2
372

Kumpulan Kata Bijak Mendidik Anak Terbaru 2019 Wajib Ketahui

Assalamu’alaikum Sobatku semua yang dari Sabang sampai Marauke. Pada kesempatan kali masqoqo.com akan berbagi sedikit artikel tentang beberapa kata bijak mendidik anak.

Nah, memilih buah hati memang menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami dan istri. Kehadiran sang buah hati pastinya membuat kebahagiaan rumah tangga menjadi lengkap dan sempurna.

Tetapi dibalik kebahagiaan itu selalu ada tanggung jawab yang besar untuk mengasuh dan mendidik anak supaya suatu saat nanti menjadi orang yang berguna bagi manusia yang ada disekitarnya dan memiliki akhlak yang baik atau mulia.

Oke Sobatku semua, langsung mulai saja ya pasti penasaran tentang artikel kata bijak mendidik anak? Tapi sebelumnya tolong disimak baik-baik.

seorang anak kecil dan kedua orang tuanya

id.theasianparent.com

1. Anak Peniru Ulang

Kata James baldwin semua anak itu tidak pernah baik ketika mendengarkan nasihat orang yang lebih tua darinya. Namun anak-anak tidak akan pernah gagal dalam meniru orang yang lebih tua.

Anak itu jarang sekali mau mendengarkan nasihat orang tuanya, tapi kamu harus tau bahwa anak itu bisa jadi peniru ulang. Karena dia tak mampu memahami dan mendengarkan dengan baik. Namun ketika dia lihat apa yang sedang orang tua lakukan otomatis dia langsung praktekkan.

Nah, jadi begini khususnya yang sudah mempunyai anak. Kita sebagai orang tua harus sepasntasnya  menjaga tingkah laku dengan baik karena perbuatan sehingga anak akan menirukan hal-hal yang yang baik.

Jangan pernah sekali-kali melakukan hal-hal yang buruk di depan anak anda, karena tanpa kamu sadari sesosok anak ini akan menirukan apa yang anda sudah perlakukan. ya, semua itu ada pilihan di tangan anda.

Siapa sih James baldwin? dia adalah penyair, novelis, dramawan, eseis dan lain sebagainya.

2. Sabarlah Ketika Mendidik

Bersabarlah ketika kalian mendidik anak-anak, karena anak itu adalah sebuah ibadah.

Nah, ketika mendidik anak itu memang bukan suatu hal yang sangat mudah. Karena orang tua harus menghadapi sifat anaknya yang susah di atur. Memang siih, sewajarnya kita harus mengerti hal tersebut. Terutama anak kecil yang belum bisa memahami suatu banyak hal.

3. Ancaman Kepada Orang Tua

Orang yang tidak menyayangi anak-anak dan tidak sama sekali menghormati orang yang lebih tua darinya, maka bukan termasuk golongan kami.

Kata ini menjelaskan bahwa ancaman pada orang tua itu yang semena-mena pada anaknya. Karena kata ini adalah potongan hadist nabi, karena kata ini penting mengenai orang tua dalam mendidik seorang anak biar jadi baik.

4. Muliakanlah Seorang Anak

Didiklah anak dengan sebaik mungkin dan muliakanlah anak-anakmu.

Nah, sebagaimana yang harus kita ketahui, anak itu adalah titipan dari Tuhan. Maka dari itu kewajiban orang tua harus mendidik anaknya dengan cara yang baik.

Karena kata yang di atas ini mengenai potongan hadis yang berjudul perintah mendidik anak dengan cara yang baik, dan itu garus dilakukan orang tua yang mendapatkan titipan dari Tuhan.

5. Ajarilah Membaca Surat Al Fatihah

Ajarilah anak-anakmu membaca surat al-fatihah sebelum orang lain mengajarkan tentang banyak hal. Karena itu akan menjadi bagian dari shalat di sepanjang hidupnya.

Tugas orang tua yang paling penting itu mengajari anak mengaji, salah satunya mengajari anak membaca surat al fatihah. Karena surat al-fatihah ini adalah surat yang paling penting, soalnya surat al fatihah selalu dibaca dalam bacaan sholat.

Nah, maka dari itu dengan mengajari bacaan surat al-fatihah sejdak dini, karena orang tua harus seolah-olah melakukan investasi masa depan untuknya. Sebagai orang tua juga harus bisa mempertimbangkan salah satu hal ini.

6. Orang Tua Bertanggung Jawab

Jadilah orang tua yang bertanggung jawab dan jangan lupa memanjatkan doa untuk anak-anakmu.

Jadi orang tua memang ada tantangan berat. tapi dalam hal ini menjadi orang tua juga harus bertanggung jawab karena ini adalah suatu keharusan.

Nah, masa depan anak itu mulai dibangun dari bagaimana orang tua mengajari suatu banyak hal kepada sang anak tersebut. Karena mengajarkan anak melalui contoh dan jangan lupa setiap saat senantiasa mendoakannya.

7. Bahagia Menidurkan Anak

Kata Ralph Waldo Emerson Tidak ada yang lebih indah ketika anak tertidur nyenyak, kecuali sang Bunda yang bahagia karena telah menidurkannya.

Suatu hal yang paling membahagiakan bagi setiap bunda apabila ia bisa membuat anaknya sampai tertidur sampai nyenyak. Terkadang juga anak rewel dan susah untuk ditidurkan, padahaltidur merupakan aktivitas yang penting sebab bisa membuat perkembangan dan pertumbuhannya optimal.

Nah, selain itu juga pada waktu tidurnya anak akan beristirahay hingga ketika bangun akan merasa lebih segar sehingga tidak sering menangis atau rewel.

8. Anak Butuh Kasih Sayang

Kata Widodo Judarwanto anak terlahir ke dunia dengan kebutuhan untuk disayangi tanpa kekerasan, bawaan hidup ini jangan sekali-kali kamu dustakan.

Nah, jadi gini dalam mengasuh dan mendidik anak, jangan sampai lupa untuk memberikan dia kasih sayang dengan setulus hati.

Karena anak-anak yang nakal itu wajar, sebaiknya kita sebagai orang tua harus lebih bersikap bijaksana dan sabar ketika menghadapi kenakalan sang anak tersebut.

Nah, karena itu banyak kasus orang tua melakukan tindak kekerasan terhadap anaknya sendiri. Karena hal ini harus dihindari, mulai dari itu jangan sampai sebagai orang tua melakukan tindakan yang salah dengan melakukan hal kekerasan tersebut.

Kemudian selain itu melukai fisiknya, karena kekerasan yang dilakukan terhadap anak bisa mengganggu psikologisnya hingga sampai perkembangan sang anak tersebut akan terganggu.

9. Bunda Tempat Belajar Anak

Kata Henry Ward Beecher bahwa hati seorang bunda adalah ruang kelas tempat anaknya belajar.

Nah, jadi gini tempat belajarnya anak yang paling baik itu ialah di lingkungan keluarga, terutama seorang ibu. Karena dia sudah memberikan banyak pelajaran yang berharga bagi anak-anaknya.

Maka dari itu, baik buruk seorang anak itu tergantung pada kedua orang tuanya yang bertanggung jawab dalam mengasuh dan mendidiknya. Ya walaupun anak dididik di sekolah, namun ini merupakan tempat tambahan untuk menimba ilmu yang bermanfaat untuk masa depannya.

Karena pelajaran mengenai sopan santun dan akhlaq serta cara untuk menyikapi kehidupan, seorang bunda lah yang akan lebih berperan dalam memberikan semua itu.

Baca Juga : Kata-kata bijak laki-laki

10. Berikan Anak yang Terbaik

Kata Garrison Keillor tidak ada yang sia-sia jika kita semua melakukan sesuatu hal untuk anak-anak. Karena mereka sepertinya tidak memperhatikan kita, mengalihkan pandangan  dan jarang berterima kasih, tapi apa yang kita lakukan untuk mereka tidak akan pernah sia-sia.

Karna kasih sorang tua tak akan pernah mengharap balasan dan pernyataan ini sangat benar. Nah, setiap orang tua selalu ingin sekali memberika kepada anaknya yang terbaik buat dia.

Walaupun terkadang anak seolah-olah tidak menunjukkan rasa terima kasihnya terhadap apa yang sudah dilakukan oleh orang tuanya, namun percayalah bahwa wemua itu tak akan pernah sia-sia.

Nah, melihat anak bisa bahagia dengan kehidupannya sudah membuat orang tua pasti juga ikut merasakan bahagia. Karena tujuan orang itu ingin melihat anaknya bahagia.

Nah, Karna oleh itu tidak jarang apabila juga anak merasakan kesedihan. Orang tua pun juga akan merasa jauh lebih sedih dari apa yang dirasakan oleh anaknya sendiri.

Begitu juga sebaliknya, ketika anak sedang merasakan behagia, orang tua pun juga ikut merasakan bahagia melihatnya. Karena anak itu titipan oleh Tuhan sehingga dijaga, dididik dan diasuh dengan sebaik-baiknya.

Maka dari itu anak sholeh dan sholehah merupakan salah satu amal jariyah yang pahalanya tak akan habis ketika kamu(Orang Tua) sudah meninggal.

Semoga artikel tentang kata bijak mendidik anak saya ini bermanfaat bagi anda semua yang telah membacanya, apabila ada kesalahan kata-kata mohon dimaafkan sebesar-besarnya dan jangan lupa share and coment karena itu tidak rugi.

Cukup sekian dan Terimasih sobatku semua yang selalu berkunjung di website saya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply