Mas Qo'qo' Tersenyumlah Ketika Anda Direndahkan

Efek Samping Obat Herbal

1 min read

efek samping obat herbal

Masqoqo.com-  Hai teman-teman semua yang telah berkunjung di website masqoqo.com, kali ini saya ingin mengulas ilmu tentang efek samping obat herbal. Efek samping obat herbal ini di Indonesia ini ada banyak sekali lho, setiap obat herbal pasti juga mempunyai manfaatnya masing-masing

Saat ini obat-obatan herbal yang berasal dari alam dipercaya lebih aman untuk dikonsumsi dibandingkan dengan obat yang diberikan dokter. Obat herbal telah lama digunakan, sejak ribuan tahun lalu, dan memang terbuat dari bahan-bahan alami. Namun perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi obat herbal tidak bisa sembarangan. Jika digunakan dengan tidak tepat, obat herbal juga bisa memberikan efek buruk yang menyebabkan masalah kesehatan.

Banyak orang yang mengonsumsi obat herbal tanpa petunjuk dan arahan dokter atau ahli kesehatan. Padahal obat-obatan yang berasal dari alam juga bisa mengandung bahan kimia yang memicu keracunan. Mengonsumsi obat herbal yang tak sesuai dengan jenis penyakit dan keadaan tubuh bisa menyebabkan rasa mual, muntah, sakit perut, pendarahan, dan bahkan gagal ginjal.

Efek Samping Obat Herbal

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa digunakan untuk mengobati iritasi kulit, jerawat, dan bekerja sebagai laksatif yang melancarkan pencernaan. Namun jika digunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama, lidah buaya juga bisa memicu arrhytmia (detak jantung yang tak teratur) dan sakit perut.

Bawang Putih dan jahe

Jika bawang putih dan jahe dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah bisa meningkatkan pendarahan dalam tubuh.

Ginseng

Ginseng digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengontrol tekanan darah dan stres, serta memiliki zat anti-penuaan. Namun ginseng juga memiliki efek samping seperti insomnia, diare, muntah, sakit kepala, serta rasa cemas.

Ekstrak Pepaya

Ekstrak pepaya jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan untuk jantung bisa memberikan efek yang buruk dan menyebabkan kerusakan pada membran mukus pada saluran pencernaan.

Enzim Pepaya

Enzim pepaya bisa menyebabkan diare dan pendarahan jika digunakan secara terus-menerus dengan zat yang mengandung antikoagulan, atau obat yang digunakan untuk menghambat pembekuan darah.

Penjabaran ini tak berarti Anda harus meninggalkan obat herbal dan lebih memilih obat dari dokter. Namun sebelum mengonsumsi obat herbal, pastikan obat tersebut adalah produk yang memiliki lisensi serta aman dikonsumsi. Selain itu, jangan konsumsi obat herbal tanpa petunjuk dokter Anda, karena bisa jadi efek obat tersebut bertabrakan dengan obat yang diberikan dokter.

Penutupan

Demikian semoga artikel saya ini tentang efek samping obat herbal bermanfaat bagi anda semua yang telah membaca artikel masqoqo.com, apabila ada kesalahan kata-kata tolong di maafkan.
Jangan lupa di share ke teman-teman. Supaya bertambah wawasannya dan jangan lupa juga di coment agar saya bisa intro peksi diri.
Cukup sekian dan Terima kasih telah berkunjung di web masqoqo.com jangan lupa support ya agar terus maju berkembang.
Mas Qo'qo' Tersenyumlah Ketika Anda Direndahkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!