48

Doa Menjenguk Orang Sakit

Assalamu’alaikum Sahabatku semua, kali ini kami dari masqoqo.com akan berbagi ilmu tentang doa menjenguk orang sakit.

Nah, kita sebagai umat muslim tentunya menjadi hal yang disunnahkan manakala ada saudara yang sakit. Lalu kita datangi untuk menjenguk nya, ketika menjenguk orang yang sedang sakit ini pun kita harus tahu aturannya.

Jangan sampai hanya gara-gara menjenguk, kita malah menimbulkan suasana yang malah tidak kondusif atau malah membuat sakit seseorang menjadi parah.

Selain itu juga buat mengetahui kondosinya juga, karena untuk memberikan semangat buat terus berfikir positif agar bisa lekas sembuh.

Oke Teman-temanku semua, saya mulai langsung saja ya dan perhatikan baik-baik ya.

Doa Menjenguk Orang Sakit

اَللّٰهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لاَشِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Tulisan arab ke tulisan Indonesia : Alhumma rabban naasi adzhibil ba’sa, wasyfi antasy. Syaafii laa syifaa-a illaa syifaa-uka syifaa-an laa yughaadiru saqaaman.

Artinya : “Ya Allah Wahai Rabb segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, dan sembuhkanlah penyakitnya, (hanya) Engkau-lah yang bisa menyembuhkannya. Tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, Melainkan kesembuhan yang tidak akan menyisakan penyakit lagi.”

Arti bahasa Inggris That means : O Alah, Rabb, all human beings, eliminate their diseases, (only) you can cure them. There is no healing but healing from You, But healing that will not leave diseases anymore.”

Nah, bagi yang belum hafal doa di atas. Ditulis saja tidak apa-apa kok, kemudian dibaca sebentar ketika berada di samping orang yang sedang sakit tersebut. Jangan merasa malu, karena tujuanya adalah baik. Yaitu supaya orang sakit tersebut lekas diberikan kesembuhan.

Adab Menjenguk Orang Sakit

Waktu kita menjenguk orang sakit, ada beberapa adab ketika menjenguk orang sakit yang harus diperhatikan. Sebagaimana berikut contoh dibawah ini :

  • Niat menjenguk orang yang sedang sakit.
  • Ketika sudah menemui orang sakit sampaikan nama Anda.
  • Usahakan Anda duduk dekat di samping kepalanya.
  • Usahakan juga menjabat tangan orang yang sakit.
  • Tanyakan bagaimana kondisinya atau keadaannya
  • Menghibur orang yang sedang sakit.
  • Jagalah ucapan ketika menjenguk orang yang sedang sakit.
  • Jangan terlalu lama di samping orang yang sedang sakit.
  • Mendoakan orang yang sedang sakit.

Keutamaan Menjenguk Orang yang Sedang Sakit

Menjenguk orang yang sedang sakit termasuk salah satu hak seorang muslim atas saudara muslim lainnya yang disebutkan oleh Rasulullah SAW. Karena Nya jika kita menunaikan hak orang yang sakit ini, sudah pasti ada keutamaan dan pahala di dalamnya.

Demikian semoga artikel tentang doa menjenguk orang sakit saya ini bermanfaat bagi anda semua yang telah membaca artikel masqoqo.com. Apabila ada kesalahan kata-kata tolong di maafkan.
Jangan lupa di share ke teman-teman. Supaya bertambah wawasannya dan jangan lupa juga di coment agar saya bisa intro peksi diri.
Cukup sekian dan Terima kasih telah berkunjung di web masqoqo.com jangan lupa suport ya agar terus maju berkembang.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply