110

Cara Bermain Bola Voli

Hai Sobatku, kali ini kami dari admin masqoqo.com akan berbagi sedikit ilmu tentang cara bermain bola voli.

Karena bola voli itu sebuah pilihan olahraga yang tepat. Bila Anda mengharapkan buat bisa bermain bersama dengan sebuah tim yang kompak.

Nah, buat Anda yang pengen sekali menjadi seorang atlet bola voli. Maka segalanya memerlukan proses dan waktu yang sangat panjang supaya bisa berhasil dengan baik dan benar.

Seperti juga sama halnya cara bermain kasti, maupun cara bermain anggar. Berikut ini yaitu serangkaian langkah, tips atau cara bermain bola voli yang benar agar bisa diperhatikan dan coba buat dilatih supaya performa Anda maksimal.

5 Cara Bermain Permainan Bola Voli dengan Benar

cara bermain bola voli

infopengertian.biz

Sebagaimana berikut dibawah ini cara bermain permainan bola voli :

1. Menerapkan Strategi

Semua pemain harus dapat memilih pemain setter yang pasti. Karena teknik set ini adalah teknik tersendiri dan menentukan kemampuan menyerang dari sebuah tim. Setter ini harus dapat berkoordinasi dengan hitter buat menempatkan bola ke area musuh tidak bisa mengembalikan.

Nah, selain itu juga penyerangan harus dilakukan dengan efektif supaya energi pemain tidak banyak terbuang. Maka setter harus lincah dan gesit agar nanti dapat mengatur strategi penyerangan dan membuat tim Anda memenangkan pertandingan.

2. Cara Menghitung Skor Pemainan Voli

Dalam peraturan baru permainan bola voli menyatakan bahwa dalam satu set permainan harus bisa mencapai angka 25. Sementara juga dengan set ketiga, jika permainan ini dilakukan hingga tiga set, maka harus bisa mencapai angka 15.

Nah, satu kali pertandingan paling lama tiga set. Karena setiap pemain tim musuh dan tim Anda sendiri harus bergantian buat mengisi kedua posisi di lapangan setiap kali mau memulai set.

Setiap permain dalam bola voli harus dimenangkan dengan dua poin dan tidak bisa dimenangkan dengan selisih satu poin. Misalnya mendapat 25-26, harus ada selisih dua poin jadi 25 -27.

3. Cara Serve Bola

Serve bola dapat dilakukan dari belakang garis di punggung lapangan voli. Kalau pemain melakukan serve di depan garis, maka tentunya nilai serve tidak akan dihitung. Karena hal ini dinamakan salah kaki atau foot fault.

Nah, maka dari itu ketika serve harus memperhatikan garis yang ada. Serve dalam permainan bola voli dapat dilatih juga. Pulukan dasarnya yaitu bola harus bisa melambung melewati net ke area permainan lawan dan itu merupakan tanda untuk memulai rally pertandingan.

Pemain juga bisa melakukan serve di manapun asal dibelakang garis serve. Karena pukulan serve langsung akan mendapatkan angka. Pukulan ini yaitu hanya menyentuh tangan server dan langsung jatuh ke lantai lapangan tim lawan.

Nah, jika Anda sudah berpengalaman dalam bermain voli. Maka akan dapat mencoba dengan gaya overhand. Lalu lemparlah bola ke atas di bagian depan, angkat tangan yang dominan ke udara dan tekuk siku agar telapak tangan mendekati bahu.

Setelah itu siku diluruskan dan dengan menggunakan bagian luar tangan, pukul bola voli tersebut. Kalau Anda belum berpengalaman dan belum terbiasa bermain bola voli, maka Anda dapat melakukan serve menggunakan gaya underhand atau tangan di bawah.

Kemudian tahan bola di telapak tangan sepan Anda. Kepalkan tangan lalu tarik tangan di bawah dan di samping. Setelah itu tekuklah siku sedikit dengan ibu jari melintih melewati jemari.

Pukul bola hingga setingggi dengan pinggang sama bagian depan tinju, bola harus persis mengenai tinju di bagian ibu jari yang telah tertekuk dan jari telunjuk.

Bola yang diserve sama pemain harus dapat melambung dan melewati net lalu jatuh di area permainan lawan. Kalau tidak bisa, maka serve tidak bisa dihitung. Buat melakukan serve dalam permainan bola voli, perlu di perhatikan sebagaimana contoh dibawah ini :

Lanjutan Artikel

  • Pemain yang berada di posisi pojok kanan belakang akan melakukan serve. Karena setiap pemain yang melakukan serve hanya mendapat satu kali kesempatan serve per satu putaran serve.
  • Lalu bola serve akan masih dihitung kalau mendarat persis atau menyentuh garis lapangan.
  • Kalau Anda berada di tim yang menerima bola, maka kembalikan bola ke tim lawan dan rally pertandingan mau dimulai. Karena permainan rally bola voli ini biasanya terdiri dari bump, set, dan spike. Jika selama ini berlangsung dapat tiga pukulan, maka sudah di anggap bagus.
  • Secara teknik juga pemain dapat mengambilkan bola dari lawan menggunakan semua bagian tubuh, asalkan bola tersebut tidak jatuh ke lantai.
  • Semua pemain boleh melewati garis lapangan, tapi tidak dengan bola. Kalau ada salah satu tim yang memukul bola sampai keluar lapangan, maka pemain lawan boleh, mengejar bola itu dan memukulnya tapi tidak boleh sampai menyentuh lantai.
  • Jika ada salah satu tim memenangkan angka di akhir dalam rolly bola voli, maka tim penerima poin terakhir berhak untuk melakukan serve lagi. Dan jika permainan melakukan rotasi buat giliran serve, maka lakukanlah saat itu.
  • Kalau tim Anda mendapat bola, maka biasanya permain di barisan belakang akan mundur sedikit, karena pemain tersebut akan siap menghadapi smash atau serangan dari tim lawan. Dan jika Anda sedang tidak memukul bola, maka Anda juga dapat maju agar siap menghadapi serangan dari tim lawan.

4. Aturan Pemain dan Cara Rotasi

Pada permainan bola voli ini, idealnya itu 6 pemainan agar permainan dapat berjalanan dengan kompetitif . Namun, jika Anda tidak sampai 6 pemain atau 12 pemain dalam total kedua sisi. Maka jagalah agar satu sisi dan sisi yang memiliki jumlah yang sama.

Nah, pada umumnya permainan bola voli ini memiliki 1 sampai 3 baris pemain dalam bola voli. Baris yang pertama itu dekat dengan net dan baris kedua dekat dengan garis belakang dari lapangan permainan.

Pemain yang berada di posisi pojok kanan belakang akan melakukan servis. Selain itu juga terdapat rotasi untuk seluruh pemain dalam 2 garis tersebut supaya masing-masing tim memiliki kesempatan untuk melakukan servis.

Nah, jika Anda mau merotasi pemain dengan putaran “keluar” maka lakukanlah dengan rotasi berlawanan dengan arah jarum jam dan berpatokan pada net. Pemain yang berada di posisi net paling kanan akan keluar dan memungkinkan banyak pemain untuk bermain.

5. Bermain dan Menembak Bola

Kalau pemain ingin mengembalikan bola yang telah diberikan oleh lawan ke area permainan sendiri, maka pemain tersebut dapat melakukan bump atau memantulkan bola. Idealnya pemain dapat melakukan pass atau memantangkan bolla ke setter di dalam tim.

Nah, buat melakukan bola pantulan maka kepalkan tinju di tangan kiri. Kemudian juga bungkus dengan telapak tangan kanan. Lalu ratakan kedua jempol di atas tangan dengan kuku menghadap ke atas.

Kemudian putar siku sampai menghadap ke atas, posisikan kedua tangan ke depan dengan siku harus terkunci. Biarkan saja bola menghantam lengan sampai 15 cm si atas pergelangan tangan.

Peraturan Permaina Bola Voli

Sesudah Anda memahami tekniknya maka selanjutnya Anda wajib berlatih secara konsisten setiap hari. Namun ada ada juga salah satu hal yang tak boleh dilewatkan yaitu peraturan (peraturan bermain bola voli).

Peraturan dalam permainan bola voli yaitu suatu hal yang sangat penting sekali buat dipelajari dan di pahami. Supaya anda mampu menjadi pemain yang handal dan professional.

Nah, setiap olahraga pastinya ada peraturan. Sama halnya dengan bola voli, sebagaimana berikut dibawah ini. Ada beberapa aturan yang paling penting dan harus Anda pahami terkait permainan ini, Yaitu :

  • Pemain harus terdiri dari 6 orang.
  • Pemain wajib memakai pakaian olahraga dengan warna sama, nomor punggung dan nomor di dada.
  • Pergantian dalam saat melakukan servis, yaitu dengan berputar searah jarum jam.
  • Durasi permainan harus bergantung dengan total poin pada satu set, rally poin baru didapat ketika sudah mencapai 15 poin.
  • Dipimpin sama satu wasit, dibantu dengan 4 asisten wasit yang tugasnya buat menjaga garis dan satu orang mengatur skor.
  • Pada masing-masing pemain tidak boleh diperkanankan menyentuh bola lebih dari 1 x secara berturut-turut.
  • Poin akan bertambah apabila bola masuk / garis pas lapangan/ kena area bagian dalam.

Lanjutan Artikel

Ada 7 kesalahan dalam bermain bola voli, beberapa diantaranya sebagaimana berikut contoh dibawah ini :

  1. Bola sudah menyentuh lantai sekitar area permainan sendiri.
  2. Kalau bola sudah menyentuh lantai di area sisi lapangan tim yang sedang melakukan serve, maka tim lawan akan berhak melakukan serve.
  3. Angka juga akan diberikan kepada tim yang memasukkan bola menyentuh lantai lawan.
  4. Kalau bola sedang di posisi keadaan out of bonds, atau melesat keluar dari area lapangan maka tim yang memukul bola akan kehilangan satu angka.
  5. Kalau permainan dalam tim sudah ada yang menyentuh net, maka yang mendapatkan angka yaitu tim lawan.
  6. Salah satu pemain tidak dapat memukul bola dua kali berturut-turut.
  7. Maksimun buat sesuatu tim ketika memantulkan (memukul) bola itu sebanyak 3 kali.

Ketika Anda mau melakukan olahraga voli, maka Anda wajib tahu tentang kuda-kuda dasarnya. Ketika Anda sedang melakukan seve, maka Anda harus mengambil sikap kuda-kuda dasar bola voli.

Sejajarkan kaki sedikit lebih lebar dari bahu, bebankan bobot tubuh secara seimbang di dua kaki, tekuk lutut dan pastikan kedua lengan bebas di depan mata.

Ya walaupun lapangan bola voli tidak sebesar lapangan sepak bola, tetapi bola itu adalah pertandingan yang menegangkan dan melelahkan. Selama bertanding, pemain berlari terus hingga beberapa meter, meski hanya sekeliling lapangan.

Demikian semoga artikel saya ini tentang cara bermain bola voli bermanfaat bagi anda semua yang telah membaca artikel masqoqo.com, apabila ada kesalahan kata-kata tolong di maafkan. Jangan lupa di share ke teman-teman supaya bertambah wawasannya dan jangan lupa juga di coment agar saya bisa intro peksi diri.
Cukup sekian dan Terima kasih telah berkunjung di web masqoqo.com jangan lupa suport ya agar terus maju berkembang.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply