Mas Qo'qo' Tersenyumlah Ketika Anda Direndahkan

Jenis Obat Herbal

2 min read

Jenis Obat Herbal

Jenis Obat Herbal- Hai teman-teman semua yang telah berkunjung di website masqoqo.com, kali ini saya ingin mengulas ilmu tentang jenis obat herbal. Jenis obat herbal ini di Indonesia ini ada banyak sekali lho, setiap obat herbal pasti juga mempunyai manfaatnya masing-masing.

Indonesia dikenal dengan budaya yang beraneka ragam karena terdiri dari berbagai pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Keanekaragaman tersebut juga menghasilkan berbagai macam obat tradisional yang kerap ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Sejak zaman dahulu, obat tradisional selalu dinilai paling mujarab dalam mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari mual, batuk-batuk hingga pusing akibat sakit kepala. Sebenarnya banyak sekali obat-obat tradisional yang ada di Indonesia.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Obat Tradisional (OT) adalah bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bagian hewan, mineral, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Obat tradisional juga sering disebut Obat Bahan Alam (OBA)

BPOM juga mengklasifikasikan obat tradisional tersebut ke tiga jenis obat berdasarkan kegunaan, cara pembuatan dan juga cara pembuktian obat tersebut.

Berikut adalah pembagiannya:

Jamu

Jamu adalah obat tradisional asli Indonesia. Terbuat dari berbagai bahan-bahan alami seperti (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah. Ada juga menggunakan bahan dari tubuh hewan.

Menurut BPOM, jamu tidak memerlukan pembuktian ilmiah sampai uji klinis di laboratorium. Sebuah ramuan tradisional bisa dikatakan jamu apabila keamanan dan khasiatnya telah terbukti berdasarkan pengalaman langsung pada manusia selama ratusan tahun.

Biasanya jamu ini sering ditemukan di Indonesia lewat toko jamu atau digendong oleh seorang perempuan yang menyajikan berbagai jamu yang memiliki berbagai khasiat bagi tubuh.

Obat Herbal Terstandar (OHT)

OHT merupakan obat dengan bahan alami yang sudah teruji secara klinis dan bahan bakunya sudah terstandarisasi. Berbeda dengan jamu yang biasanya dibuat dengan cara direbus, cara pembuatan OHT sudah menggunakan teknologi maju dan terstandar.

Produsen OHT harus memastikan bahan-bahan baku yang digunakan dan prosedur ekstraksinya sudah sesuai standar BPOM. Tenaga kerjanya pun harus memiliki keterampilan dan pengetahuan mumpuni tentang cara membuat ekstrak.

Produk obat tradisional komersil resmi tergolong OHT jika mencantumkan logo dan tulisan ‘OBAT HERBAL TERSTANDAR’ berupa lingkaran berisi jari-jari daun 3 pasang dan ditempatkan pada bagian atas kiri dari wadah, pembungkus, atau brosurnya.

Baca Juga : Manfaat Obat Herbal
Fitofarmaka

Fitofarmaka merupakan obat herbal yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah melalui uji praklinis dan uji klinis bahan baku serta produk jadinya telah distandarisasi asli Indonesia.

Fitofarmaka
Anton-nb

Ini merupakan proses pengembangan dari obat tradisional menuju ke obat yang lebih modern, yang bahan bakunya terdiri dari simplisia atau sediaan galenik yang telah memenuhi standar persyaratan yang berlaku.

Proses produksinya sama-sama berteknologi maju dan sudah terstandar seperti OHT, tapi produk fitofarmaka harus melewati satu lagi tahan proses pengujian tambahan. Setelah melalui proses uji praklinis, produk obat fitofarmaka harus menjalani uji klinis langsung pada manusia guna menjamin keamanannya.

Salah satu obat tradisional yang telah teruji juga secara ilmiah dan memenuhi standar adalah bodrex Herbal Sakit Kepala.

bodrex Herbal Sakit Kepala, merupakan Obat Herbal Terstandar yang halal, mengandung 100% bahan herbal alam, kombinasi dari tanaman FeverFew (anti inflamasi), Willow Bark (analgesik dan antioksidan), dan Guarana (pereda nyeri) yang berfungsi sebagai analgesik alami yang terbukti secara ilmiah dapat meredakan pusing sakit kepala. bodrex Herbal Sakit Kepala telah diolah dan dikemas secara modern menjadi bentuk tablet yang cepat dan praktis dikonsumsi ketika pusing sakit kepala. bodrex Herbal juga telah mendapat sertifikasi halal dari MUI.

Mengingat pusing sakit kepala sangat sering muncul sebaiknya kita harus memiliki persiapan untuk mengatasi hal ini. Kalau Anda salah satu orang yang suka menjaga kesehatan dengan yang alami, bodrex Herbal Sakit Kepala bisa jadi pilihan karena ini adalah herbal khusus untuk sakit kepala.

bodrex Herbal Sakit Kepala, merupakan inovasi baru dari bodrex yang sudah dipercaya hampir 50 tahun sebagai Ahlinya Sakit Kepala. Jadi kalau lagi Pusing Sakit Kepala karena telat makan, begadang, atau masuk angin, langsung #PilihYangPastiPasti aja, bodrex Herbal Sakit Kepala! (adv/adv)

Penutupan

Demikian semoga artikel saya ini tentang jenis obat herbal bermanfaat bagi anda semua yang telah membaca artikel masqoqo.com, apabila ada kesalahan kata-kata tolong di maafkan.
Jangan lupa di share ke teman-teman. Supaya bertambah wawasannya dan jangan lupa juga di coment agar saya bisa intro peksi diri.
Cukup sekian dan Terima kasih telah berkunjung di web masqoqo.com jangan lupa support ya agar terus maju berkembang.
Mas Qo'qo' Tersenyumlah Ketika Anda Direndahkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!