117

Doa Ketika Masuk Masjidil Haram Beserta Artinya

Assalamu’alaikum Teman-temanku semua, kali ini kami dari masqoqo.com akan menulis sedikit artikel tentang ilmu doa masuk masjidil haram.

Kata Imam Ghazali dalam Ihya Ulumuddin menyebutkan bahwa termasuk tata krama/adab. Nah, yang harus dilakukan oleh orang sedang haji atau umroh. Yaitu ketika memasuki Masjidil Haram hendaknya mereka memasukinya dari pintu Bani Syaibah.

Nah, pintu Syaibah ini merupakan pintu Bani Abdi Manaf. Dimana menurut hadis yang diriwatkan oleh Imam Tabari dari sahabat Ibnu Umar merupakan pintu yang dilalui Rasulullah ketika memasuki Masjidil Haram.

Oke Teman-teman semua, simak baik-baik yang agar Anda semua paham.

Doa Masuk Masjidil Haram dari Pintu Syaibah

بسم الله وبالله ومن الله وفي سبيل الله وعلى ملة رسول الله صلى الله عليه وسلم

Tulisan arab ke tulisan Indonesia : Bismillahi wa billahi waminallahi wa fisabilillahi wa’ala millati Rasulillahi shalla allahu’alaii wa sallam.

Artinya : Dengan menyebut nama Allah SWT, dari Allah SWT, di jalan Allah SWT dan di atas agama Rasulullah SAW.

Arti bahasa Inggris That means : In the name of Allah, from Allah, in the way of Allah and above the religion of the Prophet Muhammad.

Doa Masuk Masjidil Haram dari Pintu Babusalam

gambar doa masuk masjidil haram

doaumrohsemarang.blogspot.com

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَالسَّلَامَ تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ. اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَمَغْفِرَتِكَ وَأَدْخِلْنِيْ فِيْهَا. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى رَسُوْلِ اللهِ

Tulisan arab ke tulisan Indonesia : Alhumma antassalaam, waminkassalaam fahayyinaa rabbanaa bissalaam wa adkhilnal jannata daarassalaam tabaarakta wata’aalaita yaa dzaljalaali wal ikraam. Allahummaftahlii abwaaba rahmatika wamaghfiratika wa adkhilnii fiiha. Bismillahi walhamdulillahi wassjalaatu wassalaamu’alaa Rasuulillaah.

Artinya : Ya Allah Engkaulah sumber keselamatan, dan daripada kamulah datangnya keselamatan itu semua. Maka sambutlah kami wahai tuhan dengan selamat sejahtera dan masukanlah kami ke dalam surga negrimu yang bahagia, Maha Pemberi Berkat dan Maha Tinggilah Engkau wahai tuhan yang punya keagungan dan kehormatan.

Ya Allah bukanlah untukku pintu rahmat dan ampunan, masukanlah aku ke dalam ampunan kamu. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah shalawat dan salam untuk Rasulullah.

Arti bahasa Inggris That means : O God, you are the source of salvation, and it is from ou that all salvation comes. So welcome us, O God, With your peace and input us into the paradise of your happy country, the Giver blessing, and exalted, O God, who has greatness and honor.

O Allah, open for me the door of mercy and forgiveness, add me to your forgiveness. In the name be to Allah salawat and greetings to the messenger of Allah.

Adab di Masjidil Haram

adab di masjidil haram

duta.co

Kemulian Tanah Suci Makkah haruslah disertai dengan kemulian akhlak orang yang berziarah ke dalamnya. Kemulian akhlaq juga berasal dari adab dan sopan santun seorang peziarah yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Sebagaimana sabda beliau, “Jadikanlah aku (sebagai tuntunan) masik hajimu,”

Nah, terkait dengan adab seseorang memasuki Kota Makkah. Ada lima hal yang harus menjadi perhatian bagi kita semua. Sebagaimana berikut contoh dibawah ini :

1. Melaksanakan Jenis Mandi yang Dianjurkan dalam Haji

Sebagaimana sembilan jenis mandi yang dianjurkan dalam haji contoh di bawah ini :

  • Mandi ketika mau memulai ihram di tempat miqat,
  • Ketika mau memasuki Kota Makkah (sebaiknya di tempat yang bernama DzuThuwa).
  • Ketika mau melakukan Tawaf Qudum (yakni tawaf pertama kali ketika memasuki masjidil haram).
  • Menjelang wukuf di Arafah.
  • Menjelang berhenti di Muzdalifah.
  • 3x mandi ketika mau melempar ketiga jumrah. Tapi, tidak disunnahkan mandi menjelang melempar jumrah Aqabah.
  • Dan yang paling terakhir itu adalah mandi untuk Tawaf wada’ (tawaf “perpisahan” yang terakhir sebelum meninggalkan Kota Makkah).

Nah, akan tetapi, menurut Imam Syafi’i dalam mazhab jadid-nya tidak disunahkan mandi menjelang tawaf, baik pada waktu pertama ataupun terakhir. Bagi yang sudah mengikuti mazhab ini, berarti jenis mandi yang disunahkan hanya berjumlah tujuh saja.

Lanjutan Artikel

2. Ketika Sudah di perbatasan Haram (Tanah Suci)

Sejenak sebelum memasuki perbatasan Kota makkah, hendaknya mengucapkan doa berikut dibawah ini :

“Allhumma hadza haramuka wa aninuka, fa harrim lahmi wa sya’ari wa basyari alan nar. Wa amini min adzabika yauma tab’atsu ibadaka, waj’alni min auliya’ika wa ahli tha’atik.”

Artinya : “Ya Allah, inilah Haram, Tanah SuciMu dan jaminan keselamatan dariMu. Maka haramkanlah dagingku, darahku, rambutku, dan kulitku dari api neraka. Selamatkanlah aku dari azabMu pada hari ketika Engkau membangkitkan kembali hamba-hambaMu. Dan masukkanlah aku ke dalam kelompok orang-orang kecintaanMu serta mereka yang senantiasa taat kepadaMu.”

Arti bahasa Inggris That means : O God, this is Haram, Your Holy Land and Your guarantee of salvation, Then forbid my flesh, my blood, my hair, and my skin from the fires of hell. Save me from Your punishment today, You can be used again by Your servants. Your loved ones and those who are

Baca Juga : Doa Ketika Masuk Masjid

3. Hendaknya Mau Masuk Makkah dari Arah Abthah, Melalui Jalan Tanjakan Kada’.

Nah, ada hadist yang meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW ketika beliau memasuki Kota Makkah, beliau keluar dari jalan lurus yang biasa dilalui dan menuju ke arah Kada’.

Mengikuti dengan apa yang ingin dilakukan oleh Rasulullah tentunya adalah sunnah. Apabila keluar dari Kota Makkah, hendaknya melalui jalan Kada’ (yang letaknya di bawah bukit Kada’, jalan yang pertama).

Lanjutan Artikel

4. Apabila sudah masuk ke Kota Makkah dan sampai di tempat (bukit) yang dikenal sebagai Ras Ar-Radm,

Maka hendaklah dia berdoa dari tempat mana dia dapat memandang Masjidil Haram. Kemudian doa tersebut yaitu “La ilaha illallah wallahu akbar. Allahumma antas salam wa minkas salam, wa daruka darus salam. Tabarakta ya dzal jalali wal ikram. Alhumma inna hadza baituka, azzhamahu wa karramtahu wa syarraftahu.

“Alhumma fazidhu ta’zhiman, wa zidhu tasyrifan wa takrima, Wa zidhu mahabatan, wa zid man hajjahu birran wa karamatan. Alhumma iftah li abwaba rahmatika wa adkhilni jannatak. Wa a’idzni minas syaitha nirrajim.”

Artinya : “Tiada tuhan selain Allah, Dialah yang Maha Besar, Ya Allah Engkaulah (Sumber) kedamaian dan dariMu segala kedamaian, dan rumahMu adalah rumah kedamaian. Engkaulah sumber segala kebaikan, wahai Rabb pemilik segala keagungan dan penghormatan. Ya Allah, ini adalah rumahMu, yang telah kau limpahkan kepadanya keagungan, kemulian dan kehormatan.”

“Ya Allah, maka tambahkanlah baginya keagungan, kemulian dan kehormatan. Tambahkanlah baginya kewibawaan, dan tambahkanlah pula bagi siapa saja yang berhaji kepadanya, segala kebaikan dan kemuliaam. Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmatMu dan masukanlah aku ke dalam surgaMu dan lingungilah aku dari syaitan terkutuk.”

5. Apabila mau memasuki Masjidil Haram, hendaknya kamu melalui Bab (pintu) Bani Syaibah (yakni nama salah satu pintu dalam Masjidil Haram). Dan hendaknya kalian mengucapkan doa ini, “Bismillah wa billah wa minallah wa ilallah wa fi sabilillah wa ala millati Rasulillah (shallallahu alaihi wa sallam).

Lanjutan Artikel

Artinya : “Dengan nama Allah, atas perkenan Allah, dari Allah, kepada Allah, di jalan Allah dan di atas lintasan agama yang dibawa oleh Rasulullah SAW.”

Setelah itu, lanjutkan apabila sudah berada dekat dengan Ka’bah. Hendaknya membaca doa ini, “Alhamdulillah, wa salamun ala ibadihil ladzina ishtafa. Allahumma shalli ala Muhammadin, abdika wa rasulika wa ala Ibrahima, khalilika, wa jami’i anbiya’ika wa rusulika..”

Artinya : “Segala puji bagi Allah, salam sejahtera atas hamba-hamba Nya yang sudah dipilih oleh Nya. Ya Allah, limpahkan shalawat atas Muhammad, hambaMu dan utusanMu atas Ibrahim, kekasihMu, serta atas sekalian Nabi dan RasulMu.”

Demikian semoga artikel tentang doa masuk masjidil haram saya ini bermanfaat bagi anda semua yang telah membaca artikel masqoqo.com, apabila ada kesalahan kata-kata tolong di maafkan.
Jangan lupa di share ke teman-teman supaya bertambah wawasannya dan jangan lupa juga di coment agar saya bisa intro peksi diri.
Cukup sekian dan Terima kasih telah berkunjung di web masqoqo.com jangan lupa suport ya agar terus maju berkembang.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply