Mas Qo'qo' Tersenyumlah Ketika Anda Direndahkan

Cara Menanam Padi

5 min read

padi

Masqoqo.com, Solo Cara menanam padi yang baik dan menguntungkan tentunya sangat penting diterapkan. Apalagi, olahannya juga dari padi atau nasi merupakan bahan makanan pokok untuk orang Indonesia. Menanam padi di iklim tropis seperti Indonesia dapat membuatnya tumbuh sumbur.

Nah, untuk mendapatkan panen yang melimpah diperlukan pengetahun tentang cara nanam padi yang baik. Karena, di Indonesia sendiri juga walaupun padi merupakan bahan makanan pokok dan dijuluki sebagai negara agraris, ternyata produksi padi nasional belum mencukupi kebutuhan masyarakat.

Cara menanam padi yang baik dan menguntungkan diperlukan untuk menghindari segala kendala. Tentu juga selama masa penanaman padi hingga masa panen, banyak kendala yang bisa terjadi seperti serangan hama dan pengelolaan lahan yang kurang tepat.

Manfaat Padi

manfaat padi
pixabay.com

Berikut inilih pembahasan mengenai manfaat cara menanam padi yang umumnya untuk menjaga kesehatan tubuh bagi manusia.

Sumber Energi Bagi Tubuh

Mungkin ada beberapa dari kamu masih ada yang menanyakan apa manfaat padi untuk kehidupan manusia. Tentu saja, khasiat padi bagi kehidupan manusia yaitu sebagai sumber energi.

Nah, sebagai yang diketahui juga padi adalah tanaman pangan jenis serealia yang bisa digunakan sebagai sumber makanan untuk dikonsumsi oleh manusia, termasuk orang Indo.

Karena padi juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, bahkan juga kandungan karbohidratnya mencapai 79 g dalam per gram beras. Karena itu juga mengonsumsi makanan yang berasal dari padi sangatlah penting bagi manusia untuk memperoleh energi.

Kaya Nutrisi

Karena sebagai sumber energi bagi tubuh, benarkah manfaat padi salah satunya juga membantu orang-orang yang sedang melakukan diet? Yaaaa, benar banget.

Nah, ini berlaku untuk beras merah karena hal ini beras merah memiliki kandungan kalori yang lebih rendah daripada beras putih, serta mengandung sejumlah vitamin seperti B kompleks, B1, B3, kolin, betaine, dan asam folat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat padi juga buat kehidupan manusia yang selanjutnya yaitu menjaga kesehatan jantung. Iyaa, beras hitam dapat mengurangi plak aterosklerosis yang berbahaya bagi arteri. Hal ini juga sangat penting untuk menjaga arteri serta mencegah serangan jantung ataupun stroke.

Bahkan jugakandungan anthocyanin fitokimia dalam beras hitam pun dipercaya bisa menjaga kadar kolesterol, konsentrasi triasilgliserol serta mengurangi kolesterol jahat.

Mendetok Tubuh

Tampaknya beras hitam ini memiliki segudang khasiat untuk tubuh nih. Karena, selain itu juga menjaga kesehatan jantung, beras merah juga bermanfaat untuk mendetok tubuh.

Sebagai bahan informasi, ternyata manfaat padi yang satu ini bisa mengurangi peradangan dan membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Wah, cukup menarik ya.

Bahan Kosmetik dan Obat

Nah, manfaat padi ini untuk kehidupan manusia yang ke 5 ialah sebagai obat dan bahan kosmetik. Contohnya, padi diambil berasnya, kemudian direbus dan dikeringkan, lalu ditumbuk sampai menjadi pasta yang bisa dioleskan ke kulit.

Selain itu juga untuk kulit wajah, padi juga dapat membantu menambah ketebalan rambut hingga menghitamkan secara alami.

Mencegah Gangguan Pencernaan

Nah, khasiat padi bagi kehidupan manusia yang berikutnya adalah untuk mencegah gangguan pencernaan. Jadi, padi yang sudah diolah menjadi nasi sangat bermanfaat bagi seseorang yang terkena sembelit, diare hingga radang usus

Baca Juga :

Menguatkan Gigi dan Tulang

Seperti yang sidaj disebutkan di atas, bahwa beras ini memiliki beragam jenis dengan berbagai manfaat. Satun-satunya yaitu beras coklat. Ternyata juga kandungan mangan serta mineral yang tinggi dalam beras coklat bisa membantu mempertahankan struktur tulang dan gigi agar lebih kuat.

Selain itu, kandungan magnesium dalam beras coklat ini memiliki peran penting dalam mineralisasi tulang untuk melindunginya dari arthritis. Arthritis yaitu peradangan yang terjadi di satu atau beberapa sendi. Nantinya kondisi ini juga menyebabkan sendi menjadi kaku bahkan sulit untuk digerakkan.

Cara Menanam Padi

cara menanam padi
pixabay.com

Berikut di bawah langkah-langkah nanam padi dengan baik dan benar :

  • Pilih Benih Padi yang Bagus

Benih padi yang bagus merupakan hal yang penting jika Anda ingin meningkatkan hasil budidaya padi. Saat ini juga di pasaran terdapat banyak varietas benih padi yang dapat Anda cocokkan dengan kondisi lahan serta permintaan pasar. Beberapa contoh ciri dari beras varietas unggulan yaitu:

  1. Tahan terhadap serangan hama dan penyakit
  2. Toleran terhadap kondisi lingkungan
  3. Dapat mengasilkan panen yang berlimpah
  4. Saat direndam dengan larutan ZA 20 gr, benih tenggelam alias tidak mengapung
  • Penyamaian Benih Padi

Benih padi yang sudah siap dapat segera Anda semai, langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut di bawah ini:

  1. Buatlah bedengan dengan ukuran lebar 1 – 2 m. Luas persemaian untuk lahan 1 hektar adalah sekitar 400 m atau 4% dari luas lahan.
  2. Tambahkan 2 kg bahan organik semisal kompos, pupuk kandang, sekam, atau abu. Jika Anda berminat untuk mengolah kompos dari bahan sisa pertanian, silahkan pelajaricara membuat pupuk kompos dari jerami padi.
  3. Benih yang hendak disemai haruslah direndam dahulu sekitar 2 x 24 jam
  4. Persemaian dilakukan selama 25 hari sebelum masa tanam, usahakan tempat menyemai benih padi berdekatan dengan lokasi tanam agar pemindahan benih tersebut dilakukan dengan cepat dan benih tetap segar.
  5. Benih yang disemai tidak harus terbenam seluruhnya, karena justeru akan menyebabkan kecambah terinfeksi patogen dan akhirnya membusuk.

Efek Samping Padi

padi
pixabay.com

Berikut ini ada 5 contoh efek samping dari padi yang mentah, simak ya guys :

Menyebabkan Diare

Beras mentah yang tidak dicuci atau diolah dengan baik, lalu dimakan begitu saja dapat memancing bakteri masuk ke dalam tubuh dengan semakin mudah. Padahal untuk menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya tidak terlalu asal dalam mengonsumsi makanan tertentu.

Bakteri yang terdapat pada berat mentah akibat tidak dilakukan pengolahan dengan baik sebelum dimakan dapat berisiko menyebabkan diare. Apalagi kandungan lektin dapat memicu perut menjadi kurang nyaman hingga diare saat beras mentah dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Sebelum ini terjadi pastikan untuk mengonsumsi beras dengan rangkaian proses yang tepat ya, Ma. Cucilah terlebih dahulu, lalu diolah dengan baik agar tidak memicu reaksi diare saat dimakan.

Kerusakan Pada Gigi

Mengonsumi beras mentah tentu menjadi salah satu kebiasaan buruk yang mungkin saja dialami oleh sebagian orang. Kebiasaan mengonsumsi beras mentah, seringkali tidak diimbangi dengan langsung menggosok gigi padahal ini dapat memicu berbagai bakteri menetap disela-sela gigi.

Selain itu, sisa beras yang dikonsumsi secara mentah bisa saja menyempel pada gigi. Perlu disadari bahwa kebiasan buruk ini dapat mengancam kerusakan pada gigi nih, Ma.

Saat mengunyah beras mentah, maka bentuk struktur yang masih dimiliki oleh beras dapat bersembunyi disela-sela gigi. Jika cukup banyak beras yang tersangkut dan tidak dibersihkan saat menyikat gigi, maka dapat memicu proses pembusukan yang terjadi akibat berbagai bakteri.

Bahkan gigi yang mengalami kerusakan juga dapat memicu adanya karang gigi. Sebelum kerusakan gigi semakin mengancam kesehatan, usahakan untuk menghentikan kebiasaan mengonsumsi beras mentah.

Mengalami Gangguam Pica

Makan beras mentah tentu menjadi sesuatu yang aneh untuk sebagian orang karena tidak pernah mengonsumsinya. Memakan beras mentah bisa menjadi salah satu gejala dari pica.

Perlu Mama ketahui bahwa pica termasuk sebuah gangguan atau penyakit yang berupa keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu, bahkan terkesan tidak lazim untuk sebagian orang. Tak hanya beras mentah, gangguan pica ini juga berpotensi seseorang memiliki keinginan untuk mengosumsi sesuatu yang bukan makanan seperti rambut, pewarna, pasir hingga tepung.

Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka kesehatannya perlu diwaspadai karena tentu berdampak buruk untuk sistem pencernaan.

Bakteri Dalam Beras Mentah

Bakteri Bacillus cereus yang terdapat di dalam beras mentah diam-diam dapat memicu rasa mual, sehingga membuat aktivitas keseharian menjadi kurang nyaman.

Selain beras mentah sulit untuk dicerna karena mengandung lapisan selulosa di bagian luarnya, beras mentah juga dapat memicu rasa mual hingga menyebabkan seseorang ingin muntah. Jika ini dikonsumsi oleh ibu hamil, maka ia pun dapat mengalami masalah lambung karena terus mual dan muntah.

Bakteri Bacillus cereus pada beras mentah mampu menghasilkan racun, sehingga memicu muntah dan mual hanya dalam waktu 24 jam saja usai dikonsumsi.

Terkena Cacingan

Kebiasaan mengonsumsi beras mentah dapat berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya dapat memicu kemungkinan mengalami cacingan. Terkontaminasi kuman hingga bakteri tertentu dari lingkungan sekitar membuat kebersihan beras mentah tidak bisa diketahui secara pasti.

Bahkan kemungkinan beras mentah terdapat telur cacing mungkin saja terjadi, sehingga saat dikonsumsi sistem pencernaan akan terkontaminasi dan menyebabkan peluang mengalami cacingan. Telur cacing yang bentuknya kasat mata tidak menutup kemungkinan dapat memicu beras mentah menjadi terkontaminasi dan berkembang biak di dalam tubuh.

Jika memiliki kebiasaan mengonsumsi beras mentah, maka perlu dikurangi atau bahkan dihilangkan karena ini termasuk kebiasaan buruk.

Nah, itu beberapa bahaya yang bisa saja terjadi saat terlalu sering mengonsumsi beras mentah. Usahakan untuk selalu menyimpan beras dari tempat yang benar-benar bersih, lalu cuci terlebih dahulu sebelum dimasak.

Penutupan

Semoga artikel tentang cara menanam padi kami ini bermanfaat bagi anda semua yang telah membaca artikel masqoqo.com, apabila ada kesalahan kata-kata tolong di maafkan.
Jangan lupa di share ke teman-teman. Supaya bertambah wawasannya dan jangan lupa juga di coment agar saya bisa intro peksi diri.
Cukup sekian dan Terima kasih telah berkunjung di web masqoqo.com jangan lupa support ya agar terus maju berkembang.
Mas Qo'qo' Tersenyumlah Ketika Anda Direndahkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!