124

Cerita Rakyat Timun Mas

Cerita Rakyat – Halo Sobatku semuanya, disini saya mau berbagi sedikit cerita rakyat tentang timun mas.

Nah, pasti sebagian dari kalian ada yang belum tau ini cerita rakyat Timun Mas. Pernah siih dulu saya nonton di tv siaran nya cerita itu tadi, tapi sekarang sudah tidak tayang lagi.

Sebetulnya cerita ini hanya dongeng saja buat anak kecil, tapi anak besar juga ikutan seneng dengan dongeng cerita ini, soalnya cerita ini sudah sangat terkenal di seluruh warga negara Indonesia.

Oke Sobatku sekalian saya akan mulai menulis cerita rakyat ini, tolong di simak baik-baik ya biar tidak salah tangkap.

Kisah Timun Mas

timun emas

dongengceritarakyat.com

Jaman dahulu di Jawa Tengah ada seorang janda tua yang bernama Mbok Rondo, Setiap hari pekerjaannya hanya mencari kayu di tengah hutan.

Sudah lama sekali si mbok ini ingin mempunyai anak. Tetapi dia hanya seorang janda yang sangat miskin, lagi pula sudah tau mana bisa ia mendapatkan anak.

Pada suatu hari, setelah mengumpulkan kayu di hutan, si Mbok Rondo ini duduk beristirahat sambil mengeluh.

Seandainya saja aku mempunyai anak, beban hidupku ini pasti agak ringan, sebab ada yang membantuku kerja.

Bertemu Raksasa

Mbok Rondo bertemu Raksasa

bacaanceritadongenganak.com

Tiba-tiba bumi bergetar, seperti ada gempa bumi. Kemudian di depan Mbok Rondo muncul raksasa yang bertubuh besar, dan wajahnya sangat seram sekali. setelah itu si Mbok Rondo ini sangat ketakutan sekali melihatnya.

“Hai Mbok Rondo, kamu mengingingkan anak, ya? aku bisa mengabulkan keinginanmu,” kata raksasa itu dengan suara keras.

“benarkah?”, tanya Mbok Rondo. Kemudian rasa takutnya mulai menghilang.

“Benar… tapi ada syarat tertentu. Kalau anakmu sudah berumur 16 tahun, kau harus menyerahkan kepadaku. Dia akan kujadikan santapanku “jawab raksasa itu.

Karena begitu inginnya punya anak maka Mbok Rondo tidak berpikir panjang lagi. Yang penting segera punya anak. “Baiklah, aku tidak keberatan,” Jawab Mbok Rondo.

Setelah itu, raksasa ini memberi biji mentimun kepada mbok Rondo. Mbok Rondo segera pulang, dan menanam benih itu di halaman belakang rumah.

Setiap hari Mbok Rondo menyiram biji mentimun itu. Ajaib! dua minggu kemudian, tanaman itu sudah berbuah. Buahnya sangat lebat sekali.

Di antara sekian banyak buah mentimun yang tumbuh, ada satu buah yang besar, warnanya agak kekuningan. Kalau tertimpa sinar matahari buah itu berkilau emas.

Mbok Rondo sangat tertarik pada buah mentimun yang besar itu, ia lalu memetiknya dan membawa pulang buah yang paling besar itu.

Timun Mas

www.ceritarakyatpendek.com

Sampai dirumahnya, Mbok Rondo lalu mengambil pisau dan membelah buah itu. Lalu, ia membukanya dengan hati-hati. Ajaib sekali! Ternyata ada seorang bayi perempuan yang amat cantik sekali!.

“Ah, ternyata raksasa itu tidak berbohong!” gumam Mbok Rondo. “Sekarang aku punya anak perempuan, aduh senangnya hatiku.”

Mbok Rondo sangat senang sekali, lalu ia menamakan bayi mungil itu Timun Mas.

Hari, bulan, dan tahun berganti. Timun Mas tumbuh menjadi seorang gadis jelita, Mbok Rondo sangat menyayangi Timun Mas.

Pagi itu cerah, Mbok Rondo, dan Timun Mas bersiap pergi ke hutan mencari kayu. Tiba-tiba ada suara… Bum, bum, bum… Bumi bergetar lalu disusul suara tawa menggelegar.

Dialog Mbok Rondo dan Raksasa

“Hai Mbok Rondo, keluarlah! aku datang untuk menagih janjimu, “kata raksasa itu.

Kemudian seluruh tubuh Mbok Rondo gematar, cepat-cepat memeluk Timun Mas lalu membisikinya agar gadis itu sembunyi di kolong tempat tidur. Lalu Mbok Rondo keluar menemui raksasa itu.

“Aku tahu, kedatangamu kemari untuk mengambil Timun Mas. Berilah aku waktu dua tahun lagi, kalau Timun Mas aku berikan sekarang, tentu kurang lezat untuk disantap, karena tubuhnya masih kecil.” Jawab Mbok Rondo.

“Benar juga. Baiklah, dua tahun lagi aku akan datang. Kalau kamu bohong akan aku telan mentah-mentah,” ancam raksasa itu.

Sambil ketawa, raksasa itu lalu pergi meninggalkan rumah Mbok Rondo. Mbok Rondo lalu menghela napas lega, kemudian ia masuk kerumah menghampiri anaknya yang masih bersembunyi di kolong tempat tidur.” Anakku, keluarlah. raksasa itu sudah pergi,” Kata mbok Rondo.

Mbok Rondo Bermimpi

cerita rakyat, mbok rondo bertemu pertapa di bukt gundul

geologi.co.id

Dua tahun kemudian, Timun Mas sudah beranjak dewasa wajahnya semakin cantik, kulitnya kuning langsat. Tapi si Mbok Rondo sangat cemas sekali jika teringat janjinya kepada raksasa.

Pada saat malam hari, ketika Mbok Rondo sedang tidur, ia mendengar suara gaib dalam mimpinya. “hai, Mbok Rondo, kalau kau ingin anakmu selamat, mintalah bantuan kepada seorang pertapa di Bukit Gundul.”

Pergi ke Bukit Gundul

Ke esokan harinya, Mbok Rondo pergi ke Bukit Gundul, disana ia bertemu dengan seorang pertapa. Pertapa itu memberikan empat bungkusan kecil yang isinya biji timun, cabai, garam, dan terasi .

Mbok Rondo menerimanya dengan rasa heran, lalu sang pertapa menerangkan khasiat benda-benda itu. “Lemparkan satu persatu bungkusan ini, kalau kamu nanti di kejar sama raksasa itu.” Ucap si pertapa tersebut.

Sesampainya di rumah, ia menceritakan perusai pemberian pertapa itu kepada Timun Mas. “Anakku, mulai saat ini kamu tidak perlu cemas. Kamu tidak perlu takut dengan raksasa itu, sebab kamu sudah memiliku penangkalnya. Berdoalah selalu  supaya Tuhan menyelamatkanmu,” Kata Mbok Rondo.

“Terima kasih Mbok..!” Jawab Timun Mas

Raksasa Menagih Janji

 

cerita rakyat, si raksasa menagih janji

penanusantara.wordpress.com

Demikianlah haripun berganti-ganti, hingga pada suatu ketika Mbok Rondo sedang menjahit baju untuk Timun Mas, tiba-tiba bumi berguncang pertanda raksasa datang.

“Hem, raksasa itu datang rupanya.” Gumam Mbok Rondo, benar saja tak lama kemudian raksasa itu sudah di ambang pintu,

“Ho…ho…ho…Mana Timun Mas! Ayo,cepat serahkanlah dia padaku. Aku sudah sangat lapar! “Kata raksasa dengan suara menggelegar.

Ia segera masuk ke dalam rumah, lalu ia ambil bungkusan pemberian sang pertapa, kemudian diberikan kepada Timun Mas.

Dialog Mbok Rondo dan Timun Mas

“Anakku, bawalah bakal ini. Lalu pergilah lewat pintu belakang sebelum raksasa itu menangkapmu.”

“Baiklah, Mbok,”Timun Mas segera berlari lewat pintu belakang.

“Ingat anakku, jangan sampai lupa pesan pertapa. Kau masih ingat ingat bukan?’

“Ingat Mbok!”

“Sekarang cepat larilah!” Tidak berapa lama kemudian raksasa memanggil Mbok Rondo.

Dialog Mbok Rondo dan Raksasa

“Mbok Rondo, mana Timun Mas?!” suara raksasa terdengar tidak sabar.

“Maafkan aku, raksasa…!”

“ada apa?”

“Timun Mas ternyata sudah pergi.”

“apa kau bilang?” Geram raksasa itu.

“Maafkan aku…!”

“Kurang ajar, mengapa kau tidak bilang sejak tadi?”

Raksasa Kejar Timun Mas

cerita rakyat, si raksasa kejar timun mas

duniaku.com

Dengan rasa marah raksasa itu segera mengedarkan pandangan sekeliling. Lamat-lamat dari kejauhan, lalu ia melihat seorang gadis yang sedang berlari cepat di padang rumput.

Kemudian raksasa segera mengejar Timun Mas. Semakin dekat jarak Raksasa, dan Timun mas, lalu Timun Mas melemparkan benda ajaib yang ada dikantungnya.

cerita rakyat, timun mas lempar bebda ajaib yang ada di kantungya

penuliscilik.com

Setelah itu Timun Mas mengambil segenggam garam, lalu garam itu di lempar ke arah Raksasa. Tiba-tiba saja sebuah lautan yang luas pun terhampar, Raksasa itu terpaksa berenang dengan susah payah.

Timun Mas lanjut lari lagi, tapi kemudian Raksasa hampir berhasil menyusulnya. Habis itu  Timun Mas mengambil benda ajaib yang ada di kantungnya.

Lalu ia menggambil sengenggam cabai, kemudian cabai ini dilempar ke arah raksasa. Tiba-tiba ada pohon, dan duri yang tajam merangkap Raksasa ini.

Setelah itu Raksasa berteriak kesakitan, sementara Timun Mas berlari menyelamatkan diri.

Tapi Raksasa sangat kuat sekali, ia lagi-lagi hampir menangkap Timun Mas. Kemudian Timun Mas mengeluarkan benda ajaib yang ke tiga.

Ia menebarkan biji mentimun ajaib itu ke raksasa, lalu tumbuhlah kebun mentimun yang amat luas sekali.

Raksasa sangat letih, dan kelaparan. Lalu ia langsung makan mentimun yang segar itu dengan lahap. Karena terlalu banyak makan kemudian si Raksasa ini tertidur.

Setelah itu Timun Mas melarikan diri lagi, ia berlari sekuat tenaga Tapi lama-lama tenaganya habis. Lebih bahaya lagi karena Raksasa terbangun dari tidurnya.

Raksasa lagi-lagi hampir dikit lagi Timun Mas tertangkap, lalu Timun Mas sangat ketakutan sekali. Tak lama kemudian ia pun melemparkan senjatanya yang terakhir, segenggam terasi.

Raksasa Tenggelam

cerita rakyat, si raksasa tenggelam

dongenggeologi.com

Lagi-lagi terjadi keajaiban, tiba-tiba saja ada sebuah danau lumpur yang amat luas sekali. Kemudian si Raksasa ini terjerembab ke dalamnya, tangannya hampir menggapai Timun Mas.

Tapi danau lumpur ini menariknya ke dasar, setelah itu raksasa panik, ia tak bisa bernapas, lalu tenggelam mati di dalam lumpur.

Akhirnya Timun Mas lega, ia telat selamat dari ancaman Raksasa. Setelah itu Timun Mas pun kembali ke rumah orang tuanya. Si Mbok Rondo sangat senang sekali melihat anaknya selamat.

“Terimakasih tuhan, kau telah, menyelamatkan anakku ini.” kata si Mbok Rondo. Sejak saat itu Mbok Rondo, dan Timun Mas meresa tenang. Dapat hidup bahagia tanpa ada ketakutan lagi.

Kesimpulan

Demikian dongeng tentang Timun Mas, yang berasal dari Jawa Tengah, Indonesia. Cerita rakyat di atas memberikan pelajaran bagi kita masing-masing.

Bahwa kita harus selalu nepatin janji kepada seseorang, jangan pernah sekali-kali mengingkari janji karna itu perbuatan yang tidak baik.

Selain itu juga cerita di atas mengandung pelajaran bahwa usaha kerja keras untuk menghadapi rintangan, dan cobaan dalam hidup dapat kita selesaikan dengan baik-baik.

Hal ini di tunjukkan oleh Mbok Rondo, dan Timun Mas. Syukurlah berkat usaha, dan kerja keras mereka dapat membinasakan raksasa jahat yang hendak memangsa Timun Mas.

Semoga cerita rakyat ini bermafaat bagi anda semua, menambah wawasan, dan mendapat pelajaran yang bagus amiin. Apabila ada kesalahan mohon dimaafkan sebesar-besarnya.

Cukup sekian, dan Terimakasih.

 

 

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply