110

Doa Masuk Masjid & Doa Keluar Masjid Terlengkap

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh Sahabatku semua, masqoqo.com akan berbagi sedikit ilmu tentang doa masuk Masjid & doa keluar Masjid.

Doa masuk masjid & doa keluar masjid sangat penting di hafalin sama umat islam, karena doa ini Sunnah dihafalkan. Agar supaya dapat pahala tambahan dari allah, sebetulnya enggak papa tidak di hafal juga, tapi menurut saya lebih baik di hafal saja.

Seperti sunnahnya, alangkah baik kita saat pergi ke masjid hendak melangkah ke dalam ataupun masjid, disunahkan membaca doa terlebih dahulu, Kemudian bagaimana bacaan doa masuk masjid?

Oke Sahabatku langsung saja ya, sebelumnya saya mohon tolong disimak baik-baik agar tidak ada salah pemahaman.

Doa Memasuki Masjid Sesuai Ajaran Rossul

doa masuk masjid

ensiklopedia.org

Agama Islam mengajarkan bahwa setiap umatnya dianjurkan untuk membaca doa sebelum memasuki masjid, karena ada doa khusus seperti gambar di atas ketika masuk ke masjid.

Masjid ada tempat suci umat muslim yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT, yang sangat wajib dihormati dan dijaga kebersihannya, supaya nanti yang beribadah di masjid biar pada khusyuk/tenang sholatnya.

Oleh karena itu kita harus menyempurnakan keberadaan kita sebelum masuk masjid harus membaca doa terlebih dahulu. Insya Allah akan mendapat pahala dan keberkahan bagi kita semua yang membacanya.

Adab Memasuki Masjid

Sesudah kita mengetahui doa ini, ada baiknya juga kalau kita mengetahui adab yang perlu kita terlebih dahulu ditunaikan sebelum memasukinya.

Masqoqo.com akan sedikit menjelaskan adab ketika memasuki masjid, walaupun tidak komplit tetapi kita harus tau, ilmu ini sangat penting bagi diri kita masing-masing.

Memakai Pakaian Bersih

Sebelum pergi ke masjid kita harus memakai pakain yang bersih, rapih, dan bagus. Kita semua diperintahkan oleh Allah memakai pakaian yang indah, sebagaimana perintah-nya di dalam QS.Al-A’raf ayat 31

يَا بَنِي آدَمَ خُذُواْ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ

Artinya: “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap memasuki masjid”.

Ayat ini menjelaskan bahwa kita harus memakai pakaian yang bagus dan bersih. Karna mau melaksanakan sholat dan masjid itu rumah Allah SWT, jadinya kita harus bisa jaga sopan santu terhadap yang maha kuasa.

Berwudhu Terlebih Dahulu

Sebelum melaksanakan sholat, dan memasuki masjid kita harus berwudhu terlebih dahulu. Supaya kita terhindar dari najis atau kotor-kotoran dari luar selama kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Itu sebagian dari adab kita terhadap masjid, karena tempat ini sangat suci bagi umat iIslam makanya kita harus berwudhu terlebih dahulu biar tidak ada najis ditubuh kita masing-masing.

Baca Juga : Doa ketika masuk Masjidil Haram

Dahulukan Kaki Kanan

Ketika mau mau masuk ke dalam masjid kita harus dahulukan kaki kanan dulu, jangan kaki kiri dulu. Dikatakan oleh Anas radhiyallahu’anhu, diriwayatkan Al-hakim, dan disetujui oleh Ad-dzahabi

“من السنة إذا دخلت المسجد أن تبدأ برجلك اليمنى، وإذا خرجت أن تبدأ برجلك اليسرى”

Bacanya: “Min alsanat idhaa dakhalat almasjidan tabda birijik alyumnaa, wa idha kharajatan tabda birijik alyusraa”.

Artinya: “Termasuk ajaran Nabi SAW ketika kalian mau masuk masjid. Kalian harus mendahulukan kaki kanan, dan ketika keluar anda mendahulukan kaki kiri”.

Membaca Doa Ketika Masuk

Sebelum kita masuk ke dalam masjid, kita harus jaga etika terlebih dahulu. Kita harus membaca doa masuk masjid dulu, ada juga doa khusus saat kita mau masuk kemasjid.

Seperti yang saya sudah jelaskan sebelumnya, dengan baca doa mau memasuki tempat ibadah umat muslim ini. Maka kita telah menghargai/menghormati kesucian di dalam tempat ibadah tersebut. Karena kita harus bisa menjaga adab sama Allah SWT.

Sholat Sunnah Dua Rakaat

Setelah kita masuk ke dalam masjid, dan berdoa kemudian kita di sunnahkan sholat dua rakaat atau bisa juga disebut sholat tahiyyatul masjid.

Karena sunnah ini tidak gugur walaupun lama berdiri di dalam masjid walaupun kaki capek, kalau kita ikhlas dapat pahala sangat banyak, tapi tergantung niat kita juga.

Makanya niatnya karena Allah semata, jangan karena manusia. Rossul pernah bersabda “Apabila kalian masuk mesjid, jangan duduk sampai shalat dua rakaat”.

Nah, hadist ini menjelaskan ketika kita sudah di dalam masjid jangan duduk dulu, alangkah baiknya kita sholat dua rakaat terlebih dahulu menjalankan sunnah Rossul SAW.

Berdoa Setelah Keluar dari Masjid

Sebelum kita keluar dari masjid, jangan lupa baca doa terlebih dahulu. Umat muslim dianjurkan untuk membaca doa keluar masjid yang berbunyi ‘Allahumma min fadhlik’ .

Nah, setelah itu kita keluar dari masjid dahulukan kaki kiri dulu. Alangkah baiknya kita harus melaksanakan yang pernah Rossul ajarkan kepada sahabat, dan seluruh umat Islam yang ada di dunia ini.

Doa Keluar dari Masjid Sesuai Ajaran Rossul

doa keluar masjid

ensiklopedia.org

Doa ini dianjurkan kepada semua umat muslim, setelah keluar dari masjid kita harus membacanya supaya dapat karunia dari Allah SWT, dan mendapatkan pahala besar.

Rossul juga pernah mengajarkan umatnya, kalau keluar masjid di sunnahkan membaca doa tersebut. Supaya kita bisa menjaga etika sama yang maha kuasa.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua, dan bisa tambah wawasan ilmu anda. Lebih baik di praktekan, dan dihafalkan. Setelah itu anda ajarkan ke teman atau ke saudara/saudari biar dapat pahala ilmu jariyah.

Apabila ada kesalahan kata-kata sata mohon di maafkan sebesar-besarnya. Cukup sekian dan Terimakasih telah berkunjung di website saya. Wassalaamualaikum warrahmatullahi wabarakaatuh.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply