun jambu biji memiliki zat anti kanker dan anti tumor layaknya likopen atau quercetin yang melengkapi vitamin C untuk melawan berbagai antioksidan dan radikal bebas.

Ada beberapa jenis penyakit kanker layaknya kanker lambung, kanker prostat, kanker payudara, atau kanker mulut bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji.

Daun Kelor

Selama ini banyak orang Indonesia percaya kalau daun kelor mampu menangkal hal-hal berbau mistis dan juga mampu melunturkan susuk.

Selain itu juga masyarakat Indonesia juga sering menggunakan daun kelor sebagai sayuran yang nikmat. Tapi selain itu, daun kelor ternyata juga bisa dijadikan sebagai tanaman obat.

Daun kelor yang termasuk dalam macam-macam tanaman obat keluarga ini dianjurkan oleh WHO, organisasi kesehatan dunia untuk dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak pada usia pertumbuhan dikarenakan mengandung banyak sekali vitamin dan mineral.

Daun Katuk

Katuk adalah sejenis sayuran daun yang memiliki nama latin Sauropus adrogynus dan termasuk famili Euphorbiaceae.

Salah satu manfaat daun katuk yang cukup populer adalah kemampuannya untuk memperlancar dan memproduksi ASI.

Zat dan senyawa yang terkandung di dalamnya mencakup protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin (A, B, C), pirolidinon, dan metil piroglutamat serta p-dodesilfenol sebagai komponen minor. Selain itu, terkandung pula energi, hidrat arang, serat, abu, kalsium, karoten, dan air.

Selain memperlancar ASI, daun katuk juga memiliki beberapa manfaat lainnya seperti mengatasi anemia, daun kantuk juga dipercaya dapat meningkatkan efisiensi absorsi saluran pencernaan, mencegah kelelahan, dan menghambat terjadinya penyakit kronis pembuluh darah.

Manfaat daun katuk lainnya adalah kemampuannya menyembuhkan bisul, menghilangkan darah kotor, serta menyembuhkan demam dan influenza.

Khasiat daun katuk itu diperoleh dari kandungan zat antioksidan yang paling tinggi di antara beberapa sayuran.

Nah daun katuk mengandung banyak vitamin C (lebih tinggi dari jeruk maupun jambu biji) yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, termasuk untuk meningkatkan ketahanan tubuh, membentuk kolagen, mengangkut lemak, mengatur tingkat kolesterol, menyembuhkan luka, serta meningkatkan fungsi otak agar bekerja maksimal.

Daun Seledri

Seperti yang kita tahu, seledri memang salah satu bahan makanan yang membuat rasa makanan semakit sedap.

Tapi ternyata seledri juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, seledri mengandung berbagai macam vitamin, antara lain vitamin A, Vitamin C, Vitamin B, mineral, kalium, dan juga zat besi.

Seledri dipercaya berkhasiat sebagai penambah nafsu makan, selain itu tanaman ini berkhasiat sebagai obat dari penyakit darah tinggi, mencegah penyakit kanker, dan dijadikan sebagai obat penenang syaraf atau menghilangkan stress.

Selain itu juga seledri juga bisa dijadikan sebagai perawatan wajah, karena mampu mencegah kerutan pada wajah. Caranya cukup mudah, kamu cukup menghaluskan seledri dengan sedikit air, kemudian membalurkan pada wajah.

Daun Miana Merah

Daun Miana, mungkin sebagian dari Kamu belum terlalu familiar mendengarnya. Tanaman yang memiliki nama latin Coleus scutellarioides ini memang lebih sering disebut sebagai daun iler di Indonesia. Banyak masyarakat yang memanfaatkannya sebagai tanaman hias karena bentuk dan warnanya yang cantik.

Selain itujuga, daun miana juga mempunyai karakteristik sebagai tanaman obat-obatan atau tanaman herbal.

Gangguan kesehatan seperti wasir atau ambeien bisa diobati oleh daun miana merah dengan cara meminum air rebusan dari daun miana merah.

Selain wasir, daun miana juga berkhasiat untuk membantu memecahkan dan mengeringkan bisul dengan cara megnompresnya beberapa menit hingga bisul sembuh dan kering.

Terakhir, daun miana juga mampu menolong penderita diabetes dengan meminumnya secara rutin hingga kadar gula darah turun.

Daun Pepaya

Buah pepaya memang terkenal memiliki banyak manfaat untuk pencernaan, masalah sulit BAB akan cepat teratasi ketikan mengkonsumsi buat satu ini.

Tapi bukan hanya buahnya saja ternyata yang bermanfaat, daun pepaya pun disebut-sebut merupakan tanaman herbal yang dapat dijadikan obat.

Nah, daun pepaya bisa digunakan untuk mencegah kanker karena sarat akan getah putih seperti susu, Selain mengandung senyawa antikanker.

Daun pepaya juga menyimpan senyawa karpain yang baik untuk menghambat kinerja beberapa jenis mikroorganisme yang mengganggu fungsi pencernaan.

Daun Binahong

Binahong (Bassela rubra linn) adalah tanaman herbal yang bisa tumbuh disegala tempat, baik dataran rendah maupun dataran tinggi.

Tumbuhan binahong ini juga biasa dikenal sebagai gondola di Indonesia, ciri khas dari tumbuhan ini adalah bentuk daunnya yang melengkung dengan bentuk bagian daun yang dekat dengan batang melengkung menyerupai hati.

Bagian dari tumbuhan binahong yang bermanfaat bagi manusia adalah daunnya karena daun binahong dikenal memiliki kandungan anti-mikroba maupun senyawa alkaloid yang tentunya dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Daun Afrika

Daun Afrika atau Vernonia amygdalina merupakan tanaman herbal yang populer digunakan sebagai pengobatan tradisional di bagian barat Afrika, terutama di Nigeria.

Namun kini daun Afrika sudah banyak bisa ditemukan di Indonesia. Daun Afrika termasuk sumber protein, serat (jenis tidak larut air), dan lemak sehat yang cukup tinggi.

Selain itu, daun Afrika diperkaya oleh sejumlah mineral penting lainnya seperti zink, kalsium, magnesium, kalium, zat besi, dan natrium. Daun ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B kompleks yang dapat membantu mencukupi kebutuhan harian tubuh.

Daun Kemangi

Daun kemangi adalah daun paling favorit di Indonesia karena rasanya yang lezat sebagai lalapan. Identik dengan lalapan membuat banyak orang tidak mengetahui kalau kemangi juga ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.

Di China, tanaman ini digunakan sebagai obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, sengatan serangga, obat deman hingga sebagai obat kanker.

Banyak negara lainnya yang juga memanfaatkan daun kemangi sebagai obat tradisional, seperti Yunani, Filipina, Tanzania, Meksiko, dan negara-negara Amerika dan Eropa.

Daun Pegagan

Daun yang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah daun pegagan. Daun ini memiliki istilah lain yakni Centella asiatica alias gotu kola.

Daun pegagan adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di negara Tiongkok, Indonesia, Jepang, dan India. Sejak ribuan tahun lalu, pegagan disebut sebagai ramuan abadi yang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Daun Murbei

Selama ini Anda hanya terfokus pada kelezatan buah murbei sehingga kita melupakan kalau daun dari Murbei ternyata memiliki segudang manfaat.

Nah, daun murbei mengandung phytoestrogen, mioinositol, acetone, trigonelline, copper, zinc, lupeol, cholin, adenin, eugenol, lanaloobenzyl alkohol, asam formyltetrahydrofolik, asam klorogenik ecdysterone, alfa, rutin, moracetin, isoquersetin, butylamine, asam amino, asam folat, betasitosterol, betahexenal, cis beta hexenol, scopolin, cis lamdahexenol, benzaidehide, asam fumarat, karoten, vitamin C, vitamin A, dan juga vitamin B1.

Daun Salam

Ada yang suka masak pastinya udah nggak asing lagi dengan daun yang berguna untuk penyedap makanan satu ini.

Daun salam dalam bentuk kering maupun segar, bisa menjadi penyedap alami masakan sehingga menjadi semakin nikmat.

Tetapi selain berguna sebagai penyedap makanan, daun salam juga memiliki segudang khasiat untuk kesehatan lho.

Daun Sirsak

Siapa siih yang nggak tahu buah sirsak? Semua orang pasti tahu buah satu ini sering digunakan sebagai olahan minuman yang menyegarkan membuat sirsak cukup populer dikalangan masyarakat. P

Nah, perlu Anda ketahui ternyata bukan buah sirsaknya saja lho yang bisa dinikmati, namun daunnya juga bisa dinikmati sebagai obat herbal yang menyehatkan.

Demikian semoga artikel saya tentang macam daun obat herbal ini bermanfaat bagi anda semua yang telah membaca artikel masqoqo.com, apabila ada kesalahan kata-kata tolong di maafkan.
Jangan lupa di share ke teman-teman. Supaya bertambah wawasannya dan jangan lupa juga di coment agar saya bisa intro peksi diri.
Cukup sekian dan Terima kasih telah berkunjung di web masqoqo.com jangan lupa support ya agar terus maju berkembang.
Mas Qo'qo' Tersenyumlah Ketika Anda Direndahkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!