Mas Qo'qo' Tersenyumlah Ketika Anda Direndahkan

Cara Menanam Lidah Buaya

3 min read

lidah buaya

Masqoqo.com Cara menanam lidah buaya di rumah sangat mudah diterapkan, apalagi jika Anda memahami kebutuhan tanaman yang disebut juga dengan Aloe Vera ini terhadap air dan sinar matahari dengan memberikan cuaca panas yang biasa membuatnya tumbuh dengan baik.

Seperti yang sudah diketahui, lidah buaya memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Anda bisa membiakkan lidah buaya dari tanaman muda yang muncul di pangkal tanaman dewasa atau dari sistem akarnya yang menyambung. Namun, Anda harus berhati-hati dalam menerapaknnya agar bisa tumbuh dengan baik nantinya.

Manfaat Lidah Buaya

lidah buaya
pixabay.com

Dalam dunia kesehatan juga, bagian lidah buaya yang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal yaitu daunnya.  Asal Anda tahu, di dalam daun lidah buaya terdapat daging dan getah gel yang bersifat antiseptik, antipuritik, anestetik, antijamur, antiinflamasi, dan afrosidiak.

Meningkatkan daya tahan tubuh 

Lidah buaya juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh bila dikonsumsi secara rutin, kamu bisa mengonsumsi lidah buaya dengan diolah menjadi minuman segar.

Batuk 

Lidah buaya jadi obat batuk herbal, karena lidah buaya mampu membuang lendir dan menenangkan tenggorokan.

Plak gigi 

Kumur-kumur pake lidah buaya bisa mengurangi risiko terkena plak gigi. Hasil penelitian juga dipublikasikan oleh Ethiopian Journal of Health Sciences, berkumur dengan jus lidah buaya bisa mencegah timbulnya plak gigi.

Menyembuhkan Luka Bakar 

Getah gel lidah buaya bersifat antiseptik dan dingin, hal inilah yang membuat lidah buaya dipercaya ampuh menyembuhkan luka bakar.  Selain itu juga, lidah buaya merangsang untuk pembentukan jaringan sel kulit baru.

Sariawan 

Beberapa penelitian juga menyebutkan lidah buaya bisa mempercepat penyembuhan sariawan, tidak hanya itu gel lidah buaya juga bisa mengurangi rasa sakit dari sariawan.

Tekanan Darah Tinggi 

Mengutip dari Jurnal yang berjudul Pengaruh Jus Lidah Buaya Terhadap Penurunan Tekanan Darah. Pada Penderita Hipertensi karya Shella Ramadhani, lidah buaya juga mengandung senyawa aktif flavonoid, ariginiin, dan kalium yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Nah, bahkan juga senyawa aktif dalam lidah buaya juga bisa untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Sebagai obat herbal darah tinggi, lidah buaya bisa dikonsumsi dengan cara diolah menjadi jus.

Sembelit 

Kamu sering menderita sembelit? Alih-alih minum serbuk atau pil pencahar Anda bisa mengonsumsi lidah buaya. Liddah buaya juga mengandung zat polisakarida yang bisa mengatasi masalah pencernaan.

Polisakarida membantu tubuh untuk mencerna makanan dengan lebih sempurna sehingga gizi makanan tersebut bisa terserap maksimal.

Diabetes 

Lidah buaya juga mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian juga menunjukan lidah buaya mampu melindungi dan memperbaiki sel beta di pankreas yang memproduksi insulin.

Baca Juga:

Asam lambung 

Getah gel lidah buaya juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan asam perut bila dikonsumsi dengan jumlah tepat.

Sebaiknya kamu mengonsumsi lidah buaya dalam jumlah yang disarankan atau tidak berlebihan, ada juga baiknya juga kamu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat herbal lidah buaya.

Melembabkan kulit 

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, E dan juga mineral serta antioksidan yang bermanfaat untuk melembutkan lapisan luar dan memperbaiki kondisi kulit.

Cara Menanam Lidah Buaya

lidah buaya
pixabay.com

Mungkin Anda terpikir untuk mencoba menanam lidah buaya di sare pekarangan rumah, tapi karena keterbatasan lahan Anda jadi enggan untuk menanamnya karena khawatir tanaman tidak akan bertahan lama. Nah, berikut contoh dibawah ini merupakan cara menanam lidah buaya di dalam rumah.

Siapkan Pot dan Tanaman

Tempatkan lidah buaya ke dalam pot yang memiliki drainase yang baik, lalu gunakan pot dengan diameter mulai dari 1 hingga 2 inci lebih besar dari akar.

Tanam Bibit Lidah Buaya

Galilah media tanam yang sudah dipersiapkan sebelumnya, sebaiknya anda jangan terlalu dalam menggali karena lidah buaya memiliki akar yang relatif lebih pendek dan menyebar di sekitar area dekat dengan permukaan.

Pastikan Lidah Buaya Mendapat Sinar Matahari yang Cukup

Jagalah tanaman lidah buaya agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung sebab jika tanaman lidah buaya terpapar sinar matahari, maka tanaman akan berubah warna menjadi putih hingga cokelat muda secara tiba-tiba.

Lidah buaya juga merupakan tanaman sensitif terhadap perubahan suhu yang dratis, oleh karena itu jauhkan lidah buaya dari pintu, terutama saat musim dingin.

Siram Lidah Buaya Satu Kali dalam 2-3 Minggu

Lidah buaya juga termasuk tanaman sukulen seperti kaktus, meskipun tanaman ini dapat menyimpan air dalam waktu yang cukup lama tapi Anda harus tetap menyiramnya. Lalu siram tanaman lidah satu kali dalam 2-3 minggu dan pastikan terlebih dahulu media tanam lidah buaya benar-benar kering sebelum disiram air.

Nah, Ketika menyiram tanaman pastikan tanah sepenuhnya basah dan air dapat mengalir bebas dari tanah sebab jika terjadi terjadi penumpukan atau terlalu banyak air, lidah buaya dapat menguning dan mati. Gunakanlah tusukan kayu untuk mengetahui kelembaban tanah sebelum menyiram tanaman.

Berikan Pupuk

Meskipun lidah buaya umumnya tidak membutuhkan pupuk, namun tidak ada salahnya untuk memberikan pupuk. Agar mempercepat pertumbuhan tanaman dan menjaga lidah buaya agar tetap cantik dan sehat, lalu berikan pupuk organik sekali saja dalam setahun dengan takaran yang tepat.

Pertumbuhan dari tanaman lidah buaya juga sangat lambat, jika berencana memanen daun lidah buaya untuk mendapatkan gel, anda bisa menanam lidah buaya yang berukuran 6 hingga 8 inci dengan memiliki 10 daun lebih.

Nah, pilihlah daun yang berada di bawah jika ingin memetiknya karena mengandung lebih banyak gel. Kandungannya dalam tanaman lidah buaya ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Beberapa contoh manfaat lidah buaya antara lain:

  1. Mengobati jerawat
  2. Mengobati luka bakar
  3. Meningkatkan kesehatan mulut
  4. Meningkatkan pencernaan
  5. Mencegah kerutan wajah

Penutupan

Semoga artikel saya ini bermanfaat bagi anda semua. Yang telah membaca artikel masqoqo.com, apabila ada kesalahan kata-kata tolong di maafkan.
Jangan lupa di share ke teman-teman. Supaya bertambah wawasannya dan jangan lupa juga di coment agar saya bisa intro peksi diri.
Cukup sekian dan Terima kasih telah berkunjung di web masqoqo.com jangan lupa support ya agar terus maju berkembang.
Mas Qo'qo' Tersenyumlah Ketika Anda Direndahkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!