1
634

Cara Bermain Bola Kasti dan Penjelasannya

Hai Sobatku semua, pada kesempatan kali ini kami dari masqoqo.com akan berbagi sedikit ilmu tentang artikel cara bermain bola kasti. Pasti dari kalian ada yang belum tahu cara bermain bola kasti? Mari simak artikel saya sampai selesai ya.

Nah, permainan kasti ini banyak sekali dimain oleh anak sekola dasar (SD). Pemain dibagi dua tim, salah satunya mendapat giliran jaga dan satu tim lagi mendapat giliran buat memukul.

Untuk bisa bermain kasti secara baik dan benar, maka kita semua dituntut untuk mempunyai beberapa keterampilan seperti menangkap, melempar dan memukul bola serta kemampuan berlari.

Langsung saja kita bahas cara bermain bola kasti.

Teknik Dasar Permain Bola Kasti

Setiap permainan itu pastinnya juga memiliki berbagai teknik yang perlu dikuasai agar nanti dapat bermainan dengan baik.

Sebaiknya kita sebelum bermain permainan kasti harus mengetahui dahulu teknik dasar permainannya, ada beberapa macam teknik dasar dalam permainan bola kasti. Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini teknik dasar permainan kasti :

Teknik Melempar Bola

Teknik melempar bola ini wajib diperlukan untuk tim yang memiki tugas sebagai penjaga, teknik melempar ini sangat penting dilakukan buat mengoper bola ke kawan dan melemparkan bola ke tubuh lawan atau musuh.

Teknik melempar bola kasti ini ini terdiri melempar ke atas dan melempar bola mendatar. Karena masing-masing, tegantung teknik tersebut yang memiliki tujuannya masing-masing. Tergantung juga dengan situasi dan kondisi wakti permainan berlangsung.

Dalam melakukan teknik melempar bola tediri dari 4 macam, sebagaimana berikut contoh dibawah ini :

A. Melempar Bola Memantul Tanah

Cara melakukan melempar bola memantul di tanah :

  • Kaki dalam posisi ditekuk serta badan dicondongkon ke arah depan.
  • Lalu ayunkan lengan dari arah depan sama bawah.
  • Kemudian, bola ini nantinya akan memantul di tanah tepat ke arah sasaran.

B. Melempar Bola Menyusur Tanah

Cara melakukan melempar bola menyusur tanah:

  • Bola dipegang pada pangkal ruas jari-jari tangan
  • Lalu posisi badan harus membungkuk
  • Terus ayunan lengan belakang ke depan melalui bawah
  • Kemudian, bola dilempar menyusur tanah ke sasaran

C. Melempar Bola Melambung

cara melempar bola melembung "cara bermain bola kasti"

yuksinau.id

Teknik melempar bola dengan melembung ini digunakan buat mengoper bola ke kawan yang jaraknya cukup jauh, selain itu juga, teknik ini sangat digunakan untuk memberikan bola ke pemukul agar si pemukul ini mudah untuk memukul bola tersebut.

Cara melakukan melempar bola melambung :

  • Bola anda pedang pada bagian penagkal ruang jari tangan, diantara jari telunjuk dan jari tengah serta jari manis. Nah, sedangkan bagian jari kelingking dan ibu jari dipakai buat mengontrol bola supaya tidak terjatuh.
  • Lalu badan kita condongkan ke belakang, ayunkan lengan kita dari bawah ke atas.
  • Kemudian, kita lemparkan dengan tangan terkuat. Misalnya kita melempar dengan tangan sebelah kanan, maka kaki kiri yang berada di depan, begitu juga sebaliknya.
  • Terus bola kita lempar melambung dan di ikuti dengan gerakan lanjutan dengan melangkahkan kaki belakang ke depan.
  • Waktu pandangan mata kita harus selalu ke arah sasaran lemparan.

D. Melempar Bola Mendatar

cara melempar bola mendatar "cara bermain bola kasti"

yuksinau.id

Melempar dengan mendatar adalah teknik lemparan yang biasanya digunakan buat melempar bola ke bagian tubuh tim penyerang yang lari sesudah memukul bola, pada teknik ini butuh perkiraan tenanga yang cukup matang.

Karena jika lemparan terlalu keras ditakutkan dapat melukai sang pemain sedangkan kalau lemparan terlalu pelan bola tidak akan sampai pada sasaran.

Cara melakukan melempar bola mendatar :

  • Bola dipegang pada pangkal ruas jari-jari tangan, di antara jari telunuk, jari tengah dan jari manis. Nah, sedangkan jari kelingking dan ibu jari mengontrol bola agar tidak jatuh.
  • Lalu badan di condongkan ke belakang, kemudian ayunkan lengan dari bawah ke atas
  • Setelah itu bola dilempar mendatar setinggi dada ke arah sararan tersebut.

Teknik Menangkap Bola

Setelah belajar cara melempar bola, kita akan belajar menangkap bola dengan arah bola yang datang.

Arah bola itu terbagi menjadi bola mendatar atau bola setinggi dada, bola melambung, bola memantul tanah dan bola menyusur tanah. Maka dari itu kuasailah teknik menangkap agar nanti kita dapat menguasai permainan bola kasti.

Adapun juga dengan cara melakukan keempat teknik tersebut. Karena keempat teknik tersebut pada dasarnya sama saja, yaitu :

  • Pandangan mata harus tertuju ke arah datangnya bola.
  • Menangkap bola dengan menggunakan kedua tangan sama kedua kelapak tangan kita dibuka sampai akan membentuk setengah bola.
  • Pada saat perkenaan bola yang pertama pada telapak tangan, maka harus diikuti sedikit tarikan tangan ke arah belakang.

Teknik Melambungkan Bola

cara melambungkan bola "cara bermain bola kasti"

berolahraga.net

Teknik melambungkan bola ini sering sekali digunakan buat memberikan umpan yang bagus kepada si pemukul.

Cara melakukan melambungkan bola :

  • Berdiri dengan posisi badan tegak (lurus). Jika kita mau melakukan dengan menggunakan tangan kanan. Maka dari itu kaki kanan harus berada di posisi depan.
  • Ketika bola kita pegang dengan menggunakan tangan kanan di depan paha kanan. Badan kita posisinya harus condong ke depan.
  • Kemudian putar lengan kanan tersebut (yang memegang bola) ke posisi belakang dengan ukuran 360°.
  • Sesudah itu langkahkan kaki kiri kita ke posisi depan, ayunkan lengan kita ke arah depan kemudian lepaskan bola waktu bola berada di samping paha kanan disertai dengan lecutan pergelangan tangan.

Teknik Memukul Bola

cara memukul bola "cara bermain bola kasti"

yuksinau.id

Memukul itu satu keterampilan yang harus dikuasai pemain kasti. Karena setiap sang pemain harus bisa memukul bola dengan berbagai cara. Pukulah bola ini sejauh-jauhnya supaya tim penjaga sulit atau tidak bisa menangkap bola tersebut.

Nah, sebelum belajar memukul bola, cara memegang alat pemukul harus diperhatikan. Cara memegang alat pemukul yang benar yaitu, sebagaimana berikut contoh dibawah ini :

  • Condongkan badan ke arah si pemukul.
  • Lalu bukalah kedua kaki selebar bahu.
  • Pegang dengan tangan kanan, lalu tarik kayu pemukul ke belakang hingga bahu.
  • Beri tanda arah bola yang  di inginkan dengan kaki kiri.
  • Lalu perhatikan sang bola dan pukulah.
  • Gerakkan pemukul dilakukan dengan kekuatan gerakan sang badan dan tangan sebelah kanan.

Peraturan Pemainan Bola Kasti

Lapangan

Buat ukuran lapangan kasti yang asli, lebarnya harus 70 meter, panjangnya 40 meter, dan 10 meter buat bagian ruang tunggunya.

Wasit

Hampir sama seperti peraturan sepak bola, bola basket dan olahraga lainnya, karena wasit itu dalam permainan kasti adalah pemimpin. Maka dari itu, wasit tidaklah sendiri karena memiliki 3 orang penjaga garis yang membantunya berikut juga seorang pencatat.

Jumlah Pemain

Buat jumlah sang pemain di setiap timnya, wajib ada 12 orang di mana salah satunya pemain harus ada yang berperan sebagai kapten di tim. Seluruh pemain harus menggunakan nomor dada dari 1-12 yang juga ditambah dengan pemain pengganti maupun cadangan 6 orang banyaknya.

Waktu Permainan

Waktu permainan kasti ini dilaksanakan dalam 2 babak, dimana tiap babak berdurasi 20-30 menit. Ada istirahat sekitar 15 menitan diantara tiap babak.

Tim Penjaga

Tugas paling utama dari tim penjaga adalah mematikan sang lawan, karena dengan cara melemparkan bola ke arah pemukul atau langsung menangkap bola yang tim pemukul lambungkan dengan cara memukul. Tugas lainnya yaitu dengan menempati ruang bebas apabila dalam kondisi kosong, istilah untuk hal ini adalah “membakar” ruang bebas.

Tim Pemukul

Setiap pemain kasti mempunyai hak buat memukul sekali terkecuali pemain terakhir yang mempunyai hak untuk melakukan pukulan hingga 3 kali. Setelah selesai memukul, pemukul wajib meletakkan alat pemukul di dalam ruang pemukul dan jika peletakannya di luar, pemain ini pun akhirnya tak akan memperoleh nilai, kecuali pemukul secepatnya di alihkan ke dalam ruang pemukul yang seharusnya.

Pelambung

Dalam proses pelambungan bola wajib dilakukan sesuai dengan permintaan si pemukul. Apabila bola yang pelambung lambungkan tidak sama dengan permintaan pemukul, maka si pemukul diperbolehkan tak memukulnya. Maka apabila sudah samapi 3 kali hal ini terjadi secara berturut-turut, si pemukul pun dapat menuju ke tiang pemberhentian yang pertama dengan cara berlari bebas.

Demikian semoga artikel tentang cara bermain bola kasti saya ini bermanfaat bagi anda semua yang telah membaca artikel masqoqo.com, apabila ada kesalahan kata-kata tolong di maafkan. Jangan lupa di share ke teman-teman supaya bertambah wawasannya dan jangan lupa juga di coment agar saya bisa intro peksi diri.

Cukup sekian dan Terima kasih telah berkunjung di web masqoqo.com jangan lupa suport ya agar terus maju berkembang.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply